Home Invest

10 Destinasi Pariwisata Prioritas (10 DPP) adalah sebuah program terkait destinasi wisata yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata (Kemepar) Indonesia. Dengan tujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia Internasional.
Foto, Berita dan Daftar Top 10 Destinasi Pariwisata Prioritas di Indonesia Bali Baru Terbaik - www.heru.my.id

Seperti diketahui 10 DPP tersebut, seperti Taman Wisata Candi Borobudur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Wakatobi, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Pulau Morotai, Kepulauan Seribu, Tanjung Kelayang dan Tanjung Lesung.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2015 silam, telah menetapkan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. Dimana kesepuluh destinasi wisata tersebut dikembangkan dan dikenal dengan sebutan “Bali Baru”.

Daftar Top 10 Destinasi Pariwisata Prioritas di Indonesia Terbaik, Bali Baru

1. Danau Toba di Sumatera Utara
2. Tanjung Kelayang di Bangka Belitung
3. Tanjung Lesung di Banten
4. Kepulauan Seribu, Kota Tua di DKI Jakarta 
5. Taman Wisata Candi Borobudur di Jawa Tengah
6. Taman Nasional Bromo-Tengger–Semeru di Jawa Timur
7. Mandalika di Nusa Tenggara Barat
8. Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur
9. Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara
10. Pulau Morotai di Maluku.

Baca: Top 125 Negara Terbaik di Dunia Untuk Investasi Tour & Wisata
   Top 50 Kota Wisata Kuliner Jalanan Terbaik di Dunia Versi Travellers

Mulai dari pariwisata hingga infrastruktur akan menjadi wisata kelas dunia nantinya, 

Tujuan dari program tersebut, pihak pemerintah menginginkan. Deretan destinasi wisata di atas, dapat menjadi wisata kelas dunia. Dan berharpa mampu memikat para wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

Namun, Presiden Jokowi baru-baru ini telah resmi menetapkan “Lima Destinasi Super Prioritas”. Dari 10 DPP di atas, diambil empat destinasi yakni Borobudur, Danau Toba, Mandalika, serta Labuan Bajo.

Kemudian yang kelima adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang yang berada di Provinsi Sulawesi Utara. Pemilihan lima destinasi prioitas tersebut, demi mencapai tujuan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur tentunya.

Tak hanya itu tujuan lain menjadikan lima destinasi super prioritas, yakni demi mencapai utilitas Bali Baru tersebut. Kemudian pariwisata Indonesia mampu bersaing dengan pariwisata negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Terlepas dari terpilinya lima destinasi super prioritas di atas. Bali Baru merupakan harapan pemerintah sebagai salah satu sektor utama ekonomi nasional.

Demi mencapai tujuan tersebut, pihak Kementerian Pariwisata telah membuat Pusat Informasi Pariwisata atau Tourism Information Center (TIC). Dimana ITC tersebut telah ada di setiap sepuluh destinasi pariwisata prioritas tentunya.

Dengan adanya layanan tersebut, maka fungsi utama dari TIC untuk memberikan informasi terkait pariwisata kepada para wisatawan dapat tercapai.

Sebelumnya Hari Santoso Sungkari, selaku Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sempat mengungkapkan kalau TIC harus menampilkan ciri khas dari budaya lokal masing-masing. Hal tersebut demi memikat para wisatawan.

Tak hanya itu, TIC juga tengan mendesain arsitektur dari ITC dengan konsep “Alami, Modern dan Instagramable”. Bahkan beberapa waktu yang lalu, pihak Badan Ekonomi Kreatif sempat mengadakan Sayembara Desain Arsitektur ITC 2019.

Sementara total hadiah yang diberikan bagi pemenang Sayembara Desain Arsitektur tersebut mencapai sekitar Rp1,1 miliar. Kemudian Dewan juri dari Profesional Arsitek Indonesia kalau itu, seperti Yori Antar, Ary Indra dan Anneke Prasyanti.

Baca: Biodata Tom Liwafa Si Pemilik Brand Handmadeshoesby & Delvation

Seperti diketahui, saat ini sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk periode tahun 2019 sampai 2024 di temapati oleh Wishnutama Kusubandio. Mengantikan Menteri Pariwisata periode sebelumnya, yakni Arief Yahya.


Editor: Heru Setianto
Source Image: Pixabay/12019-12019
Source: Kemenpar [dot] go.id

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top