Home CaraPedia

Data Rollover adalah sebuah fitur layanan dari operator Indosat Ooreedoo yang memungkinkan para pengguna pascabayar IM3 Ooreedoo dapat menggunakan sisa kuota dari paket data sebelumnya. Pemakaian Data Rollover sendiri baru dapat dipakai pada periode berlangganan paket data berikutnya di semua jaringan 2G/3G/4G. Dengan demikian maka sisa kuota pada paket sebelumnya diakumulasikan pada paket data berlangganan terbaru.

Cara Menggunakan dan Memperpanjang Data Rollover IM3 Indosat Ooredoo yang Terhapus dan Hilang

Seperti diketahui bahwa hanya sisa kuota utama saja yang tidak terpakai, akan langsung diakumulasi menjadi Data Rollover. Sementara sisa kuota bonus seperti kuota paket malam atau kuota lokal tidak bisa diakumulasi. Namun Data Rollover senidiri juga tidak dapat dipakai atau hangus apabila paket data melewati masa aktif yang berlaku. Meskipun sisa kuota masih banyak sekalipun, secara otomatis Data Rollover akan hilang.

Sebelumnya para pelanggan IM3 Ooredoo dapat memakai dan menfaatkan fitur Data Rollover. Dimana pengguna tidak perlu melakukan aktifasi fitur tersebut, maka Data Rollover akan secara otomatis aktif. Namun seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa Data Rollover dapat diakumulasikan jika pengguna melakukan perpanjangan paket data. Baik mengisi ulang dengan paket yang sama atau membeli paket data yang kuota yang lebih besar.

Cara Menggunakan dan Memperpanjang Data Rollover IM3 Indosat Ooredoo

Selain memperpanjang paket data agar sisa kuota menjadi Data Rollover aktif dengan membeli paketan secara manual di konter terdekat. Pengguna juga dapat memakai kuota pulsa IM3 Indosat Ooredoo biasa, untuk berlanggana kembali data paketan tersebut. Namun dengan syarat bahwa pengguna masih mempunyai pulsa yang mencukupi.

Jika pulsa pengguna masih cukup, maka secara otomatis paketan berlangganan diperpanjang. Dan tentu saja sisa kuota sebelumnya akan terakumulasi. Namun sebaliknya, jika pulsa tak mencukupi untuk berlanggan paketan data sebelumnya. Maka secara otomatis sisa kuota sebelumnya gagal terkamuluasi, dan Data Rollover akan hilang atau hangus.

Baca: Cara Mengatasi dan Mengembalikan Pulsa IM3 Hilang Sendiri
         Daftar 38 Dompet Digital Resmi Terdaftar di Bank Indonesia
         Biodata Aldi Haryopratomo Si CEO Go-Pay dan Pendiri Mapan

Seperti yang diketahui bahwa jika nomor IM3 Indosat Ooredoo tidak terdaftar paketan data. Maka pengguna harus bersiap untuk mematikan data seluler di ponsel pintar. Pasalnya jika data seluler masih aktif, maka setiap pemakaian akses internet akan dikenakan tarif pulsa per KB. Dan tentunya pemberlakukan tarif pulsa tersebut cukup merugikan pengguna.

Salah satu pencegahan agar pengguna dapat mengantisipasi pulsa tersedot oleh akses internet. Maka pengguna haru sering melakukan pengecekan masa aktif dan sisa kuota paketan data. Pengguna dapat melakukan pengecekan masa aktif paketan internet dengan pesan singkat, cukup ketik di pesan "USAGE" kirim ke 363. Sementara pengecekan sisa kuota, ketik “STATUS” kirim ke 363.

Tak hanya itu beberapa sumber menyebutkan bahwa Data Rollover hanya berlaku pada pengguna yang terlah berlanggana paket data internet Unlimited, paket data internet Freedoom Combo dan paket data bulanan.  Kemudian kebijakan pihak Indosat Ooredoo menyatakan kalau batas maksimum data internet yang dapat diakumulasikan hanya 100GB saja.

Sementara masa aktif dari Data Rollover sendiri berlaku sampai dengan 12 bulan, namun jika telah melewati masa aktif maka akan direset ulang.  Sebelumnya fitur layanan Data Rollover dari pihak Indosat Ooreedoo sendiri, tercatat baru dirilis sekitar bulan Februari 2017 silam. Bahkan kala itu fitur Data Rollover yang dikenalakn di tanah air, tercatat baru kartu IM3 Ooreedoo saja yang merilis fitur tersebut.


Editor: Heru Setianto
Source Image: Pixabay
Source: indosatooredoo[dot]com/id/personal/data-rollover

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)

to Top