-->

Biodata Khabib Nurmagomedov Si Petarung UFC Muslim Peraih Rekor Sempurna

Khabib Nurmagomedov adalah seorang altet dalam cabah petarung bebas Ultimate Fighting Championship (UFC) asal Rusia. Pemilik nama lengkap Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov mulai dikenal publik internasional saat ia sukses meraih gelar juara usai mengalahkan Conor McGregor di ajang UFC seri ke 229 di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat pada Minggu, 7 Oktober 2018.
Biodata Khabib Nurmagomedov Si Petarung UFC Muslim Peraih Rekor Sempurna
Biografi Khabib Nurmagomedov Si Petarung UFC Muslim Peraih Rekor Sempurna/ Foto Ilustrasi: http://instagram.com/khabib_nurmagomedov/
Tercatat menurut Presiden UFC, Dana White bahwa tayangan berbayar (pay-per-view/PPV) tersebut menembus angka USD2 juta. Dan sukses mengalahkan rekor sebelumnya pada ajang laga Mike Tyson vs Evander Holyfield pada tahun 1997, dengaan angka 1,9 juta USD. Petarung UFC peraih rekor sempuran dari setiap laga hingga saat ini mempunyai julukan sebagai “The Eagle”, membuatnya menjadi petarung muslim yang belum terkalahkan dari 27 laga tak pernah kalah. Khabib merupakan nama panggilan dari petarung UFC yang sukses meraih rekor sempurna tersebut.

Baca Juga: Profil Conor McGregor Si Petarung UFC Penuh Tato Keren di Dada dan Punggung

Setelah pertarungan melawan Conor McGregor dalam perebutkan gelar juara kelas ringan UFC itu, Khabib diketahui melakukan aksi kurang terpuji. Dimana ia dengan melompati pagar octagon memukul salah satu tim official lawan, diketahui ia menyerang guru jiu-jitsu McGregor, Dillon Denis. Saat melakukan klarifikasi di konferensi press Khabib Nurmagomedov mengungkapkan bawha, ia kehilangan ketenangan setelah mendapat ucapan rasis sebelum laga dari McGregor ketika konferensi pers pra event.

Namun saat ini beredar kabar bahwa mantan juara dunia di lima kelas berbeda yakni Floyd Mayweather, telah menerima tantangan dari Khabib Nurmagomedov di ring tinju, bukan di Octagon. Terlepas dari rencana pertarungan antara Floyd Mayweather Vs Khabib Nurmagomedov, saat ini Daniel Cormier petarung asal Amerika Serikat masih memuncaki peringkat teratas UFC pound for pound. Sementara sang juara kelas bantam TJ Dillashaw masih bertengger di posisi ketiga.

Biodata Khabib Nurmagomedov Si Petarung UFC Muslim Peraih Rekor Sempurna
Nama Populer: Khabib Nurmagomedov
Nama Russian: Хабиб Нурмагомедов
Nama Lahir: Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov
Nama Julukan: The Eagle
Tanggal Lahir: 20 September 1988
Tempat Lahir: Desa Sildi, Kab. Tsumadinsky, Dagestan, Rusia
Tempat Tinggal: Makhachkala, Dagestan, Rusia
Kewarganegaraan: Rusia
Agama: Islam
Profesi: Atlet Petarung Bebas
Tinggi Badan: 5 ft 10 in
Berat Badan: 155 lb
Jangkauan: 70 in
Gaya Bertarung: Sambo, Judo, Pankration, Freestyle Wrestling
Akun Instagram: https://www.instagram.com/khabib_nurmagomedov/
Akun Twitter: https://twitter.com/TeamKhabib
Akun Facebook: 
Nama Pelatih:Abdulmanap Nurmagomedov (sambo/MMA), Javier Mendez (boxing/MMA), Sazhid Sazhidov (wrestling), Nurmagomed Shanavazov (boxing)
Nama Ayah: Abdulmanap Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov diketahui anak kedua dari tiga bersaudara, dimana kakak laki-laki bernama Magomed serta seorang adik perempuan bernama Amina. Khabib mengaku muai menyukai minat dalam seni bela diri, setelah ia menonton pelatihan seorang siswa di sebuah tempat ruang olahraga. Bahkan sejak usia enam tahun di bawah, Khabib telah dilatih oleh sang ayah Abdulmanap Nurmagomedov.

Seperti kenakalan masa remaja pada umumnya, Khabib Nurmagomedov juga sering terlibat  dalam kasus perkelahian jalanan. Hingga suatu waktu ia memutuskan untuk fokus berlatih menjadi seorang atlet seni bela diri bebas campuran tersebut. Dan memulai debut profesional pertama di Mixed Martial Arts (MMA) pada bulan September 2008 lalu. Tercatat pada debutnya tersebut, petarung berjuluk “The Eagle” tersebut sukse meraih empat kemenangan hanya dalam waktu satu bulan saja.

Sebelumnya Khabib Nurmagomedov merupakan petarung UFC pemegang sabuk hitam dalam Judo, ia juga peraih dua kali Juara Dunia Combat Sambo. Tercatat  Khabib  adalah juara petarung UFC pemegang rekor tak terkalahkan beruntun dalam sejarah MMA sebagai orang rusia pertama dan orang Muslim pertama. Hal tersebut langsung mebuat namanya masuk posisi atas pada peringkat UFC pound-for-pound.

Khabib Nurmagomedov sendiri diketahui telah menikah sekitar bulan juni 2013 sila, dan saat ini ia dianugerahi seorang putri dan seorang putra. Seperti yang diketahui Khabib Nurmagomedov memiliki keyakinan Muslim, hal tersebut membuat ia harus melewati beberapa rinatngan saat berkarir di Amerika Serikat (AS). Seperti saat jelang perturang melawan Tony Ferguson di UFC seri 209, visa sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov dan  visa manajernya, Ali Abdel-Azi ditolak pihak imigrasi AS.

Salah satu fakta menarik terkait Khabib Nurmagomedov yaitu, sempat beredar sebuah video yang menampilkan masa muda Khabib tengah menggandeng seekor beruang di bawah pengawasan sang ayah. Setelah diklarifikasi oleh media ToFight.Ru, ternyata  sang ayah, Abdulmanap menerapkan metode pelatihan yang sengaja diberikan kepada putranya sebagai ujian melatih karakter.


Editor: Heru Setianto
Source: ufc [dot] com