Home Invest

Sukanto Tanoto adalah seorang pengusaha dan Filantropi asal Indonesia pemilik Tanoto Foundation Corp Comms. Pria kelahiran tahun 1949 silam tersebut juga diketahui sebagai ketua dan pendiri dari Royal Golden Eagle (RGE) atau dikenal Raja Garuda Mas.
Biodata Sukanto Tanoto Si CEO dan Founder dari Royal Golden Eagle

Perusahan Royal Golden Eagle sendiri bergerak di lini bisnis. Mulai dari bisnis pulp dan kertas melalui Asia Symbol dan Asia Pacific Resources International Holding Ltd. Kemudian bisnis energi melalui Pacific Oil & Gas, dan lainnya termasuk Asian Agri serta Apikal di bisnis minyak kelapa sawit.

Sukanto Tanoto tercatat mempunyai sebagian besar lahan tanah di calon ibu kota baru Indonesia. Dimana lahan tersebut saat ini tengah ditempati oleh salah satu perusahaan miliknya, yakni Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Biodata Sukanto Tanoto Si CEO dan Founder dari Royal Golden Eagle
Nama Lengkap: SukantoTanoto
Tempat Lahir: Belawan, Sumatra Utara, Indonesia
Tanggal Lahir: 25 Desember 1949
Kewarganegaraan: Indonesia
Tempat Tinggal: Singapura
Agama: -
Pendidikan: -
Bahasa: Indonesia, Inggris, Mandarin
Profesi: Pengusaha, Filantropis
Jabatan: 
- Founder at Tanoto Foundation
- Founder and Chairman at RGE Pte Ltd
Penghargaan: Jing Hua Award, Dean's Medal
Akun Linkedin: https://www.linkedin.com/in/sukantotanoto/
Akun Twitter: https://twitter.com/sukantotanototf
Akun Halaman Facebook: https://www.facebook.com/SukantoTanoto/
Situs Website: https://www.sukantotanoto.net/, Indonesiasukantotanoto.net
Nama Istri: Tinah Bingei Tanoto
Nama Anak: Andre Tanoto, Imelda Tanoto, Belinda Tanoto, Anderson Tanoto

Baca: Profil Oliver Samwer Si Co-Founder & CEO Rocket InternetInvest
        Review Tokopedia vs Bukalapak vs Shopee vs Lazada vs Blibli vs JD.ID
        Biografi Ningsih Tinampi Si Dukun Sakti Punya 1 Juta Subscriber

Seperti dketahui bahwa pemerintah berencana untuk melakukan pemindahkan ibu kota Indonesia. Dari kota DKI Jakarta dipindahkan ke Kabupaten Penjam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Menurut media, konsesi lahan yang akan menjadi ibu kota baru tersebut. Dengan luas sekitar 6000 hektar adalah area perusahaan PT ITCI Hutani Manunggal (IHM). Dimana perusahaan tersebut menjadi pemasok RAPP milik Sukanto Tanoto.

Sukanto Tanoto sendiri tercatat sebagai orang terkaya nomor 50 di Indonesia pada athun 2018. Hal tersebut menurut situs majalah ternama Forbes yang semapt dirilis. Bahkan saat ini bulan September 2109, total kekayaan bersih Sukanto Tanoto USD 1.3 B.

Kekayaan yang dimiliki oleh Sukanto Tanoto berasal dari bisnis di pulp & kertas, minyak kelapa sawit, dan energi. Menurut majalah Forbres, ia adalah produsen dari Bracell yang biasa digunakan untuk memproduksi tisu bayi sampai es krim.

Menurutnya situs pribadi miliknya sukantotanoto.net, Sukanto Tanoto diketahui sebagai pendiri sekaligus Ketua dari RGE sekitar tahun 1973 silam. Saat ini perusahaan RGE berkantor pusat di Singapura.

Tercatat lewat kelompok pengusaha dibawah naungan RGE menjadi sebuah bisnis global dengan aset lebih dari USD 20 miliar.

Dimana filosofi panduan dari RGE sendiri, yakni didasarkan atas pendekatan “Triple Bottom Line People, Planet and Profit”. Maka RGE harus "baik untuk masyarakat, baik untuk negara, baik untuk iklim, baik untuk pelanggan dan baik untuk perusahaan".

Tak hanya itu Sukanto Tanoto ternyata aktif dalam Corporate Social Responsibility (CSR) serta Filantropi. Lewat Tanoto Foundation miliknya, Sukanto Tanoto Bersama sang istri Tinah Bingei Tanoto aktif dalam mengentaskan masalah sosial.

Mulai dari berusaha untuk memutus siklus kemiskinan antargenerasi. Dimana hal tersebut terdapat dalam program Tanoto Foundation. Yakni melalui program 3E, Education (Pendidikan), Empowerment (Pemberdayaan) dan Enhancement (Peningkatan).


Editor: Heru Setianto
Source Image: sukantotanoto [dot] net/images/sukanto_tanoto.jpg
Source:
- sukantotanoto [dot] net
- Indonesiasukantotanoto [dot] net
- linkedin [dot] com/in/sukantotanoto
- rgmi [dot] com/index.php/
- forbes [dot] com/profile/sukanto-tanoto/#6268ff0814a6
- rgei [dot] com/id/tentang-kami/kepemimpinan-kami/sukanto-tanoto
- cnbcindonesia [dot] com/market/20190919085344-17-100566/soal-lahan-ibu-kota-sukanto-tanoto-tunggu-rencana-pemerintah

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)