Home Invest

iPrice adalah salah satu situs website yang memberikan perkiraan harga produk kepada para penggunanya. Tak hanya memberikan perkiraan harga saja, iPrice juga sempat merilis beberapa laporan terkait petumbuhan e-Commerce di Indonesia.
Review Onlshop Terbaik Tokopedia vs Bukalapak vs Shopee vs Lazada vs Blibli vs JD.ID

Seperti diketahui bahwa geliat perkembangan industri e-commerce di Indonesia melaju pesat. Tercata tak hanya pemain lokal saja yang ikut bersaing merebut pangsa pasar tanah air. Marketplace lokal seperti Tokopedia dan Bukalapak tampak kewalahan dalam bersaing.

Menurut studi yang dirilis oleh iPrice, bersama dengan perusahaan analisis ternama.Tak lain adalah Similar Web dan App Annie. Dimana berkat kolaborasi ketiga perusahaan tersebut, didapatkan data terkait persaingan e-commerce di Indonesia Q1 pada tahun 2019.

Review Onlshop Terbaik Tokopedia vs Bukalapak vs Shopee vs Lazada vs Blibli vs JD.ID

Sebelumnya website resmi iPrice sendiri telah mengumpulkan beberapa data. Mulai data rataan jumlah pengunjung situs online shop (olshop) tersebut. Kemudian data terkait jumlah pengikut di media sosial mereka.

Tak hanya itu, data terkait posisi rangking aplikasi e-commerce tersebut juga dianalisa. Dan yang terkahir data tentang berapa jumlah tenaga kerja di industri mereka. Hasil dari laporan tersebut mampu gamabran terkait dinamika industri e-commerce di Indonesia.

Salah satu fakta yang menarik, diketahui bahwa Tokopedia dan Bukalapak. Tercatat sebagai e-commerce lokal terbesar, berdasarkan rataan kunjungan web bulanan.

Sesuai dengan prediksi, olshop Tokopedia menduduki posisi puncak. Dengan jumlah pengunjung bulanan website mencapai angka rataan 137.200.900 kunjungan per bulan.

Baca: Profil Oliver Samwer Si Co-Founder dan CEO Rocket Internet
      Biografi Ningsih Tinampi Si Dukun Hits Punya 1 Juta Subscriber

      Biodata Susanto Si Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia

Sementara olshop Bukalapak harus puas menempati peringkat kedua. Dimana Bukalapk hanya mampu meraih 115,256,600 kunjungan per bulan. Dan dengan kunjungan bulanan di web mencapai 74,995,300, membuat Shopee masuk peringkat ketiga.

Namun dari segi pengguna aktif bulanan di aplikasi mobile. Terungkap data yang menarik, dimana Shopee justru meraih posisi pertama. Baik penggunga menjungi Shopee melalui platform PlayStore ataupun AppStore.

Kemudian posisi kedua, ketiga dan keempat berdasarkan pengguna aktif bulanan rata di mobile. Berurutan mulai dari Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Semenatara e-commerce lokal Blili, hanya mampu menempati posisi ke lima.

Terlepas dari persaingan di industri e-commerce di Indonesia tersebut. Terdapat fakta yang menarik, dimana mayoritas investor utama perusahaan e-commerce adalah dari negeri China.

Dimana salah satu e-commerce terbesar di dunia, yakni Alibaba. Tercatat sebagai investor dari Tokopedia, Lazada serta AliExpress. Sementara investor dari China lain, yakni Tencent dan JD, juga tercatat sebagai investor utama di Shopee dan JD ID.

Hasil laporan yang dirilis oleh iPrice tersebut, dapat terlihat jelas akan pertumbuhan pesat ekosistem di sektor e-commerce dalam negeri.

Kemudian nama e-commerce lokal yang menyasar khusus elektronik, yakni Bhinneka menempati posisi pertama. Tercatat sebanyak 3,446,500 kunjungan web bulanan pada kuartal ini.

Sebenarnya tak hanya Bhinneka saja yang bermain di e-commerce khusus elektonik. Terdapa nama besar, seperti Electronic Solution, Electronic City, Laku6, Jakarta Notebook, PlazaKamera, Pemmz dan Pasarwarga.

Salah satu kejutan dalam laporan kali ini, dimana terdapat nama Sociolla mampu masuk ke deretan 10 besar e-commerce Indonesia. Seperti diketahui bahwa Sociolla secara khusus menyasar spesifikasi produk-produk kecantikan.

Masuknya Orami di posisi 7 besar di deretan e-commerce Indonesia, juga menjadi kejutan tersendiri. Dimana Orami sendiri, berada tepat di atas dari Sociolla. 


Editor: Heru Setianto
Source Image: iPrice
Source: iPrice

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)