Biodata Lebah Ganteng & Pein Akatsuki Si Pahlawan Subtitle Indo

Lebah Ganteng adalah seorang subber atau penerjemaah asal Indonesia, dikenal sebagai pembuat subtitel Indonesia dari film-film luar negeri. Pria yang merahasiakan identitas aslinya tersebut merupakan lulusan dari Universitas di Kota Surabaya, Jawa Timur.
Foto, Berita, Profil dan Biodata Pein Akatsuki dan Lebah Ganteng Si Pahlawan Penerjemah Subtitle - www.heru.my.id
Pria yang sempat mengambil jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia tersebut. Mengawali hobi membuat subtitle berbahasa Indonesia, sekitar tahun 2011 silam. Hanya berbekal aplikasi Notepad, dirinya membuat file srt. Baru kemudian diunggah di situs subscene lokal.

Pesaing dari Pein Akatsuki sesama penerjemaah amatir, dikenal sebagai pahlawan bagi penikmat film dan serial televisi tidak resmi di tanah air. Mereka berdua bahkan berteman di dunia nyata, dan dikentahui sama-sama berdomisili di Jawa Timur.

Biodata Lebah Ganteng Si Pesaing Pein Akatsuki, Pahlawan Subtitle Indonesia
Nama Populer: Lebah Ganteng
Nama Lengkap: -
Tempat Lahir: -
Tanggal Lahir: - 1991
Kewaraganegaraan: Indonesia
Tempat Tinggal: Jawa Timur
Agama: -
Pendidikan: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Profesi: Freelancer, Subber
Akun Instagram: https://www.instagram.com/dokter_ngesot/
Situs Website: -
Kontak Email: -

Tak hanya nama Lebah Ganteng dan Pein Akatsuki yang dikenal sebagai subber ternama di Indonesia. Terdapat nama penerjemaah amatir lain. Nama mereka juga sudah tak asing, tentunya di telinga para penonton film gratis pastinya.

Mulai dari Xtalplanet, Rizal Adam, Brothermax, Lebah Jelek, Ibrahim KH, Green Lantern, [email protected], Mussolini, Vita Rocky, Ahmad Syawal Kurniawan, blackspider dan masih banyak lagi.

Baca: Profil Polo Si Pemilik Situs IndoXXI dan LK21 Barat di Tangkap

Seperti diketahui kalau file dengan ekstensi srt adalah sebuah file bernama subtitel yang berisi teks dialog berfungsi untuk menerjemaahkan di sebuah serial video atau film. 

Singkatnya subtitel sebagau penolong saat menonton film dari bahasa asaing. Hal tersebutlah, yang membuat para subber dikenal sebagai pahlawan oleh para penikmat film secara gratis.

Menurut situs dari lokal yakni Vice Indonesia berhasil mewawancari salah satu subber ternama tersebut. Dimana sosok Lebah Ganteng ternyata adalah seorang pemuda yang kerap disapa 'tawon' oleh teman-temannya.

Dirinya mengaku tak hanya membuat subtitle saja. Lebah Ganteng juga kerap melakukan resynch. Dimana dalam satu film terbagi atas tiga versi, mulai dari DVDRip, webdl sampai Bluray.

Saat ditanya terkait menjadi seorang penerjemah subtitle profesional. Lebah Ganteng kala itu menjawab, bahwa dirinya mengaku berminat. Dimana dirinya ingin menjadi seorang penerjemahkan film yang tayang resmi di bioskop.

Terkait pertemanan dirinya denag sesama subber amatir yakni Pein Akatsuki. Lebah Ganteng mengaku, kalau dirinya kerap keluar jalan-jalan bersama. Bahkan mereka berdua kerap menontin film di bisokop.

BacaBiografi Sofian Sibarani Si Arsitektur Founder dari Urban Plus

Sementara menurut situs daring Titro, dalam pengerjaan sebuah subtitle film. Lebah Ganteng biasanya melakukan sendiri. Selain itu dalam menerjemahkan subtitle, pada awalnya hanya untuk kesenangan saja. Bukan untuk sebuah profesi.

Dalam beberapa kesemapatan, dirinya sempat mengaku kalau tidak mempunyai latar belakang pendidikan bahasa Inggris. Walapun begitu, tak membuat dirinya untuk belajar tentang Bahasa Inggris termasuk idiom-idiomnya.

Lebah Ganteng mengaku kalau dirinya belajar menerjemaah subtitle secara otodidak. Namun dengan berjalannya waktu, mulai terbiasa saat menekuni hobi sebagai subber. Walapun itu hanyalah sebuah hobi yang tak dibayar.

Kepada media, Lebah Ganteng berbagi cara membuat sebuah subtitle film. Dimana dalam membuatnya cukup dengan aplikasi Notepad saja. Kemudia saat melakukan alih bahasa teks per teks ke bahasa Indonesia, masih dilakukan secara manual.

Sebelumnya melakukan proses alih bahasa. Para subber biasanya mengambil subtitle film ataupun serial televisi bahasa asing yang tersedia di situs subscene. 

BacaFakta Lania Fira Si Aktris dan Penyanyi Cantik, Pacar Ariel Noah?

Menurut patauan dari penulis, Lebah Ganteng dikenal sebagai sosol yang aktif di media sosial. Tampak di akun Instagram miliknya di @dokter_ngesot, kerap berbagi postingan kepada pengikutnya.

Sementara sang pesaing sekaligus teman dari Lebah Ganteng, yakni Pain Akatsuki. Dikenal sebagai sosok pemilk akun Instagram @pain_lapain. Tercatat keduanya memiliki jumlah pengkut yang mencapai puluhan ribu follower.


Editor: Heru Setianto
Source Image: Instagram/dokter_ngesot, Instagram/pain_lapain
Source: 
- tirto id/orang-orang-di-balik-subtitel-film-cmnb
- vice com/id_id/article/53ge4b/sosok-di-balik-lebahganteng-penerjemah-subtitle-kesohor-dunia-maya-angkat-bicara

Posting Komentar