-->

Pengertian Biodata Menurut Ahli dan Manfaat Besar Membaca Kisahnya

Biodata adalah data biografis. Definisi dari kata “biodata” menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebuah riwayat hidup singkat. Sementara menurut  Lautenschlager, G. J dalam jurnal berjdudul “Journal of Applied Psychology”(2001) menyatakan bahwa biodata merupakan sebuah jenis pertanyaan faktual tentang kehidupan dan pengalaman kerja, serta hal yang melibatkan opini, nilai, kepercayaan, dan sikap yang mencerminkan perspektif historis.
Pengertian Biodata Menurut Ahli dan Manfaat Besar Membaca Kisahnya

Seperti diketahui informasi terkait biodata sendiri memang menjelaskan terkait profil pribadi dan fakta kehidupan seseorang. Dimana biodata sendiri memang tidak mempunyai hubungan dengan introspaeksi ataupun penilaian secara subyektif. Namun biodata dinilai bersarkan penilain secara obyektif terhadap riwayat hidup seseorang. Hal tersebut sesuai pedapat yang dikemukakan oleh Stricker, L. J. dalam juranl publikasi yang berjudul "Assessing Leadership Potential with a Biographical Measure of Personality Traits" (1998).

Sebelumnya biodata sendiri memang tidak mampu untuk memprediksi semua perilaku di masa depan. Namun yang perlu diketahui bahwa biodata dapat bermanfaat sebagai penilainan terhadap personil seseorang. Dan dapat ditarik pengertian bahwa biodata dapat dijadikan sebuah indikasi terkait kemungkinan perilaku seseorang di masa depan. Tak hanya itu biodata juga dapat dijadikan pembelajaran bagai seseorang. Apalagi setelah kejadian yang telah terjadi (riwayat individuI) seseorang di masa sebelumnya.

Pengertian Biodata dan Biografi Menurut Ahli dan Manfaat Membaca Kisahnya

Biodata sendiri terdengar mirip dengan biografi, walaupun sebenarnya berbeda. Pengertian dari biografi adalah sebuah ulasan tentang perjalanan hidup atau riwayat hidup secara lebih luas hingga dapat menjadi sebuah buku. Menurut situs Salamadian com mengungkapan bahwa umumnya biografi menceritakan terkait kehidupan seseorang, dimulai ketika ia dilahirkan hingga keadaan dirinya di masa saat ini.

Terdapat perbedaan pula anatara biografi dengan autobiografi, dimana penulisan dari autobiografi sendiri memakai sudut pandang orang pertama (riwayat hidup diri sendiri). Sementara penulisan dari biografi menggunakan sudut pandang orang ketiga, atau bisa diartikan bahwa penulisan di tulis oleh orang lain. Dan manfaat dari biografi bagi pembaca yaitu mampu memberikan informasi tentang kehidupan pribadi serta kejadian penting yang dialami oleh seseorang.

Baca: Profil Sri Wahyumi Manalip Si Bupati Tercantik di Indonesia
           Muhammadiyah dan Astronom Arab: Awal Puas 6 Mei, NU?
           Biodata Nurul Bashirah Si Puteri Muslimah Indonesia 2019

Sementara menurut situs Moondoggiesmusic com menyatakan bahwa biografi berisi tentang sebuah kisah atau cerita seseorang dalam menjalani kehidupannya, baik kelebihan, kekurangan, masalah hingga kejadian apapun agar menjadi contoh bagi orang banyak (pembaca). Kemudian bentuk bahasa dalam penulisan biografi berupa sebuah narasi yang ditulis oleh penulis.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kalau biodata dan biografi mempunyai kemiripan, dimana keduanya sama-sama mengisahkan tentang riwayat hidup. Dan juga memiliki tujuan yang sama, yakni secara umum untuk memberikan informasi kepada generasi berikutnya. Baik terkait riwayat hidup seseorang ataupun suatu organisasi. Hal ini dapat menjadi pembelajaran bagi pembaca, serta mampu memberi motivasi bagi yang membaca kisahnya.

Menurut beberapa sumber dalam membuat biodata ataupun biografi, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan dan dipersiapkan oleh penulis. Mulai dari mencari sumber informasi yang terpercaya,  melakukan riset publikasi dari jurnal, pemberitaan hingga buku. Hal tersebut tak lain, demi memberikan informasi yang akurat dan terpercaya. Dan menghidari  kesalahan yang berujung dengan informasi palsu atau “Hoax”. Dan terakhir terkait penulisan bodata, sebaiknya gaya penulisan lebih  terstruktur dan sistematis dalam penyususnannya.


Editor: Heru Setianto
Source Image: Pixbay
Source: kbbi[dot]web[dot]id/biodata
              doi[dot]org/10.1037%2F0021-9010.72.1.149
              doi[dot]org/10.1111%2F1468-2389.00087
              salamadian[dot]com/contoh-biografi-diri-sendiri/
              moondoggiesmusic[dot]com/contoh-biografi/