-->

Biodata Mukesh Ambani Si Pemilik Reliance Industries

MukeshAmbani adalah seorang pengusaha sukses dan orang terkaya di India, dikenal sebagai pemimpin perusahaan raksasa Reliance Industries.

Biodata dan Biografi Mukesh Ambani Si Pengusaha Terkaya India Pemilik Reliance Industries - www.heru.my.id

Er. Mukesh Dhirubhai Ambani merupkana nama lengkap dari seorang Mukesh Ambani. Dirinya diketahu sebagai seorang yang taat beragama.

Mukesh Ambani yang dari bapak bernama Dhirubhai Ambani dan ibu bernama Kokilaben Ambani di Aden, Yaman pada 19 April 1957.

Setelah ia mempersunting seorang pengusaha wanita pendiri Dhirubai Ambani International School, Nita Ambani.

Mukesh Ambani telah dikaruniai dua orang anak laki-laki dan satu orang anak perempuan. Isha Ambani, Akash Ambani dan Anant Ambani merupakan buah hati dirinya dengan Nita Ambani.

Pada karirnya saat ini, ia merupakan seorang pimpinan yang sekaligus menjabat sebagai direktur pengelola Reliance Industries dengan kepemilikan saham terbesar sebanyak 48%.

Dengan kepemilikan saham yang bisa dibilang sangat besar, Ambani dapat dengan mudah mengatur tampuk kepemimpinan perusahaan yang bergerak dalam bidang petrokimia, gas alam dan ritel ini.

Biografi Singkat Mukesh Ambani

Saat ini, ia bersama keluarganya tinggal bersama di kediamannya yang diberi nama Attila yang merupakan rumah mewah dengan tinggi mencapai 173 meter.

Rumah tersebut memiliki fasilitas super mewah dengan jumlah lantai sebanyak 27 lantai. Kabarnya, pembangunan rumah tersebut pun mencapai angka USD $2 milyar.

Mengenai pendidikan, Mukesh Ambani termasuk kedalam pengusaha yang mengenyam pendidikan yang cukup tinggi.

Pendidikan kelas menengah ia selesaikan di Hill Grange High School.

Setelah menyelesaikan pendidikan kelas menengah, ia pun melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Mumbai UDCT atau University Departement Chemical Technology.

Di kampus tersebut dirinya mengambil konsentrasi pada jurusan teknik kimia dan akhirnya ia pun mendapatkan gelar Bachelor of Engineering.

Setelah mendapat gelar Bachelor, ia pun melanjutkan pendidikannya di Universitas Stanford namun tidak sampat selesai.

Ia pun dikeluarkan dari universitas lantaran hendak membantu ayahnya dalam memajukan perusahaannya sendiri.

Masa Sulit Seorang Mukesh Ambani

Meskipun saat ini ia telah bertransformasi menjadi pengusaha terkaya di India, ia pun pernah menjalani masa-masa sulit dihidupnya. Masa-masa tersebut antara lain adalah:

1. Lahir dari keluarga miskin

Lahir dari keluarga miskin tak pernah membuat harapannya pupus begitu saja.

Semasa ia kecil, seorang Mukesh Ambani bersama dengan keluarganya harus tinggal di sebuah apartemen kecil di daerah Yaman.

Dikala itu pula, orang tua Ambani yaitu Dhirubhai Ambani sangatlah miskin dan hanyalah seorang tenaga kerja di salah satu perusahaan di Yaman.

Dengan kegigihan serta semangat yang dimiliki oleh tuan Dhirubhai Ambani, akhirnya ia pun mendirikan perusahaannya sendiri yang diberi nama Relaince Industries.

2. Ditinggal ayahnya

Seiring berjalannya waktu, perusahaan yang didirikan oleh ayah Mukesh Ambani ini pun menjadi sebuah perusahaan besar di India. Namun, pada 2002 Ambani pun harus mengalami pengalaman pahit karena dikala itu, ia pun ditinggal ayahnya tercinta.

3. Harta yang turun

Karena turunnya harga minyak bumi, maka pada tahun 2015 harga perusahaan Reliance Industries pun mulai menurun.

Namun, meskipun Ambani dihantam masa-masa sulit, nyatanya ia dan perusahaannya masih bisa bertahan sebagai perusahaan petrokimia terbesar di India.

Biodata dan Biografi Mukesh Ambani Si Pengusaha Terkaya India Pemilik Reliance Industries - www.heru.my.id

Perjalanan Karir Seorang Mukesh Ambani

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, pada tahun 2002 ayah dari Mukesh Ambani tutup usia.

