Home People

Adamas Belva Syah Devara adalah seorang pengusaha asal Indonesia sekaligus Co-founder dan Direktur Utama (CEO) RuangGuru. RuangGuru merupakan sebuah perusahaan startup di bidang pendidikan dan teknologi di Indonesia. Belva merupakan nama panggilan dari alumnus bergelar ganda dari Harvard University dan Stanford University. Bahkan Forbes Magazine memberikan anugerah kepada Belva sebagai salah satu dari “Forbes 30 Under 30” di Asia tahun 2017.
Biodata Adamas Belva Syah Devara Si Pendiri dan CEO RuangGuru
Biografi Adamas Belva Syah Devara Si Pendiri dan CEO RuangGuru/ Foto Ilustrasi: instagram.com/belvadevara

Alumni dari kampus Nanyang Technological University juga masuk” ASEAN 40 under 40” yang diberikan oleh ASEAN Advisory tahun 2018 lalu. Atas kepemimpinannya di Ruangguru, Belva aktif berbicara di forum nasional dan internasional, seperti pada Global Education Technology (GET) Summit 2017 di Beijing, World Economic Forum on ASEAN 2018 di Hanoi, dan Mobile World Congress 2018 di Barcelona.

Sebelumnya pada bulan November 2017 lalu, Belva secara khusus diundang oleh Presiden Joko Widodo saat acara rapat kabinet terbatas dengan para menteri di Istana Bogor. Dimana pada acara tersebut Belva diminta untuk memberikan pandangan dan apa yang dieprlukan terkait dunia pendidikan yang tengah mengalami pergeseran teknologi. Seperti yang diketahui ia bersama Muhammad Iman Usman resmi mendirikan RuangGuru pada tahun 2014 dengan misi sosial pendidikan. Tercatat basis pengguna RuangGuru sudah mencapai lebih dari juta pengguna, dan didukung oleh ratusan ribu guru dari ratusa bidang pelajaran.

Biodata Adamas Belva Syah Devara Si Pendiri dan CEO RuangGuru
Nama Lengkap: Adamas Belva Syah Devara
Tempat Lahir: DKI Jakarta
Tanggal Lahir: 30 Mei 1990
Tempat Tinggal: DKI Jakarta
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama: Islam
Pendidikan:
Pendidikan
- SMP Al Azhar 8 Kemang Pratama (2001-2004)
- SMA Presiden (2004-2007)
- Double Degree in Business and Computer Science di Nanyang Technological University, Singapura (2007-2011)
- Master of Business Administration (MBA) di Stanford University, Amerika Serikat (2013-2015)
- Master of Public Administration (MPA) di Harvard University, Amerika Serikat (2014-2016)
Profesi: Pengusaha
Prestasi:
- Prestige Magazine 40 under 40 The Vanguards (2018)
- ASEAN 40 under 40 oleh ASEAN Advisory (2018)
- Forbes 30 under 30 (2017)
- Atlassian Foundation MIT SOLVE Grantee (2017)
- Australian DFAT MIT SOLVE Grantee (2017)
- GSMA Innovation Fund Grantee (2017)
- Wirausahawan Paling Menjanjikan di ASEAN (2016)
- Social Enterprise of the Year (2016)
Akun Instagram: https://www.instagram.com/belvadevara/
Akun Likedin: https://id.linkedin.com/in/belvadevara
Nama Pasangan: -

Menurut media Belva adalah anak pertama dari tiga bersaudara, yamg terlahir ayah dan ibu yang berprofesi sebagai sebagai Pegawai negeri sipil. Sejak duduk masuk dunia pendidikan, Belva dikenal sebagai siswa yang memiliki kecerdasan di atas tingkat rata-rata. Hingga di bangku perguruan tinggi di Nanyang Technological University, Singapura, Belva sukses meraih tiga medali emas dari kampus tersebut yakni Lee Kuan Yew Gold Medal, Infocomm Development Authority of Singapore Gold Medal dan Accenture Gold Medal padatahun 2011. Bahkan pada saat tengah menempun pendidikan kuliah S1, ia diberikan kesempatan bekerja di perusahaan Goldman Sachs dan Accenture, Singapura.

Baca: Biodata Winston Utomo Si Founder and CEO dari IDN Media
          Biodata Dahlan Dahi Si Editor in Chief dan Direktur Utama Tribunnews.com
          Bidoata Jessie Amalia Si The Jak Angel atau Model Persija Jakarta?

Setelah lulus dari kampus bergensi di Singapura tersebut, Belva kembali ke indonesia dengan bekerja di pemerintahan Indonesia. Dimana berkat prestasinya dalam dunia pemerintahan, Belva diganajr dengan “Client First Award” sebagai salah satu konsultan manajemen terbaik di Asia Tenggara tahun 2012. Sementara pada tahun tahun 2013 melanjutkan pendidikan S2, Belva dinobatkan sebagai orang Indonesia pertama yang diterima di program gelar ganda yaitu di Harvard University, Cambridge, Massachusetts dan Stanford University.

Menurut situs Dailysocial id menyatakan bahwa RuangGuru adalah salah satu platform belajar online buatan pengembang anak bangsa yang cukup menarik. Pasalanya RuangGuru menjadi salah satu pionir yang mampu membaca kebutuhan pengguna akan tututan akses yang lebih mudah. RuangGuru sendiri sebuah perusahaan teknologi yang fokus pada layanan pendidikan, dengan pembelajar yang lebih mudah dan antarmuka yang interaktif.

Dimana Ruang Guru sebagai ruang belajar menyediakan beberapa fitur, seperti video belajar yang dapat diulang, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan layan pendidikan lainnya. Tak hanya itu, RuangGuru memiliki marketplace menyediakan guru private dan menyediakankelas secara virtual melalui layanan Kelas Saya. Beberan fitur dan layanan juga tersedia di aplikasi RuangGuru, seperti layanan RuangBelajar, DigitalBootCamp, RuangLes, RuangLesOnline, RuangUji, RuangBaca dan lainnya.

Menurut situs Dailysocial id, terdapat beberapa kelebihan dari aplikasi RuangGuru seperti ukuran file yang kecil, aplikasi berjalan sangat lancar, fitur sangat lengkap, video berjalan baik, serta innterface dan layout menarik. Namun situs tersebut juga mereview terkait kekurangn dari aplikasi RuangGuru, salah satunya seperti harga paket berlangganan yang relatif mahal terutama untuk para pengguna di daerah.

Dan layanan RuangGuru telah sukses menghadirkan sebauh cara baru untuk belajar secara mandiri dan menghindarkan anak dari pengaruh lingkungan yang beragam. Selain para pengguna dapat menikmati layan dari apikasi tersebut, RuangGuru juga menawarkan dan memberikan tempat bagi para guru untuk mengajar sesuai bidang masing-masing. Dan tentu saja para guru yang mendapatkan kelas tersebut, akan mendapatkan imbalan berupa bayaran dari perusahaan RuangGuru.


Editor: Heru Setianto
Source Image: instagram[dot]com/belvadevara
Source: id[dot]linkedin[dot]com/in/belvadevara
             Dailysocial[dot]id/post/review-app-belajar-di-ruangguru-cara-pintar-untuk-menjadi-pintar/

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)