-->

Kisah Nyata di Balik Hari Valentine, Sejarah Singkat 14 Februari

Hari Valentine (Valentine's Day) adalah sebuah hari yang sering disebut Hari Kasih Sayang. Sejarah tentang hari kasih sayang atau hari Valentine ini tidaklah  semanis dan semeriah yang dirayakan orang pada jaman sekarang.
Foto, Berita dan Info Kisah Nyata di Balik Hari Valentine, Sejarah Valentine 14 Februari - www.heru.my.id

Hal tersebut berdasarkan pendapat dari para ahli, dimana mereka mengungkapkan cerita nyata dan kisah sedih di balik hari valentine. Kisah tersebut telah diabadikan dalam bentuk tulisan hingga bukti nyata berupa makam seorang pemuka agama.

Sejarah singkat terkait Hari Valentine, memang memiliki banyak versi. Namun yang pasti hari yang identik dengan ucapan kalimat "Happy Valentine Day" jatuh setiap tanggal 14 Februari. Padan tahun 2020 ini, tepat pada hari Jumat.

Kisah Nyata di Balik Hari Valentine, Sejarah Valentine 14 Februari

Terlepas dari keyakinan dari banyak penganut agama. Mulai dari hari yang paling ditunggu oleh penganut kristen (kristiani). Hingga pemeluk agama lain seperti umat Muslim (Islam) yang memfatwakan keharamannya.

Hari yang bertepatan pada tanggal 14 Februari, biasanya dirayakan dengan orang-orang tercinta, bertukar hadiah, atau mengirim kartu ungkapan kasih sayang dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya (menurut orang Barat).

Namun ternyata Menurut sejarah Hari Valentine terdapat kisah sedih dibalik hari perayaan ini, sebab beberapa versi cerita tentang Valentine tidak berakhir bahagia bahkan berujung kematian.

Baca: Pemeluk Kristiani Bersuara Merdu  Si Ganit Mirabeth Sonia Ikut Idol

Salah satu versi lain terkait cerita tentang Hari Valentine. Dikisahkan ada seorang laki-laki Kristiani bernama Valentine yang menolak untuk menyembah dewa-dewa Romawi dan akhirnya ia dipenjarakan.

Teman-temannya sering mengirimkan pesan kepadanya melalui jendela tempat Valentine di penjara. Banyak yang mengatakan bahwa akhir cerita atas semua pelanggaran yang dilakukan pemuda tersebut, pada tanggal 14 Februari Valentine dieksekusi mati.

Versi Lain Kisah Nyata di Balik Hari Valentine, ‘From Your Valentine’

Sedangkan satu versi cerita lainnya tentang Hari Valentine yaitu pada abad ketiga, pada masa Kaisar Romawi Claudius II, para pemuda dilarang untuk menikah, karena menikah dipercaya dapat membuat mereka tidak produktif lagi.

Kisah Nyata di Balik Hari Valentine, Sejarah Singkat 14 Februari


Ketika serdadu Romawi dilarang menikah oleh Kaisar Claudius II, santo Valentinus justru melanggar peraturan itu dengan diam-diam membantu menikahkan beberapa pasangan muda secara rahasia. Akhirnya ia ditangkap dan dipenjarakan.


Ketika Valentine dipenjarakan oleh Claudius II, ia jatuh cinta dengan putri sipir penjara itu. Sebelum dieksekusi, ia menulis sebuah pernyataan cinta kecil dan mengirimkan surat yang bertuliskan ‘from your Valentine’.

Bahkan kisah itu mengatakan dia dihukum penggal pada tanggal 14 Februari pada masa tersebut. Sisa-sisa kerangka yang digali dari makam Santo Hyppolytus dia Via Tibertinus dekat Roma, diidentifikasikan sebagai jenazah St. Valentinus.



Kemudian ditaruh dalam sebuah peti emas dan dikirim ke gereja Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin, Irlandia. Saat ini, temapt tersebut kerap ramai dikunjungi oleh para penziarah dari berbagai dunia.


Baca: Biodata Selvi Wahyu dan Exa Mandala Si Top Skor SKD Se-Indonesia


Editor: Heru Setianto
Source Image: Pixabay/biancamentil
Source:
- jstor org/stable/2847741
- newadvent org/cathen/15254a.htm
- Guiley, Rosemary (2001). The Encyclopedia of Saints. Infobase Publishing
happy-valentines-day-2014 com/2014/01/valentines-day-history-myths.html