Home Sport

SSCN adalah singkatan dari Sistem Seleksi CPNS Nasional yang dipakai oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) di Indonesia. Sementara CPNS merupakan singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil, salah satu profesi paling diminati di tanah air.
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019, 2020, 2021 di SSCN BKN

Seperti diketahui sistem tersebut dapat diakses lewah situs resmi sscn.bkn.go.id. Beberapa tahapn yang harus dilalui oleh pelamar, sebelum akhirnya dinyatakan kompeten oleh BKN sebagai PNS. Menurut BKN terdapat lima langkah dalam tahapan seleksi CPNS tahun ini.

Mulai dari tahap pendaftaran online di SSCN BKN, mengikuti seleksi administrasi, melewati verikasi berkas asli, ikut ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) denganComputer Assisted Test (CAT) dan terakhir ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019-2020 di SSCN BKN, Terbagi Menjadi 14 Kantor Regional (Kanreg):

1. Kantor Regional I BKN Yogyakarta
2. Kantor Regional II BKN Surabaya
3. Kantor Regional III BKN Bandung
4. Kantor Regional IV BKN Makassar
5. Kantor Regional V BKN Jakarta
6. Kantor Regional VI BKN Medan
7. Kantor Regional VII BKN Palembang
8. Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin
9. Kantor Regional IX BKN Jayapura
10. Kantor Regional X BKN Denpasar
11. Kantor Regional XI BKN Manado
12. Kantor Regional XII BKN Pekanbaru
13. Kantor Regional XIII BKN Aceh
14. Kantor Regional XIV BKN Manokwari

Sementara nama-nama pelamar yang lulus seleksi administrasi CPNS dari semuan Kanreg akan diumumkan secara online. Dimana pelamar dapat dilihat disitus resmi SSCN BKN, situs Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ataupun situs instansi Kementerian terkait.

Baca: Profil Bernard Arnault Si CEO LVMH Orang Terkaya di Dunia
  Biodata Ziva Magnolya Si Finalis Terimut Ikut Indonesian Idol

Kemudian terkait kapan dan tanggal berapa pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS dirilis. Setiap instansi telah menjadwalkan secara jelas di surat pengumuman saat akan melakukaan pengadaan CPNS.

Maka untuk menghindari keterlambatan mengetahui hasil pengumuan, pelamar direkomendasikan tetap update memantau di situs resmi instansi yang dilamar.

Sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku, bagi pelamar yang saat pengumuman hasil Seleksi Administrasi. Dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi dapat memanfaatkan masa sanggah.

Pada masa sanggah tersebut, para pelamar yang namanya tak keluar. Dapat menggunakan waktu ini untuk melakukana sanggahan atau protes atas hasil seleksi administrasi yang didapat.

Dimana masa sanggah yang diberikan kepada pelamar, hanya berlaku selama tiga hari setelah pengumuman hasil seleksi administrasi. Kemudian dari pihak instansi sendiri dapat menjawab sanggahan, diberikan waktu dengan jangka waktu maksimal selama 7 hari.

Kemudain verikasi berkas asli untuk dikumpulkan oleh pelamar, juga akan akan diumumkan setelah tahap proses seleksi administrasi selesai. Baru kemudian pengumuan untuk melanjutkan ke tahap ujian tes SKD, hingga tes SKB.

Sebelumnya terdapat cara mengecek semua tahapan hasil dari CPNS di atas. Para pelamar direkomendasikan hanya melihat di situs SSCN BKN saja. Ataupun langsung lewat website resmi dari Intansi yang dilamar.

Seperti diketahui pada Sistem Seleksi CPNS Nasional tahun ini, cukup berbeda dengan tahun lalu. Mulai dari nilai ambang batas SKD yang turun. Hingga fitur melihat jumlah pelamar yang mendaftar di suatu formasi ditiadakan.

Sementara penghilangan melihat jumlah pelamar tersebut, sempat menjadi kontra dikalangan para pelamar. Menanggapai keluhan dari para peserta CPNS, pihak BKN menjamin akan trasparasi dari pengadaan CPNS tahun ini.


Editor: Heru Setianto
Source Image: Pixabay, Net
Source: bkn [dot] go.id/kantor-regional

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)

to Top