Home People

Sofian Sibarani adalah seorang arsitektur asal Indonesia, dikenal sebagai Founder dari perusahaan Urban+. Sofian Sibarani merupakan alumni Sarjana Arsitektur dar Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1997 silam.
Foto, Berita, Profil dan Biodata Sofian Sibarani Si Arsitektur Founder dan Direktur Urban Plus - www.heru.my.id

Saat ini namanya tengah menjadi sorotan media daring nasional dan internasional, setelah perusahaan miliknya meraih juara pertama di Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) dari 755 peserta dalam dan luar negeri.

‘Nagara Rimba Nusantara’ merupakan nama tema desain yang dibuat oleh perusahaan milik Sofian Sibarani. Atas prestasi tersebut, pihaknya mendapat piagam penghargaam. Kemudian hadiah berupa uang sebesar Rp2 miliar.

Biodata Sofian Sibarani Si Arsitektur Founder dan Direktur Urban Plus
Nama Lengkap: Sofian Sibarani
Tempat Lahir: -
Tanggal Lahr: -
Kewarganegaraan: Indonesia
Tempat Tinggal: Jakarta
Agama: -
Pendidikan:
- Regina Pacis Highschool (1990 - 1993)
- Bachelor Of Architecture at Institut Teknologi Bandung (1993 – 1997)
- Masters Of Urban Development and Design at UNSW (1998 – 1999)
Profesi: Arsitektur

Jabatan dan Riwayat Pekerjaan:
- Founder at URBAN+ (Januari 2017 – Saat ini)
- Executive Director Of Development Design Planning at AECOM Indonesia (Juli 2011 - Januari 2017)
- Director of Urban Design-SE Asia at AECOM (Juni 2007 - Jul 2011)
- Founder at U+D Studio (Agustus 2004 - Juni 2007)
- Senior Urban Designer at SOM Asia (2003 – 2004)
- Senior Town Planner at RSP Architects (Oktober 2002 - April 2003)
- Urban Designer at TAK Design Consultant (Agustus 1999 - Agustus 2002)
- Volunteer at Urban Guerilla (Juli 2012 – Saat ini)
Akun Linkedin: https://www.linkedin.com/in/sofian-sibarani-a21b78a/
Akun Instagram: https://www.instagram.com/sibsib75/

Baca: Profil Lania Fira Si Aktris Asal Sukabumi, Pacar Ariel Noah?

   Biografi Ryan Kaji Si Youtuber Paling Kaya di Dunia Saat Ini

  Wow, Top 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia

Seperti diketahui bahwa pengumuman hasil sayembara diumumkan di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, pada tanggal 23 Desember 2019 lalu.

Menurut laman resmi milki Sekretariat Presiden, terkait inspirasi dari desain Nagara Rimba Nusa. Terungkap kalau pihak desainer merancang desan tersebut dari kekayaan khasanah Nusantara. Mulai dari air hingga kepulauan merupakan kekayaan khasanah Indonesia.

Dimana posisi kedua ditempati oleh desain dengan judul “The Infinite City”, sementara desan berjudul “Seribu Galur” harus puas berada diperingkat ketiga. Kemudian ketiga pemenang di atas,akan di ajak berkolaborasi untuk membangun Ibu Kota Negara.

Sebelumnya Joko Widodo (Jokowi) selaku Presiden Indonesia, secara resmi menyatakan bahwa Ibu Kota Negara akan dipindahkan. Dimana yang saat ini berada di Jakarta akan dipindah ke Kalimantan Timur. Tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menurut situs Construction Plus Asia mengungkapkan terkait profil dari Sofian Sibarani selaku pendiri dan Direktur dari Urban+. Perusaahan yang sukses memenangkan sayembara desain Ibu Kota Negara, ternyata baru berdiri pada akhir 2016 silam.

Urban+ sendiri merupakan sebuah perusahan yang bergerak di sektor perancangan desain ibu kota dan arsitektur. Tak hanya sebagai ahli desain perkotaan, Urban+ juga kerap membuat desain untuk pihak pemerintah dan swasta.

Pria lulusan S2 dari Pengembangan dan Desain Urban di Universitas New South Wales, Sydney, Australia. Sempat bekeraj sebagai desainaer di berbagai negara di dunia, mulai dari Singapura hingga Hong Kong.

Baru pada tahun 2016 silam, Sofian Sibarani memutuskan keluar dari salah satu perusahaan ternama di AECOM, Jakarta. Berbekal pengalaman yang ia milki, kemudian dirinya bersama tim mendirikan perusahaan bernama Urban+.

Deretah portofolio kerjasama peerusahaan Urban+ dengan pemerintah di Indonesia. Mulai dari Kota Bogor, Bandung, Kementerian Pekerjaan Umum, Dewan Perumahan Publik Indonesia (Perumnas) hingga bekerjasama dengan Green Building Council Indonesia.


Editor: Heru Setianto
Source Image: Urbanplus co id
Source: 
- situs Sekretariat Presiden
- constructionplusasia com/id/sibarani-sofian/
- linkedin com/in/sofian-sibarani-a21b78a/

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top