Biodata Pemilik Oploverz & Samehadaku Situs Anime Sub Indo

Oploverz adalah sebuah situs grup fansub asal Indonesia, dikenal sebagi salah satu website download anime subtitle Indonesia terbesar di tanah air. Oploverz diketahui dimiliki pria lulusan salah satu Universitas di Kota Solo, Jawa Tengah.
Foto, Berita, Profil dan Biodata Pemilik Oploverz & Samehadaku Situs Anime Sub Indonesia - www.heru.my.id
Pria yang kerap memakai nama inisial Hanung F Seiei tersebut, ternyata sempat mengambil jurusan Teknik Kimia di sebuah kampus ternama. Demi menjaga privasi dari pesaing berat situs Samehadaku, maka penulis merahasikan identitas pria tersebut.

Seperti diketahui Samehadaku adalah sebuah situs grup fansub asal Indonesia, dimana para penggemar dapat memberikan subtitle hasil terjemaah mereka. Tak hanya kedua situs di atas, Awsub hingga Anindo diakui sebagai legenda grup fansub di Indonesia.

Biodata Pemilik Oploverz Si Situs Anime Sub Indonesia, Pesaing Samehadaku
Nama Lengkap: -
Nama Populer: Hanung F Seiei
Tempat Lahir: -
Tanggal Lahir: -
Kewarganegaraan: Indonesia
Tempat Tinggal: Jawa Tengah
Agama: -
Pendidikan: Jurusan Teknik Kimia
Profesi: Subber, Freelancer
Akun Instagram: -
Situs Website: http://www.oploverz.in

Baca: Profil Lebah Ganteng & Pein Akatsuki Si Pahlawan Subtitle Indo

Menurut situs diskusi daring Ponimu com dalam beberapa artikel terungkap, kalau Anindo didaulat sebagai fansubber pertama yang sudah ada sejak tahun 2002 silam. Bahkan hingga saat ini terdapat sekitar 45 situs anime seperti Oploverz di Indonesia.

Terlepas dari legalitas dari fansub yang diambil dari serial anime Jepang ke bahasa Indonesia. Namun yang pasti, situs grup fansub di tanah air tak memperjualbelikan kepada para pennton di Indonesia.

Bahkan berkat para subber amatir pernerjemaah serial anime. Telah membuat popularitas dunia anime di tanah air. Tepatnya di pertengahan tahun 2000 silam, ketika internet mulai menjamur di pelosok nengeri.

Pada masa terebutlah, zaman dimana para fansubber mulai lahir. Hal tersebut berkat kemudahan mendapat raw file dari internet untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Berawal semangat untuk berbagi anime inilah, membuat para fansubber dinilai berjasa oleh para penggemar anime di Indonesia. Tercatat beberapa waraganet hingga media daring lokal, membuat diskusi terakit “Daftar Fansubber Terbaik di Indonesia”.

Berbeda dengan para pendahulunya, situs Oploverz dan Samehadaku baru terlahir sekitar tahun 2011-2012 an silam. Bahkan sampai saat ini, halaman page Facebook milik Oploverz disukai oleh setengah juta penggemar.

Baca: Bioografi Polo Si Pemilik Situs IndoXXI dan LK21 Barat di Tangkap

Hal yang sama juga sempat dimiliki oleh halaman page Facebook milik Samehadaku. Meski bebrapa waktu yang lalu, halaman page mereka sempat dihapus oleh pihak Facebook.

Menurut hasil pencarian di situs Internet Archive, terungkap bahwa situs Samehadaku dibuat pada awal tahun 2012.

Tampak situs pada saat awal hingga tampilan saat ini, telah banyak berubah. Tentunya dengan koleksi serial anime dan movie yang bertambah pula.

Seperti diketahui bersama kalau situs web streaming film ilegal terbesar di Indonesia yakni IndoXX1. Dalam laman situs mereka, berpamitan dan akan menutup semua layanan pertanggal 1 Januari 2020.

Dimana pengelola situs IndoXXI mengaku kalau pihaknya ingin memajukan industri kreatif di Indonesia. Hal tersebut membuat para penonton film dan serial televisi gratis, tak dapat menyaksikan secara gratis lagi di Internet.

Baca: Biodata Sofian Si Founder Urban+, Desainer Ibukota Baru Indonesia

Sebelumnya, situs seperti Indoxxi, Ganool, Dunia21, Lk21, Nonton Film memang telah diblokir di tanah air. Namun mereka kerap berpindah-pindah alamat situs, tak lain untuk menghindari razia dari pihak terkait.

Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengungkapkan akan menutup semua situs streaming film ilegal pada 2020.

Terbesit satu pertanyaan dari penulis terkait kasus di atas. Apakah situs seperti Oploverz dan Samehadaku juga akan mendapatkan peringatan dan perlakukan yanag sama di tahun mendatang?


Editor: Heru Setianto
Source Image: Logo Samehadaku & Oploverz
Source:
- Net (Jejak Digital)
- Indoxxi
- Internet Archive org
- Ponimu com/id/news/diskusi-anime-ponimu---samehadaku-fansub

Posting Komentar