-->

Cara Mudah dan Aman Transfer Uang Tanpa Rekening dan ATM Bank Terbaru

Bagaimana cara melakukan Transaksi transfer uang kepada orang lain, jika si pengirim uang tidak memiliki rekening bank. Pertanyaan tersebut kerap ditanyakan sebagian pengguna internet, dan jawabanya adalah bisa melakukan  transaksi dengan bantuan pihak ketiga. Dimana pihak ketiga disini seperti Wesel Pos, Western Union (WU), Indomaret, Alfamart, Paypal, Delima Plaza Telkom, TIKI dan lainnya.


Cara Mudah dan Aman Transfer Uang Tanpa Rekening dan ATM Bank Terbaru
Cara Mudah dan Aman Transfer Uang Tanpa Rekening dan ATM Bank Terbaru/ Foto Iustrasi: instagram.com/deteksi

Biasanya orang bertransaksi dengan saling berkirim uang dimudahkan jika kedua pihak mempunyai rekening bank dan kartu ATM. Namun fakta di lapang ternyata bebrbeda, dimana masih banyak ditemui masyarakat yang masih belum punya rekening bank/ATM bank. Baik dengan alasan tidak mau repot atau karena syarat dan minimal saldo awal pembuatan rekening yang dinilai cukup besar.

Berikut ini 3 Tipe Layanan Bank dalam Transfer Uang dengan atau Tanpa Rekening:

1. Transfer uang lewat rekening Bank

Metode ini dipakai jika pengirim dan penerima sama-sama memiliki rekening bank, baik sesama bank maupun beda bank tak masalah. Cara transfer uang sendiri adalah cara paling umum dan lebih efektif, dimana si pengirim tinggal pergi dan melakukan transaksi pengiriman ke si penerima di tempat ATM/ kantor bank terdekat.

Bagi pengguna yang terdaftar bisa menggunakan fitur layanan sms banking atau online banking. Jadi si pengirim bisa melakkan transaki lewat ponsel maupun smart phone, tanpa perlu ke luar rumah. Menggunakan layanan ini bisa mendaftar atau menanyakan ke layanan bank terdekat.

Baca juga: Cara Transfer Uang Via Atm dan Daftar 135 Kode Bank BRI, BNI, BCA, Mandiri, MEGA, Bank Lain di Indonesia

2. Transfer uang tanpa rekening ke rekening Bank si penerima

Metode ini juga sudah umum di lakukan dimana pengirim belum punya rekening dan si penerima sudah mempunyai rekening. Caranya transfer uang kepada si penerima, dengan cara si pengirim mendatangi langsung ke kantor bank terdekat.

Setelah mengisi formulir data transaksi, maka selesai. Sementara untuk biaya pengiriman akan dikenakan kepada si pengirim.

Langkah-langkah cara transfer uang tunai lewat bank terdekat:

1. Pertama mintalah nama penerima, nomor rekening, dan nama bank
2. Persiapkan kartu identitas kita dan uang tunai yang akan dikirim.
3. Datang ke bank sesuai dengan rekening penerima, misalnya BRI ke kantor bank BRI.
4. Selah ambil nomor antrian, langsung ambil formulir transfer tunai.
5. Sambil menunggu antria, isilah formulir tadi seperti: Nama pengirim, Nama penerima, Total transfer, dan Tanda tangan pengirim.
6. Saat nomor antrian kita dipanggil, serakan formulir dan uang tunai ke teller bank.
7. Tunggu beberapa saat, hingga pegawai bank selesai melakukan transaksi. 
8. Selesai, uang telah berhasil ditransfer.

3. Transfer uang tanpa rekening Bank

Metode ini dipakai jika, baik pengirim maupun penerima sama-sama tidak memiliki rekening bank. Cara transfer uang si pengirim ke pihak si penerima adalah menggunakan jasa pihak ketiga, seperti melalui Wesel Pos, Western Union (WU), Indomaret, dan Alfamart

Langkah-langkah Cara Aman Transfer Uang Lewat Wesel Pos:

1. Cari datang ke tempat Kantor Pos terdekat.
2. Minta bantuan ke petugas pelayanan, lalu pilih salah satu yang ingin diguanakan: Wesel Pos Instan, Wesel Pos Transfer Tunai atau Wesel Pos Prima.
3. Isilah formulir data pengiriman uang dengan tepat, seperti: Nama pengirim, Alamat pengirim, Nama penerima, Alamat penerima, dan Total uang transaksi.
4. Simpan slip bukti transaksi, PIN dan NTP (Nomor Transaksi Pusat).
5. Selesai

Sebelumnya PIN dan NTP sendiri akan dipakai oleh si penerima, saat akan mengambi uang di Kantor Pos. Jadi si pengirim harus memberitahu PIN dan NTP pengiriman kepada si penerima.

Biasanya saat menermina uang tersbut, si penerima wajib memperlihatkan KTP asli dan 2 lembar fotokopi KTP. Sementara pengirim uang sendiri dapat dilacak  lewat situs resmi di Posindonesia.co.id.

Langkah-langkah Cara Aman Transfer Uang Lewat Western Union (WU);

1. Siapakan kartu identitas dan uang tunai yang akan ditrasfer, serta uang tambahan untuk biaya pengiriman.
2. Cari dan datang langsung ke Agen/tempat yang berlogo “Western Union”, seperti JNE d, Pegadaian, Kantor Pos, Indomaret, dan Bank atau lengkapnya bisa cek Westernunion.co.id 
3. Datangi petugas dan minta formulir “Pengiriman Uang”
4. Isilah formulir tadi dengan data yang sesuai, seperti identias pengirim, niai uang transaksi, kota/negara pengirim, dan tanda tangan.
5. Beritahukan kepada si penerima mengenai untuk melakukan pengambilan dengan memberikan detail informasi seperti nama pengirim, nilai transfer.
6. Simpan nomor Money Transfer Control Number (MTCN) yang dipakan untuk melacak keberadaan dan status pengiriman uang, dan bisa di cek di situs resmi di Wumt.westernunion
7. Beritahikan nomor MTCN keapada si penerima, dimana nomor tersebut akan dipakai oleh si penerima, saat akan mengambi uang.
8. Selesai.


Editor: Heru Setianto
Source: cermati[dot]com