Meskipun hal tersebut membuat seorang Mukesh Ambani terpukul, namun hal tersebut menyebabkan perusahaan diambil alih oleh dirinya.

Akhirnya, bersama dengan saudaranya yaitu Anil Ambani, Mukesh Ambani pun mewarisi perusahaan besar tersebut.

Perusahaan yang mereka jalani tersebut telah menoreh berbagai pencapaian yang fantastis.

Meskipun perusahaan Relaince Industries merupakan perusahaan swasta, dibawah naungan dua saudara Ambani perusahaan ini mampu menyumbangkan sebanyak 5% dari total pendapatan untuk pemerintahan India.

Dengan begitu, perusahaan ini membantu perkembangan negara tersebut. Selain itu, perusahaan Relaince Industries juga masuk dalam jajaran fortune 500 sebagai salah satu perusahaan di dunia.

Jika kita membahas mengenai perusahaan yang dikembangkan oleh seorang Mukesh Ambani yaitu Relaince Industries, pada awal pembentukannya, perusahaan ini bergerak dibidang tekstil kemudian beralih menjadi serat dan polyester.

Hingga saat ini, perusahaan yang dikendalikan oleh Mukesh Ambani ini telah melebarkan sayapnya ke banyak bidang industri seperti perminyakan, garmen, asuransi dan ritel.

Hal lainnya yang membuat karir seorang Mukesh Ambani semakin melonjak terjadi pada tahun 2007.

Ketika di India terjadi kenaikan pasar saham yang menyebabkan mata uang India yaitu Rupee mengalami apresiasi.

Hal ini secara langsung mendorong perusahaan menjadi semakin maju sehingga Mukesh Ambani pun dinobatkan sebagai orang-orang terkaya di dunia.

Hingga saat ini, Ambani memiliki kilang minyak bumi terbesar di dunia karena mampu menampung kapasitas minyak mencapai 660.000 barel per harinya.

Kilang tersebut juga berintegrasi dengan beberapa industri lainnya seperti petrokimia, pembangkit listrik serta infrastruktur lainnya. Dengan bekerja selama 13 jam sehari, seorang Mukesh Ambani pun sukses memajukan bangsa maupun keluarganya.

Prestasi Seorang Mukesh Ambani

Kini, seorang Mukesh Ambani pun menjabat sebagai CEO Reliance Industries. Hingga saat ini, puluhan prestasi telah diraih olehnya.

Prestasi tersebut dinilai sebanding dengan usaha dan kerja keras yang ia peroleh. Prestasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Tahun 2007

Bersama adiknya, Anil Ambani mereka berdua dinobatkan sebagai keluarga terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai USD $60 milyar.

Tahun 2008

Membawa perusahaan Reliance Industries kedalam peringkat 206 dari 500 perusahaan terbesar di dunia.


Tahun 2010

Termasuk ke dalam jajaran 68 orang yang paling berpengaruh di dunia menurut Forbes. Termasuk ke dalam 10 jajaran orang terkaya di dunia.

Tahun 2011

Bahkan kala itu Mukesh Ambani dengan total kekayaan pribadi mencapai sekitar USD $27 milyar.

Dirinya dinobatkan sebagai orang paling kaya kedua di Asia, sementara di dunia Mukesh Ambani menjadi orang paling kaya peringkat kesembilan.

Tahun 2015

Termasuk ke dalam 39 jajaran orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan total kekayaan mencapai USD $20,8 milyar.

Pengusaha yang memiliki hobi menonton film Bollywood ini nyatanya telah sukses serta ikut andil dalam pembangunan negara India.

Untuk tujuan masa depannya, ia pun akan melebarkan sayap perusahaannya di bidang telekomunikasi dengan meluncurkan layanan 4G.

Tahun 2020

Menurut majalh ternama Forbres, kekayaan bersih pada tahun 2020 mencapai seniktar 88,2 miliar USD.

Memiliki pendidikan tinggi serta menjadi orang terkaya di dunia, mungkin kedua hal tersebut sering kita lihat pada ulasan biografi pengusaha-pengusaha sukses asal Eropa maupun Amerika.

Namun siapa sangka, Asia pun juga memiliki salah seorang pengusaha hebat yang memiliki kedua hal tersebut.

Tepatnya di India, pengusaha yang bergerak dalam bidang petrokimia di negaranya, seorang Mukesh Ambani yang merupakan seorang pebisnis serta pengusaha sukses yang dapat membuat India diakui di kancah Internasional.

Baca: Biodata PangeranDiponegoro dan Raja Haji Fisabilillah

           Biografi CutNyak Dien dan Nyi Ageng Serang

 


Editor: Heru Setianto

Image Editing: Heru Setianto

Source: Net