Home People

Veronica Koman adalah seorang pengacara sekaligus aktivis pegiat hak asasi manusia (HAM) asal Indonesia. Veronica merupakan wanita asal Medan lulusan Ilmu Hukum dari Universitas Pelita Harapan.
Biodata Veronica Koman Si Ativis HAM, Benarkah Jadi Provokator di Papua

Nama Veronica Koman dikenal sebagai pengacara yang aktif terkait isu pelanggaran HAM orang Papua sejak tahun 2014 silam. Bahkan ia dikenal sebagai salah satu orang yang mendukung akan rencana referendum hak penentuan nasib sendiri di Papua.

Veronica Koman sendiri tergabung dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Bahkan Namanya sempat dikenal luas. Saat ia turut menolak vonis bersalah atas penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tahun 2017.

Biodata Veronica Koman Si Ativis HAM, Benarkah Jadi Provokator di Papua?
Nama Lengkap: Veronica Koman
Tempat Lahir: Medan, Sumatera Utara
Tanggal Lahir: 14 Juni 1988
Kewarganegaraan: Indonesia
Tempat Tinggal: Kawasan Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat
Agama: -
Pendidikan: Sarjana Ilmu Hukum Universitas Pelita Harapan
Profesi: Pengacara, Aktivis HAM
Akun Twitter: https://twitter.com/veronicakoman
Akun Facebook: https://facebook.com/VeronicaKoman14
Akun Instagram: -
Nama Orang Tua: -

Baca: Profil Sahila Hisyam Si Model Fashionable Berdarah Arab-Pakistan
       Biografi Sukanto Tanoto Si Milyuner Founder Royal Golden EagleInvest
       Review Tokopedia vs Bukalapak vs Shopee vs Lazada vs Blibli vs JD.ID

Menurut catatan media, Veronica Koman dikenal sebagai wanita yang aktif sebagai aktivis HAM. Bahkan Veronica Koman sempat pergi ke sebuah forum di Jenewa, terkait kondisi HAM di Papua sekitar tahun 2017.

Hingga akhirnya pada akhir tahun 2018 lalu, Veronica Koman resmi menjadi advokat HAM dari Civil Liberty Defenders. Dan saat itulah, pengaruh Veronica Koman mulai didengar dunia internasional.

Media ternama The Guardian, bahkan sempat mewawancari Veronica Koman. Dimana media asal Inggris tersebut merasa ingin tahu terkait isu-isu di Papua.

Hasil wawancara tersebut dimuat dalam sebuah artikel berjudul “It opened my eyes’: the Indonesian woman fighting for West Papuan rights” rilis tanggal 28 April 2019.

Menurut media daring jpnn.com memberitakan, bahwa Veronica Koman telah masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO). Hal tersebut diungkapakn oleh Polda Jawa Timur, pada hari Jumat, 20 September 2019.

Selain itu pihak Polda Jawa Timur juga telah mengeluarkan red notice yang tersebar ke 190 negara di dunia. Dimana Veronica Koman dituduhan atas penyebaran hoaks insiden di sebuah Asrama Mahasiswa Papua (AMP) di Surabaya di JL. Kalasan, Surabaya pada 17 Agustus 2019.

Sebelumnya Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR). Mendesak agar pemerintah Indonesia, mencabut perkara yang dituduhkan kepada Veronica Koman lewat laman OHCHR, pada tanggal 8 September 2019.

Jauh sebelum dirinya resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian. Veronica Koman sendiri diketahui aktif membagikan postingan isu-isu HAM di akun media sosial miliknya. 

Mulai dari akun Twitter-nya di @VeronikaKoman, hingga akun Facebook di @VeronicaKoman14. Namun dari cuitan dan unggahan postingan inilah, yang membuat Veronica Koman harus berurusan dengan pihak berwajib.

Tampak dalam beranda di akun Facebook miliknya, hari ini tanggal 21 September 2019. Veronica Koman masih terang-terangan memasang foto cover mendukung atas kemerdekaan Papua. Dan menilai bahwa pemerintahan Indonesia telah menjajah, rakyat Papua.

Namun dari beberapa unggahan di postingan Facebook miliknya. Sebagian besar warganet asal Indonesia. Menloak keras atas pernyataan ia yang buat. Tak sedikit yang berkomentar negatif di setiap unggahannya tersebut.


Editor: Heru Setianto
Source Image: facebook [dot] com/VeronicaKoman14
Source:
- jpnn [dot] com/news/veronica-koman-masuk-dpo-diburu-di-190-negara
- mediaindonesia [dot] com/read/detail/257502-veronica-koman-membela-diri-terkait-pidatonya
- jawapos [dot] com/nasional/hukum-kriminal/12/05/2017/inilah-sosok-veronica-orator-yang-bikin-mendagri-marah-ternyata-dia/
- cnnindonesia [dot] com/nasional/20190904183112-20-427577/veronica-koman-dari-lbh-jakarta-ahok-hingga-aktivis-papua
- nasional.kontan [dot} co [dot] id/news/para-ahli-pbb-desak-indonesia-cabut-kasus-veronica-koman
- kompasiana [dot] com/arnoldasyeradoe/5d6f6cf90d823029a043ca82/mengejar-veronica-koman-tersangka-baru-provokasi-papua

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)