-->

Biodata Ustadz Asal Yanto dan Klarifikasi Jadi Imam Muda di Masjidil Haram

Syekh Asal Syu’bah bin Haji Yanto al-Banjari adalah salah satu ustadz asal Indonesia yang bertempat tinggal di Makkah dan menjadi Imam Masjid disekitar Makkah. Nama Ustadz Asal Yanto sempat viral di media sosial Youtube dan Facebook terkait sebagai Imam di Masjdil Haram, namun beliau telah mengkonfirmasi bahwa informasi tersebut hoax alias tak benar.


Biodata Ustad Asal Yanto - Syekh Asal Syu’bah bin Haji Yanto al-Banjari- Terkait Kabar Viral Jadi Imam di Masjidil Haram
Biodata Ustadz Asal Yanto - Syekh Asal Syu’bah bin Haji Yanto al-Banjari- Terkait Kabar Viral Jadi Imam di Masjidil Haram / Foto: instagram.com/asalbanjar
Sebelumnya Ustadz Asal Yanto telah mengkonfirmasi dalam sebuah insta story, lewat akun Instagram miliknya di @asalbanja pada hari Sabtu, tanggal 9 Juni 2018. Dalam statusnya pemuda asal Kalimantan Selatan tersebut menyatakan bahwa kabar yang beredar di berbagai media tersebut kurang tepat, pasalnya Ustadz Asal Yanto bukan menjadi imam tetap di Masjidil Haram. Namun ia hanya imam di beberapa masjid di Mekkah saja, bukan di Masjidil Haram.

Biodata Ustadz Asal Yanto Terkait Kabar Viral Jadi Imam di Masjidil Haram:

Nama Populer: Ustad Asal Yanto
Nama Lengkap: Syekh Asal Syu’bah bin Haji Yanto al-Banjari
Kewarganegaraan: Indonesia
Tempat Lahir: Kota Mekkah
Tanggal Lahir: 1997 M/ 1418 H
Tempat Tinggal: Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan
Akun Instagram: https://www.instagram.com/asalbanjar/
Akun Youtube: https://youtu.be/D_FEsazigzM
Akun Email: asooly.banjar@gmail.com
Situs Website: http://asalbanjar.onuniverse.com
Nama Ayah: Ustaz Yanto
Nama Ibu: Ustazah Mariyati
Nama Ayah Angkat: Syekh Dr Hasan Bukhari (Guru Besar Ilmu Ushul Fiqh Universitas Ummul Qura)

Ustadz Asal sendiri selama tinggal di Mekkah mengajar Alquran kepada Mahasiswa luar negeri di Masjid Fakultas Dakwah di Universitas Ummul Qura. Selain itu Ustaz Asal ikut serta mengajar anak-anak warga Arab Masjid Asyur Bukhari Makkah, dan semua pengajaran tersebut di bawah binaan Syekh Hasan Bukhari.

Tak hanya itu Ustadz Asal turut dipercaya untuk mengimami salat rawatib, tarawih, dan qiyamul lail di beberapa Majdi di sekitar Mekkah. Dimana selama menjalani pendidikan di Mekkah, Asal langsng dibimbing oleh  Imam Masjidil Haram Syekh Hasan Bukhari hingga menamatkan Alquran riwayat Syu’bah bin ‘Ashim Al-Kufi. Bahkan disaat usia dirinya masih 12 tahun, Ustadz Asal telah hafal Alquran. Hingga meraih ijazah dengan predikat excellent dari sebuah Lembaga Hafalan Alquran di Kota Mekkah. 

Saat ini Ustadz Asal tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi dari unsur tenaga musiman. Diman Ustadz Asal bertugas di bagian layanan transportasi jemaah haji Indonesia di wilayah bagian Syib Amir, Mekkah.

Sebelumnya sebuah kabar viral Kisah ini berawal dari status Mualim Nur Hidayatullah Yuzarsif, dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo, Semarang pada 24 Mei 2018. Namun beberapa netizen malah menyalah artikan status Nur Hidayatullah Yuzarsif, dengan menyatakan bahwa Ustadz Asal menjadi Imam tetap di Masjid Al-Haram, setelah lulus seleksi sebagai Imam Masjidil Haram.

Namun terkat viralnya berita tersebut, Nur Hidayatullah Yuzarsif telah mengkonfirmasi bahwa  Ustadz Asal bin Haji Yanto sedang mengaji di hadapan Syekh Sudais dan Ulama lain dalam rangka pembukaan tahfizh Alquran di Kota Makkah, bukan mengikuti seleksi sebagai Imam tetap di Masjidil Haram, pada Sabtu, tanggal 9 Juni 2018.

Namun beliau mendoakan yang terbaik untuk Ustadz Asal, diaman anggapan yang kurang tepat oleh para netizen menjadi kenyataan yakni menjadi Imam tetap di Masjidil Haram. Sementara Ustadz Asal sendiri mengaku sedih dan dituduh sebagai pembohong, kenyataanya dirinya sendiri tak pernah bilang bahwa ia menjadi imam di Masjid Al-Haram.


Editor: Heru Setianto
Source: instagram.com/asalbanjar