Biodata Jimmy Wales Si Founder Wikipedia dan Presiden Wikia Inc.

Biodata Jimmy Wales Si Founder Wikipedia dan Presiden Wikia Inc.

Jimmy Wales adalah seorang pengusaha internet dan visioner teknologi asal Amerika Serikat sekaligus pendiri dari situs Wikipedia. Jimmy Donal Wales merupakan nama lahir dari pelopor dan pencipta Wiki, yang diangugerahi sebagai salah satu dari " The 100 Most Influential People in the World" menurut Majalah TIME tahun 2006. Sementara Majalah Forbes memberikan gelar kepada Jimmy Wales sebagai "Web Celeb" dan World Economic Forum  mengakui Wales sebagai salah satu dari "Young Global Leaders" 2007. Wikipedia sebagai situs referensi raksasa di dunia internet dalam berbagai bahasa, termasuk Wikipedia bahasa Indonesia atau sering disebut Wikipedia Indonesia.
Biodata Jimmy Wales Si Founder Wikipedia dan Presiden Wikia Inc.
Biodata Jimmy Wales Si Founder Wikipedia dan Presiden Wikia Inc./ Foto Ilustrasi: : cagdasses[dot]com

Dia bersama Larry Sanger, selaku pendiri dari Wikipedia sukses membuat situs proyek ensiklopedia online terbesar di dunia dan menjadi situs web ke-5 paling banyak dikunjungi di seluruh dunia.Tepatnya pada tanggal 15 Januari 2001 lalu, Jimmy Wales dan Larry Sanger resmi merilis Wikipedia sebagai ensiklopedia konten terbuka gratis. Wikipedia sendiri dikenal sebagai sebuah ensiklopedia konten bebas kolaborasi internasional di Internet, dan Wikimedia Dasar. Wikipedia sebagai situs referensi raksasa di dunia internet dalam berbagai bahasa, termasuk Wikipedia bahasa Indonesia atau sering disebut Wikipedia Indonesia.

Kemudaian Jimmy Wales pada tahun 2003 mendirikan Wikimedia Foundation, sebuah organisasi amal nirlaba yang didedikasikan untuk membiayai proyek berbasis wiki termasuk Wikipedia agar dapat diakses secara gratis oleh publik. Tak hanya itu Jimmy Wales bersama dengan Angela Beesley juga mendirikan perusahaan nirlaba Wikia, Inc., yakni sebuah layanan hosting web gratis milik pribadi yang dirikan pada tahun 2004 silam. Wikia sendiri dibuat sebagai Search Wikia, dimana tetap didasarkan atas prinsip-prinsip Wikia dan Wikipedia yang terbuka serta digerakkan oleh komunitas.

Biodata Jimmy Wales Si Founder Wikipedia dan Presiden Wikia Inc.
Nama Lengkap: Jimmy Wales
Nama Lahir: Jimmy Donal Wales
Nama Lain: Jimbo (Moniker Online)
Tempat Lahir: Huntsville, Alabama, Amerika Serikat
Tanggal Lahir: 7 Agustus 1966
Tempat Tinggal: Residence London, United Kingdom
Agama: Ateisme
Pendidikan:
- Sarjana di Bidang Keuangan di Universitas Auburn (BS)
- Magister di Bidang Keuangan di Universitas Alabama, Tuscaloosa (MS)
- Doktor di Bidang Keuangan di Universitas Indiana, Bloomington (PhD)
Jabatan:
- Presiden Wikia, Inc. (2004 – sekarang)
- Ketua Yayasan Wikimedia (2003–2006)
- Ketua emeritus dari Wikimedia Foundation (2006 – sekarang)
- Anggota dewan dari Wikimedia Foundation Creative Commons
- Sunlight Foundation (dewan penasihat)
- Pusat MIT untuk Kecerdasan Kolektif (dewan penasihat)
Nama Pasangan: Pamela Green (1986–1993), Christine Rohan (1997–2011), Kate Garvey (2012 – sekarang)
Nama Anak: -
Nama Ayah: Jimmy
Nama Ibu: Doris Ann (née Dudley)
Nama Nenek: Erma
Akun Twitter: https://twitter.com/jimmy_wales
Akun Facebook: https://www.facebook.com/jimmywalesfans
Akun Instagram: -
Situs Website: http://jimmywales.com/

Baca: Profil Faldo Maldini Si Aktivis dan Co-Founder Jakerja.com
         Biografi Adamas Belva Syah D. Si Pendiri dan CEO RuangGuru

         Biodata Winston Utomo Si Founder and CEO dari IDN Media

Jimmy Wales sendiri dibesarkan dalam sebuah keluarga yang hidup sederhana, tetapi tetap sangat menghargai akan pentingnya pendidikan. Sejak duduk dibangku sekolah, Jimmy Wales dikenal lebih tertarik memelajari buku ensiklopedia dunia. Hal tersebut di mulai sejak ibunya membeli sebuah World Book Encyclopedia, ketika Jimmy Wales  masih berusia tiga tahun. Hingga berjanak dan dewasa dah telah bergelar PhD di Bidang Keuangan dari Universitas Indiana, ia mulai mengembangkan cikal bakal Wikipedia pada Maret 2000 dengan proyek bernama Nupedia.

Pada sebuah wawancara pada tahun 2004 dengan situs web Slashdot, Jimmy Wales mengungkapkan menjelaskan motivasi dirinya membuat Wikipedia, “"Imagine a world in which every single person on the planet is given free access to the sum of all human knowledge. That's what we're doing." Bahkan Daniel H. Pink dari majalah Wired, memberitakan bahwa biaya awal hingga tahun 2004 untuk mengoperasikan Wikipedia mencapai 500.000 US$.

Dan semua total biaya tersebut berasal dari uang tabungan pribadi milik Jimmy Wales dari hasil bekerja sebagai pialang saham. Barulah pada tahun 2006 silam, Wales mulai mendapatkan pendanaan sebagai modal untuk pengembangan Wikipedia dari beberapa perusahaan yang bersimpati kepadanya. Dimana para donatur tersebut merasa proyek Wikipedia pada dasarnya bersifat sosial-pendidikan dibandingkan komersil. Hingga namanya masuk sebagai sosok utama pada sebuah artikel berjudul “Scientist & Thinkers” di majalah TIME tahun 2006.

Sementara terkait kehidupan pribadinya, Jimmy Wales saat ini mempunya istri bernama Kate Garvey. Dimana keduanya melangsungkan pernikahan di London, Inggris pada tanggal 6 Oktober 2012 lalu, dan sejak saat itu menetap di London. Kate Garvey adalah seorang mantan Diary Secretary, Tony Blair. Dan hasil pernikah dengan Jimmy Wales, Garvey telah memiliki dua anak perempuan. Sementara hasi pernikahan Wales dengan mantan istri terdahulu, yakni Rohan telah menghasilakan satu anak perempuan. Ketika dalam sebuah wawancara dengan Big Think, Wales mengatakan bahwa dirinya adalah seorang ateis.


Editor: Heru Setianto
Source Image: cagdasses[dot]com/wp-content/uploads/jimmy-wales.jpg
Source: jimmywales[dot]com/about-jimmy/, telegraph[dot]co[dot]uk/technology/wikipedia/9137339/Jimmy-Wales-Wikipedia-chief-to-advise-Whitehall-on-policy.html

Baca: