Top 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia Terbaik

Destinasi Pariwisata Super Prioritas adalah sebuah program yang dibuat oleh pemerintah, bertujuan untuk memfokuskan percepatan dari 10 destinasi wisata prioritas. Pada awalnya hanya ada empat menjadi lima destinasi super prioritas.
Foto, Berita dan Daftar Top 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia Terbaik - www.heru.my.id

Tercatat kelima destinasi wisata tersebut yakni Borobudur, Mandalika, Danau Toba, Labuan Bajo dan Likupang. Dimana destinasi wisata Likupang yang berada di Sulawesi Utara, merupakan destinasi yang baru ditambahkan pada bulan Juli 2019 lalu.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah berkomitmen menjadikan Likupang masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk pariwisata. Hal tersebut diungkapkan oleh Olly Dondokambey, selaku Gubernur Sulawesi Utara kala itu.

Top 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia Terbaik 
1. Danau Toba di Sumatera Utara
2. Taman Wisata Candi Borobudur di Jawa Tengah
3. Mandalika di Nusa Tenggara Barat
4. Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur
5. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang di Sulawesi Utara

Bahkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah mempunyai strategi dalam pembangunan.

Mulai dari membangun beberapa hotel, restoran seta bebrapai pendukung wisata lain. Hingga membuat Bandara Sam Ratulangi untuk membuka rute penerbangan internasional.

Baca: Top 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Terbaik di Indonesia
   Top 125 Negara Terbaik di Dunia Untuk Investasi Tour & Wisata

Tak mau kalah dengan pembangunan dari destinasi Likupang, destinasi Mandalika di Lombok Tengah juga masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) KEK Pariwisata. Tercatat pada tahun 2021 mendatang, Mandalika akan menggelar ajang balap MotoGP.

Seperti diketahui 10 destinasi prioritas kerap disebut sebagai “10 Bali Baru”. Hal tersebut sesuai dengan amanat Presiden pada surat Sekretariat Kabinet No. B 652/Seskab/Maritim/2015, mengatur tentang kebijakan Pariwisata di Indonesia.

Menurut amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), 10 destinasi prioritas tersebut, mulai dari destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru serta Taman Nasional Wakatobi.

Kemudian destinasi wisata Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Pulau Morotai, Kepulauan Seribu, Tanjung Kelayang hingga pariwisata Tanjung Lesung.

Salah satu harapan dari pengembangan 10 Bali Baru tersebut. Tak lain demi mendongkrak pemerataan pariwisata yang ada di Indonesia. Selain itu tujuan dari program tersebut, diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja di sekitar destinasi prioritas di atas.

Namun demi mempercepat terselesainya program, maka pihak pemerintah mengambil kebijakan untuk membentuk 5 destinasi super prioritas. Maka pihak terkait tengah mempercepat pembangunan infrastruktur kelima destinasi tersebut.

Bahkan tujuan lain dari kelima destinasi super prioritas, yakni demi mencapai utilitas Bali Baru tersebut. Kemudian pariwisata Indonesia mampu bersaing dengan pariwisata negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Sebelumnya Wishnutama Kusubandio selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 
(Menparekraf). Mempunyai target pada tahun 2020 mendatang, kelima destinasi wisata super prioritas menjadi kebanggaan baru Indonesia di mata Internasional.

Baca: Top 50 Kota Wisata Kuliner Jalanan Terbaik di Dunia
   Biodata Sisi Asih Si Pramugari Mirip Raisa, Ratu Garuda Indonesia?

Seperti diketahui kalau mantan CEO dari NET TV tersebut resmi menjadi Menparekraf pada tanggal 23 Oktober 2019 silam. Kemudian jabatan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sendiri ditempati oleh Angela Tanoesoedibjo.

Wishnutama mengaku kalau pihak Kemenparekraf sendiri telah berkoordinasi dengan berbagai pihak demi tercapainya program 5 Bali Baru. Mulai dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kemendikbud, Menteri BUMN, Kepala BKPM sampai Kapolri. 

Tak hanya sebagai mengkoordinir, pihak Kemenparekraf sendiri akan bersifat mendukung dalam berbagai event pariwisata yang telah ada. Dirinya bersama dengan Angela Tanoesoedibjo akan memantau demi tercapainya target 5 Bali Baru di tahun 2020.


Editor: Heru Setianto
Source Image: Pixabay/Mikkinis
Source: 
- tripzilla id/destinasi-wisata-super-prioritas-indonesia/21238
- travel kompas com/read/2019/11/08/101101327/bikin-5-destinasi-super-prioritas-kebanggaan-baru-indonesia-ini-rencana

Posting Komentar