-->

Biodata Aldi Haryopratomo Si CEO of GO-PAY dan Co-founder of Mapan

Aldi Haryopratomo adalah seorang pengusaha internet asal Indonesia sekaligus Chief Executive Officer (CEO) dari GO-PAY milik GO-JEK Group atau PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sejak bulan Januari 2018. Aldi Haryopratomo dikenal sebagai CEO dan Co-Founder dari startup Mapan (PT Ruma atau Rekan Usaha Mikro Anda), sebelum akhirnya diakusisi oleh Nadiem Makarim, CEO Go-Jek.

Biodata Aldi Haryopratomo Si CEO of GO-PAY dan Co-founder of Mapan

Tak hanya itu pada akhir tahun 2017 lalu, Mapan, Kartuku serta Midtrans resmi bergabung dengan Go-Pay. Seperti diketahui bahwa Aldi Haryopratomo dan Nadiem Makarim merupakan alumi dari Universitas Harvard. Dimana kedua mengaku mempunyai misi yang sama, yakni ingin membangun Indonesia dari bawah.

Seperti diketahui bahwa di Indonesia, tak hanya GO-PAY saja yang masuk di bisnis dompet digital. Tercatat beberapa nama besar tengah mencoba memikat hari para pengguna. Bahkan persaingan tak terelakan, seperti LinkAja Vs DANA Vs GoPay Vs OVO. Apalagi GO-PAY harus bersaing keras dengan Link Aja yang dikelola bank dan perusahaan milik Bandan Usaha Milik Negara (BUMN).

Biodata Aldi Haryopratomo Si CEO of GO-PAY dan Co-founder of Mapan
Nama Lengkap: Aldi Haryopratomo 
Tempat Lahir: -
Tanggal Lahir: -
Kewarganegaraan: Indonesia
Tempat Tinggal: Jakarta
Agama: -
Pendidikan:
- GelarMBA, Harvard Business School (2009 - 2011)
- GelarBs CompE, Purdue University (2000 - 2004)
Profesi: Pengusaha Internet, CEO, Founder
Jabatan: 
- CEO at GO-PAY (2018 - Saat ini)
- CEO and Co-Founder in Mapan - PT Ruma (Jan 2009 - Saat ini)
- Young Global Leader in World Economic Forum (Mar 2012 – Saat ini)
- Consultant in The Boston Consulting Group (Jan 2008 - Jul 2009)
- Technical Advisor in UNDP (Mei 2007 - Feb 2008)
- Southeast Asian Microfinance Partnerships Coordinator in Kiva.org (Nov 2006 - Feb 2008)
- Security Consultant in Ernst and Young (Jul 2004 - Mei 2007)
- Project Engineer Intern in Stryker (Agu 2003 - Sep 2003)
- Systems/Controls Engineer Intern in Cummins Inc (Mei 2003 - Agu 2003)
- Consulting Intern in IBM (Mei 2002 - Sep 2002)
Keahlian:
- Consulting
- Security
- Enterprise Architecture


Dibawah kepemimpinan Aldi Haryopratomo  hingga bulan Januari 2019, Go-Pay tercatat mempunyai sekitar 240 ribu mitra termasuk 95 ribu adalah mitra dari usaha menengah, kecil, mikro (UMKM). Jauh sebelum sukses membangun RUMA pada tahun 2009 silam, hingga mempunyai  2,3 juta orang pengguna di Indonesia. Aldi Haryopratoamo telah malang melintang di dunia perbankan.

Mulai menjadi bekerja di Kiva sampai menjadi karyawanThe Boston Consulting Group (BCG). Menurut media salah satu yang membuat manajemen Grup Go-Jek menunjuk Aldi Haryopratomo. Dikarenakan dirinya sukses mengembangkan sebuah usaha micro finance bernama Mapan. Sementara alasan Aldi Haryopratomo masuk Go-Jek, memiliki satu misi yakni fokus menumbuhkan UMKM.

Sebelumnya misi dari RUMA (Mapan) adalah meningkatkan akses, derajat, dan pendapatan bagi masyarakat berpendapatan rendah melalui teknologi. Bahkan berkat startup tersebut, tercatat ribu anggota keluarga di seluruh Indonesia, telah mampun meningkat taraf hidupn mereka. Namun baru pada tahun 2017, RUMA mengembahkan usaha baru yang diberi nama Arisan Mapan.

Setelah bergabung dengan GO-PAY, Aldi Haryopratomo sempat menyatakan bahwa dirinya ingin GO-PAY menjadi jembatan penghubunga bagi perbankan ataupun UMKM. Kemudian pada bulan April 2018 silam, GO-PAY akhinya mendaptkan izin dari Bank Indonesia memakai fitur pembayaran dengan QR Code. Pada tahun tersebut Go-Pay menjadi perusahaan fintech paling populer di Indonesia.


Editor: Heru Setianto
Source Image: Instragarm Go-Jek, Net
Source: 
- go-jek[dot]com/blog/biografi-ceo-kartuku-midtrans-mapan/
- swa[dot]co[dot]id/youngster-inc/siapa-dia/aldi-haryopratomo
- katadata[dot]co[dot]id/video/2019/01/20/wawancara-ceo-go-pay-aldi-haryopratomo