-->

Cara Mengubah atau Mengkonversi Pesan Suara di WhatsApp menjadi Pesan Teks

WhatsApp hingga saat ini masih masih menjadi salah aplikasi pesan singkat paling popular di PlayStore dibanding dengan aplikasi media sosial sejenis. Para pengembang apilkasi ini selalu memberikan inovasi fitur terbaru setiap mereka melakukan pembaharuan menjadi kelebihan WhatsApp. Maka tak heran jika aplikasi pesan cerdas ini mendapat hati tersendiri dihati para penggunannya. Fitur yang menjadi favorit yang tersedia di WhatsApp yaitu kemudahan para pengguna dalam melakukan saling berbagi jenis file dengan fitur tambahkan file di setiap pesan. 



Cara Mengubah atau Mengkonversi Pesan Suara di WhatsApp menjadi Pesan Teks

Cara Mengubah atau Mengkonversi Pesan Suara di WhatsApp menjadi Pesan Teks/ Foto: Capture dan Editing Pribadi
Tak hanya itu para pengguna WhatsApp juga dapat saling melakukan obrolan dengan saling berbagi beberapa jenis file seperti pesan teks, panggilan video, panggilan suara, pesan audio suara, file dokumen (docx, .xlsx, pptx, pdf dan txt), hingga mendukung berbagai file ekstensi lainnya (zip, rar, exe, apk, dan lainnya). Namun perlu diketahui, sebaiknya kita berhati-hati saat menerima file yang mencurigakan, sebagai tindakan pencegahan agar kita sembarang menerima atau menyimpan file berbahanya seperti virus.
 

Sudah kita ketahui bersama saat ini para pengguna lebih mulai sering melakukan obrolan melalui pesan suara di Whatsapp. Pasalnya selain lebih simple dan praktis, kita juga tak membutuhkan waktu lama untuk mengetikan sebuah pesan teks. Dimana lawan bicara kita yang tak perlu membaca pesan tersebut, yang dilakukan hanyalah membuka dan mendengrkan pesan suara yang kita kirim.
 

Namun terkadang diantra kita yang lebih menyukai untuk melihat dan membaca pesan teks WhatsApp secara langsung. Tanpa perlu mendengarkan muapun memutar lama dan berulang-ulang pesan suara dari pengguna lain. Maka sekali lagi fitur tersebut selain sisi memudahkan pengguna secara umum, namun tidak untuk pengguna khusus lainnya.
 

Maka untuk memerikan solusi bagi bagi beberapa orang yang lebih menyukai pesan teks dibaca langsung, berikut bebearapa jalan keluar. Yaitu dengan mengkonversi  pesan suara di Whatsapp menjadi pesan teks seperti biasa.
 

Berikut ini cara melakukan Konversi Pesan Audio (Auara) WhatsApp menjadi Pesan Teks, silahkan simak dibawah ini:
 

 1. Langkah pertama yang dilakukan yakni dengan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama  Transcriber for Whatsapp. Setelah aplikasi tersebut didownload dari PlayStore, kemudian lakukan proeses selanjutnya yaitu Instalasi pada perangkat kita.
 

 2. Tahap kedua yang kita lakuka yaitu tinggal membuka  aplikasi Whatsapp di perangkat kita, lalu buka obrolan yang ingin kita ubah pesan suara tersebut menjadi file berkesktensi teks. Pada pesan suara yang telah kita pilih tersebut, lalu ketuk panjang di atasnya.
 

3. Tahap terkahir, yaitu kita tekan lama pada pesan suara tersebut hingga tampil beberapa pilihan di setelah. Dari pilihan tersebut, kita pilih dan tekan pilihan Share, pada sharing file tersebut kita pilih suara lalu pilih Transcriber.
 

Maka secara otomatis Aplikasi Transcriber akan mengubah file pesan audio berkestensi suara menjadi file pesan teks. Jadi untuk mengkonversi pesan suara di aplikasi WhatsApp tidak sulit kan, meskipun kita memerlukan bantuan apikasi pihak ketiga. Sementara untuk mengkoversi dengan apilkasi WhatsApp sendiri belum tersedia, mungkin untuk fitur selanjutnya para pengembang akan mempertimbangkan penambahan fitur ini.


Editor: Heru Setianto
Source: Net