Biodata Nurhayati Subakat Si Pemilik Brand Wardah, Make Over, Emina, Putri

Nurhayati Subakat adalah seorang pengusaha wanita asal Indonesia, bergerak di bidang kosmetik dan kecantikan. Ia merupakan Founder dan CEO dari PT Paragon Technology and Innovation (PTI) peraih “Women Entrepreneur” di ASEAN Business Award (ABA) 2019.
Biodata Nurhayati Subakat Si Pemilik Brand Wardah, Make Over, Emina, Putri

Dr. (HC) Nurhayati Subakat Apt., adalah istri dari Subakat Hadi, meraih gelar doktor kehormatan (Honoris Causa) dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Alumni lulusan Farmasi ITB dikenal sebagai pendiri Wardah (1995), pelopor kosmetik halal di Indonesia.

Seperti diketahui PT Paragon Technology and Innovation, sebelumnya bernama PT Pusaka Tradisi Ibu. Perusahaan yang menaungi brand merek perawatan kulit dan kosmetik lokal terbesar nasional, mulai dari Wardah, Make Over, Emina, Putri dan IX.

Biodata Nurhayati Subakat Si Pemilik Brand Wardah, Make Over, Emina, Putri
Nama Lengkap: Nurhayati Subakat
Tempat Lahir: Kota Padang Panjang, Sumatra Barat
Tanggal Lahir: 27 Juli 1950
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama: Islam
Pendidikan:
- Sarjana Farmasi di Institut Teknologi Bandung (ITB) (1975)
- Profesi Apoteker di Institut Teknologi Bandung (ITB) (1976) 
Gelar: 
- Doktor Kehormatan (Honoris Causa) di Institut Teknologi Bandung (ITB) (2019)
Pofesi: Pengusaha Kosmetik, CEO, Filantropis
Akun Linkedin: -
Akun Instagram: -
Nama Pasangan: Subakat Hadi
Nama Anak: Salman Subakat, Harman Subakat, Sari Chairunnisa

Baca: Profil Putri Kuswisnu Wardani Si Pewaris PT. Mustika Ratu
   Biografi Muhammad Rachmat Kaimuddin Si CEO PT Bukalapak Com
   Biodata Adi Arriansyah Si Founder dan CEO Sagara Technology

Menurut situs resmi PT Paragon Technology and Innovation di Paragon-innovation Com. Mengungkapkan kalau salah satu brand kecantikan milik mereka berjargon “Wardah, Inspiring Beauty”.

Wardah menjadi pelopor dalam menciptakan sebuah produk kecantikan bersertifikat halal. Tak hanya Wardah, Perusahaan yang berkantor pusat di Jalan Swadarma Raya Kampung Baru IV No. 1, Jakarta.

Sukses membesarkan brand yang dikenal dengan jargon “Make Over, Beauty Beyond Rules”, yakni Make Over. Dan brand merek Emina, salah satu rangkaian lengkap produk perawatan dan kosmetik untuk kulit remaja dan wanita muda.

Dalam akun Instagram resmi milik PT Paragon Technology and Innovation di @paragon.id. Beberapa waktu yang lalu membagikan kabar bahagia, tak lain sang Founder sekaligu CEO mereka Nurhayati Subakat meraih penghargaan sebagai “Women Entrepreneur”.

Tepatnya dalam sebuah acara di ajang ASEAN Business Award (ABA) 2019 yang dihelat di Kota Bangkok, Thaliland pada 2 November lalu. Penghargaan yang telah diadakan sejak tahun 2007 tersebut dibentuk oleh Asean Business Advisory Council (BAC).

Menurut siaran pers kampus dari situs resmi ITB di itb.ac.id pada bulan Oktober 2019. Nurhayati Subakat berbagai kisah dalam mendirikan bisnis kosmetik di acara Inspiring Talk di Gedung Center of Research and Community Service (CRCS), ITB.

Lulusan Sarjana Farmasi ITB tahun 1975 tersebut, mengaku sering ditolak saat melamar pekerjaan. Meski dirinya kala itu wisuda dengan predikat lulusan terbaik. Berprofesi menjadi seorang apoteker di salah satu rumah sakit di Bandung, sempat ia lakoni.

Berbekal dari pengalaman di Wella Cosmetics (1975-1985), sebagai sebagai QC Manajer. Membuat dirinya berani menidirkan perusahaan PT. Pusaka Tradisi Ibu tahun 1985. Dimana yang menjadi brand pertama adalah Putri, salah satu haircare untuk professional salon. 

Meskipun produk tersebut laku di pasaran. Pada tahun 1990 silam, perusahaan miliknya mengalami musibak kebakaran. Hingga hutang melilit perusahaanya. Berbekal nasihat dari almarhum sang ayah, perlahan ia mulai bangkit hingga mendapat pinjaman.

Tepatnya salah satu brand andalan dari perusahaan Nurhayati Subakat lahir. Tepatnya Wardah lahir sekitar tahun 1995 silam, Meski saat krisis moneter pada tahun 1998, perusaah miliknya masih tetap bertahan.

Berkat keberanian Nurhayati Subakat memilik segmentasi kosmetik halal. Wardah menjadi market leader kosmetik di pasaran Indonesia. Bahkan brand Wardah sampai saat ini menjadi bahasan dalam Harvard Business Review.


Editor: Heru Setianto
Source Image: instagram/paragon.id/
Source:
- paragon-innovation [dot] com/brands
- instagram [dot] com/paragon.id/
- itb [dot] ac.id/news/read/57053/home/itb-beri-anugerah-doktor-honoris-causa-kepada-nurhayati-subakat
- itb [dot] ac.id/news/read/57275/home/cerita-nurhayati-subakat-dalam-menjalankan-bisnis-kosmetik

Posting Komentar