Home Sport

Dr. Susanto, MA adalah seorang pegawai negeri di Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Ketua dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2017-2022. Susanto merupakan pria kelahiran Pacitan, Jawa Timur lulusan S3 di Universitas Negeri (UIN) Jakarta.
Biodata Dr. Susanto MA Si Ketua KPAI, PB Djarum, Tegur Gundala, Pelarangan Spongebob

Nama Susanto sendiri tengah hangat diperbincangkan media daring maupun cetak. Pria kelahiran 5 Mei 1978 tersebut menganggap audis PB Djarum telah mengeksploitasi anak. Terang saja dirinya dan KPAI mendapat kritikan pedas dari warganet.

Sebelumnya Susanto tercatat masih aktif menjalankan amanah sebagai Komisioner KPAI. Hal tersebut sesuai denga mandat dalam UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Dan amanah tersebut diangkat langsung oleh Presiden Republik Indonesia kala itu.

Biodata Dr. Susanto MA Si Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
Nama Lengkap: Dr. Susanto, MA
Tempat Lahir: Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
Tanggal Lahir: 5 Mei 1978
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama: Islam
Pendidikan:
- SD di Temon II Arjosari Pacitan
- MTs di Pondok Pesantren al-Fattah Kikil, Arjosari Pacitan
- MA di Pondok Pesantren al-Fattah Kikil, Arjosari Pacitan.
- S1 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo Jawa Timur (2003)
- S2 Konsentrasi Pendidikan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2007)
- S3 di Universitas Negeri (UIN) Jakarta (2016)
Profesi: Pegawai Negeri, Dosen

Jabatan:
- Ketua KPAI
- Ketua Departemen Pengembangan Kebijakan PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah ICMI Pusat (2015-2020)
- Wakil Ketua Lembaga Pendidikan Maarif PBNU (2015-2020)
Buku: Panduan Perlindungan Guru di Sekolah, Madrasah, dan Pesantren (2018)
Akun Twitter: -
Akun Instagram: -
Nama Istri: -

Baca: Profil Oliver Samwer Si Co-Founder dan CEO Rocket Internet
      Biodata Tiga Setia Gara Si Rocker Cantik Bertato Asal Indonesia
      Biografi Lingga Madu Si CEO dan Co-founder Sorabel atau Sale Stock

Seperti diketahui bahwa KPAI resmi didirikan pada 20 Oktober 2002 silam atas dasar hukum pendirian Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002. Sebagai Lembaga yang bersifat Independen, KPAI beralamat di Kantor pusat, Jl. Teuku Umar No. 10, Menteng, Jakarta.

Menurut situs website resmi KPAI yang beralamat di kpai.go.id, dapat diketahui terkait Struktur Lembaga tersebut. Dimana selain Dr. Susanto, MA menjabat sebagai Ketua, sementara Wakil Ketua diduduki oleh Rita Pranawati, MA.

Kemudian terdapat tujuh nama Anggota KAPI lain, mulai dari Ai Maryati Solihah, M.Si., Jasra Putra, M.Pd., Margaret Aliyatul Maimunah, M.Si., Putu Elvina, MM., Retno Listyarti, M.Si., Susianah, M.Si., dan Sitti Hikmawatty, M.Pd.

Menurut amanat Undang-undang, tujuan dari KAPI sendiri adalah dalam rangka meningkatkan efektifitas penyelenggaraan perlindungan anak. Kemudian KPAI juga dibentuk atas dasar hukum Keputusan Presiden Nomor 36/1990, 77/2003 dan 95/M/2004.

Dalam laman situs kpai.go.id terungkap bahwa Susanto saat menempuh Pendidikan S1 STAIN Ponorogo Jawa Timur. Dirinya mendapatkan predikat Lulus sebagai Wisudawan Terbaik. Predikat tersebut kembali diraih saat melanjutkan S2 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kabarnya Susanto sendiri memang sejak berstatus sebagai mahasiswa. Ia telah aktif menulis dan melakukan riset terkait pengarusutamaan hak anak dan pengarusutamaan gender.

Susanto juga tecatat aktif menjadi kontributor artikel di Majalah Media Perempuan. Dimana majalah tersebut yang memang diterbitkan oleh pihak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Susanto juga dikenal aktif dalam mengangkat isu-isu perlindungan anak. Mulai dari topik yang aktual, maupun topik yang di fenomenal. Baik diterbitkan di media cetak nasional, atapun media daring nasional.

Menurut Susanto yang menjabat sebagai Ketua KPAI, merasa bahwa aman yang diemban kepandanya. Tak hanya dimaknai sebagai panggilan tugas, tetapi sebagai panggilan jiwa. 
Maka demi kepentingan terbaik bagi anak, “ia mengaku akan selalu mendedikasikan waktu, energi dan jiwa untuk anak Indonesia”.


Editor: Heru Setianto
Source Image: kpai [dot] go [dot] id/komisioner
Source:
- kpai [dot] go [dot] id/komisioner
pascasarjana-ptiq [dot] ac [dot] id/dosen

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)

to Top