-->

Biodata Emilia Nova Si Atlet Lari Nike, Peraih Emas SEA Games


Emilia Nova adalah seorang atlet lari putri asal Indonesia, dikenal publik saat sukses meraih juara U-21 Vietnam 2013 di nomor 100 meter lari gawang. Perempuan kelahiran Jakarta tersebut, saat ini menjadi atlet yang tengah disponsori oleh brand ternama NIKE.
Biodata Emilia Nova Si Atlet Lari Nike, Peraih Emas SEA Games 2019

Seperti diketahui nama Emilia Novatengah menjadi perbincangan hangat media daring nasional. Setelah dirinya memberikan Indonesia mendapatkan koleksi mendali emas yang ke-70 di ajang SEA Games 2019.

Sebelumnya Emilia Novayang mewakili Indonesia di cabang Atlet lari gawang putri nomor 100 meter. Mampu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 13,61 detik. Ia pun sukses keluar sebagai yang tercepat mengalahkan peraih perak Yen Hoa Tran Thi dari Vietnam.

Biodata Emilia NovaSi Atlet Lari Nike, Peraih Emas SEA Games 2019
Nama Lengkap: Emilia Nova
Tempat Lahir: Jakarta
Tanggal Lahir: 20 Agustus 1995
Kewarganegaraan: Indonesia
Tempat Tinggal: Jakarta
Tinggi Badan: 173 Cm
Agama: -
Pendidikan: -
Profesi: Atlet Lari

Prestasi Internasional:
- Mendali Emas di ajang U-21 Vietnam 2013, 100 meter lari gawang.
- Runner-Up di ajang Asean University Games 2014, sapta lomba
- Runner-Up di ajang Singapura Open 2015, 100 meter lari gawang
- Runner-up di ajang Vietnam Open 2016, 4 x 100 meter
- Mendali Emas di ajang Hong Kong Open 2016, 4 x 100 meter
- Medali Perak di ajang SEA Games 2017, sapta lomba
- Mendali Perak di ajang Asian Games 2018, 100 meter lari gawang
- Mendali Emas diajang Open Grand Prix 2019 Malaysia, 100 meter lari gawang
- Mendali Emas di ajang SEA Games 2019 Filipina, 100 meter lari gawang
Akun Instagram: https://www.instagram.com/emilianovanv/

Sebelumnya Emilia Novayang mewakili Indonesia di cabang Atlet lari gawang putri nomor 100 meter. Mampu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 13,61 detik. Ia pun sukses keluar sebagai yang tercepat mengalahkan peraih perak Yen Hoa Tran Thi dari Vietnam.

Seperti diketahui pesaing dari Emilia Nova tersebut, harus mengakui kekalahanya, Meski menurut catatan waktu, Yen Hoa Tran Thi hanya kalah sekitar 0,14 detik.

Sementara posisi ketiga ditempati oleh Nur Izlyn Binte Zaini. Ia merupakan atlet perwakilan dari negara tetangga, yakni Singapura. Dari hasil pertandingan tersebut, wakil dari Singapura tersebut menjadi tercepat ketiga dengan Raihan waktu 13,92 detik.

Menurut hasil wawancara dengan media daring nasional, Emilia Nova merasa besyukur mampu mempersembahkan mendali emas. Dimana ia mengaku tengah mengalami cidera di tumit, setelah mengikuti ajang Summer Universiade 2019 di Italia pada bulan Juli.

Namun demi mengkuti ajang SEA Games 2019 di Filipina, Emilia Novamengaku tetap berlatih untuk persiapan. Meskipun begitu ia tetap istirahat selama dua bulan. Sebelum mengalami cidera, pada bulan April lalu ia juga tampil di ajang Atletik Asia di Qatar.

Saat ini Emilia Novamenjadi salah satu atlet andalan Indonesia di cabang olahraga atlet di nomor 100 meter lari gawang putri. Kemudia rekannya ykani Hendro Yap juga menjadi andalan di cabang atletik jalan cepat di nomor 20 Kilo meter putra.

Tak hanya turun sebagai atlet di nomor 100 meter lari gawang putri. Emilia Nova sendiri sempat menjadi andalan di cabang olahraga Heptathlon.

Heptathlon adalah salah satu cabang olahraga dari beberapa kombinasi olahraga menjadi 
satu olahraga sekaligus. Tepatnya di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) kala itu.

Selain dikenal sebagai seorang atlet berprestasi yang kerap tampil di kancah Internasional. 
Ternyata Emilia Novamerupakan salah satu atlet yang aktif di dunia maya. Dimana ia sering berbagai kesehariannya kepada para follower-nya.

Tampak dari akun media sosial Instagram miliknya, pemilik badan perempuan atletis telah berbagi ratusan unggahan. Bahkan akun pribadi miliknya, telah diikuti oleh puluhan ribu pengikut.


Editor: Heru Setianto
Source Image: instagram [dot] com/emilianovanv/
Source:
kemenpora [dot] go.id/index/preview/berita/12443
- tirto [dot] id/m/emilia-nova-bNJ
- bola [dot] kompas [dot] com/read/2019/12/09/18474108/emilia-nova-sumbang-medali-emas-ke-70-indonesia-di-sea-games-2019