Iklan Jumbo

Kisah Nyata di Balik Hari Valentine (Sejarah Valentine Pada 14 Februari)

Sejarah tentang hari kasih sayang atau hari Valentine ini tidaklah  semanis dan semeriah yang dirayakan orang pada jaman sekarang, ternyata menurut para ahli terdapat cerita nyata dan kisah sedih di balik hari valentine. Hari Valentine (Valentine's Day) adalah sebuah hari yang sering disebut Hari Kasih Sayang. 

Kisah Nyata di Balik Hari Valentine (Sejarah Valentine Pada 14 Februari)
Kisah Nyata di Balik Hari Valentine (Sejarah Valentine Pada 14 Februari)/ Foto: Capture dan Editing Pribadi

Hari yang bertepatan pada tanggal 14 Februari, biasanya dirayakan dengan orang-orang tercinta, bertukar hadiah, atau mengirim kartu ungkapan kasih sayang dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya (Menurut orang Barat).





Namun ternyata Menurut sejarah Hari Valentine terdapat kisah sedih dibalik hari perayaan ini, sebab beberapa versi cerita tentang Valentine tidak berakhir bahagia bahkan berujung kematian. Salah versi cerita tentang Hari Valentine  yaitu mengisahkan, ada seorang laki-laki Kristiani bernama Valentine yang menolak untuk menyembah dewa-dewa Romawi dan akhirnya ia dipenjarakan.

Teman-temannya sering mengirimkan pesan kepadanya melalui jendela tempat Valentine di penjara. Banyak yang mengatakan bahwa akhir cerita atas semua pelnggaran yang dilakukan pemuda tersebut, pada tanggal 14 Februari Valentine dieksekusi mati.


Sedangkan satu versi cerita lainnya tentang Hari Valentine yaitu pada abad ketiga, pada masa Kaisar Romawi Claudius II, para pemuda dilarang untuk menikah, karena  menikah dipercaya dapat membuat mereka tidak produktif lagi. Ketika serdadu Romawi dilarang menikah oleh Kaisar Claudius II, santo Valentinus justru melanggar peraturan itu dengan diam-diam membantu  menikahkan beberapa pasangan muda secara rahasia. Akhirnya ia ditangkap dan dipenjarakan.


Ketika Valentine dipenjarakan oleh Claudius II, ia jatuh cinta dengan putri sipir penjara itu. Sebelum dieksekusi, ia menulis sebuah pernyataan cinta kecil dan mengirimkan surat yang bertuliskan ‘from your Valentine’. Bahkan kisah itu mengatakan dia dihukum penggal pada tanggal 14 Februari pada masa tersebut.


Sisa-sisa kerangka yang digali dari makam Santo Hyppolytus dia Via Tibertinus dekat Roma, diidentifikasikan sebagai jenazah St. Valentinus. Kemudian ditaruh dalam sebuah peti emas dan dikirim ke gereja Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin, Irlandia.



Editor: HeruSetianto


Sumber: Net

0 Response to "Kisah Nyata di Balik Hari Valentine (Sejarah Valentine Pada 14 Februari)"

Post a Comment

Your feedback is most welcome :)

Iklan Atas Artikel/ Tutan Bawah Judul

Iklan Tengah Artikel 1 (In Artikel)

Iklan Tengah Artikel 2 (Tautan 1)

Iklan Bawah Artikel (Match)