-->

Biodata Mardani Ali Sera Poitikus PKS Calon Wakil Gubernur Jakarta

Dr. Mardani Ali Sera, MEng adalah seorang akademisi sekaligus politisi Indonesia dari kader PKS (Partai Keadilan Sejahtera). Mardani merupkan panggilan akrabnya saat ini aktif menjabat sebagai anggota DPR-RI, tak hanya itu ia juga tercatat sebagai salah satu dosen di Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta. 
Biodata Mardani Ali Sera Poitikus PKS Calon Wakil Gubernur Jakarta
Biodata Mardani Ali Sera Poitikus PKS Calon Wakil Gubernur Jakarta/ Foto Ilustrasi: instagram.com/mardanialisera/

Mardani sendiri kembali dilantik pada 23 Februari 2017 menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 sebagai Pergantian Antar Waktu (PAW) menggantikan Sa'duddin yang mengundurkan diri karena mengikuti Pilkada Bekasi.

Baca Juga: Profil Sandiaga Uno Si Pengusaha Muslim Sukses Calon Wakil Presiden 2019

Menurut media, Ketua Dewan Syuro PKS mengatakan bahwa kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta yang sebelumnya diisi oleh Sandiaga Uno akan diisi oleh Kader PKS, Mardani Ali Sera salah satunya. (10/8/2018). Mardani sendiri merupakan lulusan S3 Philosophiae Doctorate di Universiti Teknologi Malaysia.

Biodata Mardani Ali Sera Poitikus PKS Calon Wakil Gubernur Jakarta

Nama Lengkap: Dr. H. Mardani Ali Sera M.Eng
Tempat Lahir: Galur, Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Tanggal Lahir: 9 April 1968
Tempat Tinggal: RT01/RW09, Kel. Jati Makmur. Pondok Gede. Kota Bekasi. Jawa Barat
Kebangsaan: Indonesia
Agama: Islam
Pendidikan: 
- SD Negeri 08 Tanah Tinggi, Jakarta (1981)
- SMP Negeri 71, Jakarta Pusat (1984)
- SMA Negeri 1 Budi Utomo, Jakarta Pusat (1985-987)
- S1 Teknik Mesin di Universitas Indonesia (1994)
- Master of Engineering Di Universiti Teknologi Malaysia (2000), 
- Philosophiae Doctorate Di Universiti Teknologi Malaysia  (2004)
Profesi: Politikus, Dosen
Partai politik: PKS (Partai Keadilan Sejahtera)
Perjalanan Karir:
- Dosen di Universitas Mercu Buana (UMB) (1996-sekarang)
- Muballigh LPPD IQRA (2005 – sekarang)
- Da’i untuk muhibbah dakwah ke Amerika Serikat (2011)
- Anggota DPR RI, mewakili Daerah Pemilihan Jawa Barat VII (2009 – 2014)
- Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (Sejak 23 Februari 2017)
Akun Instagram: https://www.instagram.com/mardanialisera/
Akun Twtter: https://twitter.com/mardanialisera
Situs Website: https://mardani.info
Nama Istri: Siti Oniah
Nama Anak: Abdurrahman Harits, Tazkiatun Nafs Azzahra, Asad Izzudin Zaki, Qonita Mumtahanah, Azimah, Siti Raina Hajida, Muhammad Adib Zahidi, Abidah Shabira, Muhammad Ibrahim Hafy.
Nama Ayah: M. Ali Sera
Nama Ibu: Rohati

Seperti yang diketahui Mardani memutuskan menikah dengan Siti Oniah saat masih aktif sebagai jurnalis Fakultas Tekni Universita Indonesia pada 8 September 1991. Hasil dari pernikahannya, hingga kini keduanya telah dikaruniai sembilan orang anak, yakni empat putra dan lima putri.

Sebelumnya bakat bakat aktivisn  Mardani dimulai sejak ia menjadi Ketua Seksi Kerohanian Islam (Rohis) OSIS untuk periode kepengurusan (1985 – 1986) di SMA Negeri 1 Budi Utomo, Jakarta Pusat.  Sampai akhirnya pada tahun 2000, Mardani masuk menjadi kader dan ikut dalam kepengurusan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).  Dalam internal PKS sendiri, Mardani dikenal sebagai kader yang disiplin dalam administrasi dan taat terhadap hukum dan aturan.

Ketika pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta pada 2017 lalu, Mardani sempat menjadi Calon Waikil Gubernur Jakarta bersama Sandiaga Uno atas dukungan dari PKS. Tetapi saat hari pendaftaran, ternyata  Partai Gerindra sebagai partai koalisi PKS memilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai.

Akhirnya Mardani tetap ikhlas, malahan menjabat sebagai Ketua Tim Pemenangan Pemilihan Gubernur Jakarta tahun 2017 atas pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Ketika mereka berdua dinyatakan sebagai pemenang di Pilgub Jakarta,  Prabowo Subianto seaku Ketua Umum Partai Gerindra menyebut Mardani sebagai "Panglima Pemenangan".

Saat ini Mardani aktif menjadi anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera masa kerja 2014-2019. Dan semenjak pertengahn buan November 2017, Mardani sendiri kini bertugas sebagai wakil ketua di Komisi 2 DPR-RI .


Editor: Heru Setianto
Source: mardani.info