-->

Biodata Hans Braxmeier Si Founder dan CEO Situs Pixabay.com

Hans Braxmeier adalah seorang pengusaha internet asal Jerman sekaligus Co-Founder dan CEO dari Pixabay. Hans bersama dengan Simon Steinberger resmi mendirikan dan meluncurkan Perusahaan bernama Pixbay pada bulan 24 November 2010 di Ulm, Jerman. Hans sempat menyebutkan bahwa motiviasi dirinya mendirikan situs Pixabay, yaitu sebagai salah salah satu proyek fotografi yang memang ia sukai. Hans Braxmeier dan Simon Steinberger adalah pemilik dari situs yang tersedia dalam 26 bahasa di dunia termasuk Indonesia.
Biodata Hans Braxmeier Si CEO dan Founder Situs Pixabay.com
Biografi Hans Braxmeier Si CEO dan Founder Situs Pixabay.com/ Foto Ilustrasi: pixabay[dot]]com

Tercatat pada bulan Januari 2019 silam, situs Pixbay masuk peringkat website nomor ke-398 di seluruh dunia menurut Alexa rank. Pixabay com sendiri adalah sebuah situs website berbagi foto, ilustrasi, grafik vektor, video dan cuplikan film di bawah lisensi kepemilikan dan dapat diunduh secara gratis oleh para pengguna. Namun pada bulan Maret 2012 silam, Pixabay didesain ulang dari koleksi gambar pribadi ke komunitas online interaktif. Dan tepat pada Juni 2012, situs Pixabay bersama Flickr, YouTube dan Wikimedia Commons masukkan ke daftar situs pencarian CC resmi Creative Commons.

Pixbay sendiri masih mampu bertahan ditengah persaingan dan kepopuleran dari situs dan aplikasi sejenis. Mulai dari platform Shutterstock, Unsplash, Flickr, Stock.xchng, Pinterest, DaFont dan lainnya. Bahkan pada bulan November 2017 silam, Pixabay telah tersedia lebih dari 1,1 juta foto, ilustrasi, vektor dan video gratis.  Dalam akun resmi Linkedin pribadi miliknya, Hans Braxmeier, ia mengaku bahwa dirinya lulusan Ilmu Komputer dari University of Ulm. Selain itu memiliki hobi terkait teknologi dan fotografi, Hans juga mengaku menyukai olahraga, seperti berlari, bersepeda gunung, dan hiking.

Biodata Hans Braxmeier Si CEO dan Founder Situs Pixabay com
Nama Lengkap: Hans Braxmeier
Tempat Lahir: City of Sunderland
Tanggal Lahir: -
Tempat Tinggal: Ulm. Jerman
Kewarganegaraan: Jerman
Pendidikan: Computer Science in University of Ulm
Profesi: Pengusaha, Fotografer, CEO
Jabatan: CEO Pixabay com (November 2010 – Sekarang)
Akun Instragram: https://www.instagram.com/hansbrx/
Akun Facebook: https://www.facebook.com/braxmeier
Akun Linkedin: https://www.linkedin.com/in/hans-braxmeier-130a09127
Akun Twitter: https://twitter.com/hansbraxmeier
Akun Pixbay: https://pixabay.com/de/users/Hans-2/
Situs Website: -

Baca: Profil Jimmy Wales Si Founder Wikipedia dan Presiden Wikia Inc.
          Biografi Faldo Maldini Si Co-Founder Jakerja.com
          Biodata Adamas Belva Syah D. Si Pendiri dan CEO RuangGuru

Berikut ini Daftar 10 Situs yang Menyediakan Stok Foto Secara Gratis di Internet, silahkan simak:  
1. Pixabay
2. Unsplash
3. Pexels
4. Picjumbo
5. Pikwizard
6. Rawpixel
7. Reshot
8. Gratisografi
9. Morguefile
10. Stockvault

Seperti yang diketahui bahwa Pixaby sebagai salah satu situs penyedia gambar dan video gratis secara legal paling populer, dimana para pengguna sebagian besar merupakan blogger, desainer grafis, penulis, jurnalis, dan pengiklan. Dalam sebuah wawancara dengan situs zipplist co, Hans Braxmeier sempat mengungkapkan awal mula mendirikan situs Pixbay. Dimana awal mula dirinya dengan Simon memulai proyek web pertama, yakni membuat situs microblogging bernama pagewizz com. 

Dimana situs tersebut menyediakan fitur untuk para Penulis agara dapat menulis artikel tentang berbagai topik serta melampirkan file multimedia seperti foto atau video. Dalam perkembangannya situs pagewizz com juga tersedia dalam versi bahasa Inggris, dimana situs tersebut berlamat di wizzley com. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata ada beberapa penulis di wizzley com yang memasukkan materi yang dilindungi hak cipta.

Hal tersebutlah yang mendorong dirinya untuk membuat situs yang menyediakan gambar secara gratis, dan platform tersebut diberi nama Pixabay com. Hans Braxmeier sendiri memiliki hobi dalam dunia Fotografi, dimana dirinya lebih menyukai mengambil foto seprti alam, lanskap, arsitektur, hewan dan orang. Sementara untuk menandapatkan hasi jepretan yang bagus, Hans mengaku menggunkan kombinasi kamera dan lensa terbaik yang dijual di pasaran.

Sementara aplikasi Gimp atau publik sering menyebut Adobe Photoshop versi gratis, merupakan software yang Hans pakai dalam mengedit sebuah foto. Selain mengerjakan proyek pixabay com, pagewizz com dan wizzley com, Hans juga tengah mengembangkan proyek situs web untuk peta bantuan global bernama maps-for-free com. 

Berikut Ini Beberapa syarat dan standar kualitas file gambar yang diperbolehkan diunggah di situs Pixbay:
1. Format file gambar harus JPEG, PNG, PSD, AI, atau SVG
2. Ukuran file tidak lebih dari 40 MB.
3. Ukuran Pixsel memiliki setidaknya 3000 px di satu sisi
4. File bermanfaat untuk pengguna

Berikut Ini Beberapa syarat dan standar kualitas file video yang diperbolehkan diunggah di situs Pixbay:
1. Footage dalam format MPEG, MOV dan AVI 
2. Ukuran file tidak melebihi 300 MB. 
3. Resolusi minimum 1280 × 800 piksel
4. Durasi klip tidak melebihi 60 detik


Editor: Heru Setianto
Source Image: pixabay[dot]]com/de/mann-mensch-person-gesicht-3913736/
Source: zipplist[dot]co/blog/hans-braxmeier-pixabay-interview/
             Pixabay[dot]com/ro/photos/tools/quality_rating/
             Pixabay[dot]com/ro/blog/posts/video-quality-guidelines-68/