Home CaraPedia

IM3 Ooredoo adalah sebuah layanan seluler prabayar milik provider Indosat Ooredoo atau PT Indosat Tbk., (ISAT), tercatat sejarah sebagai operator pertama yang mendukung fitur GPRS, MMS dan Video Streaming di Indonesia. Dimana Indosat Ooredoo telah dimiliki oleh Ooredoo Asia Pte. Ltd., sejak menguasai 65 persen saham milik Indosat. Hingga akhrinya berganti identitas serta logo menjadi Indosat Ooredoo, tepat pada 19 November 2015 silam.


Cara Mengatasi dan Mengembalikan Pulsa IM3 Indosat Ooredoo Hilang Sendiri

Namun saat ini banyak pelanggan IM3 sering mengeluhkan atas kehilangan pulsa dengan sendirinya. Baik di ponsel biasa ataupun smartphone seperti Android dan IPhone. Hal tersebut sering diungkapkan para oleh netizen di sosial media, terkait pulsa IM3 Ooredoo yang sering tersedot atau berkurang misterius. Hingga banyak muncul pertanyaan dari netizen, “Mengapa pulsa IM3 Ooredo berkurang padahal tidak SMS, Telepon dan Internetan?”.

Seperti diketahui bahwa IM3 Oredoo merupakan salah produk dari Indosat Ooredo yang cukup diminati dan menjadi pilihan favorit oleh anak muda di Indonesia. Pasalnya IM3 Oredoo sering memanjakan para pengguna usia remaja. Mulai dengan tawaran harga paket SMS (pesan singkat), paket telepon dan paket internet terjangkau. Bahkan lebih murah dibanding kartu dari provider lain, semisal  seperti Telkomsel, 3 serta XL Axiata.

Cara Mengatasi dan Mengembalikan Pulsa IM3 Indosat Ooredoo Hilang Sendiri

Setelah ditelusuri dan diamati dari sekian kasus atas hilangnya pulsa oleh pengguna IM3 Ooredoo. Kebanyakan pengguna IM3 Ooredo tidak sadar bahwa dirinya tengah memakai layanan premium berbayar. Dimana nomor telepon mereka telah terdaftar secara otomatis di layanan tersebut. Baik terdaftar dengan tak sengaja menekan pilihan “YES” atau “REG”, ataupun karena ketidaktahuan dari pengguna menyetujui pilihan tersebut.

Sementara pihak Indosat Ooredoo sendiri tampak memberikan keleluasaan kepada para pihak ketiga itu. Dimana pihak ketiga tersebut tak lain adalah pemberi layanan premium penyedot pulsa. Selan itu pihak Indosat Ooredoo sendiri juga mengizinkan pihak ketiga tersebut mengiklankan layanan mereka. Baik lewat menu cek pulsa ataupun lewat tawaran SMS ke pengguna, seperti “Gratis Langganan Video K-Pop” atau “Gratis Update Ost Film”.

Catatan: Untuk menghindari paketan Internet hilang, tidak direkomendasikan bagi nomor telepon sedang terdaftar paket data memakai cara dibawah. Lebih baik dipraktekan saat paket data internet tengah nol atau habis saja.

Berikut ini Cara Gratis dan Ampuh Mengatasi Pulsa IM3 Indosat Ooredoo yang Terpotong Sendiri:

1. Solusi Ke-1 dengan Cara Lewat Panggilan Telepon di *185#
a. Pertama Buka aplikasi Telepon / Dialer
b. Kedua Ketik *185# lalu panggil
c. Ketiga Pilih 2. Layananku
d. Keempat Pilih 1. Layanku
*Jika keluar “Tidak ada berlangganan layanan” berati nomor telepon tidak terdaftar layanan premium berbayar manapun. Namun jika ada daftar berlangganan layanan, nah berarti disini lah penyebab pulsa anda habis. Lanjutkan ke tahap selanjutnya. 

e. Kelima Pilih O. Kembali
f. Keenam Pilih 2. Unreg SEMUA layanan
*Jika sudah menekan pilihan di atas, maka secara otomatis telah berhenti dari layan pihak ketiga yang nakal tersebut. Nanti akan ada SMS masuk ke kontak pesan yang berisi berhenti berlangganan.
Misal: “ Terima Kasih, Anda sudah berhenti berlangganan Video K-Pop. Untuk Kembali berlangganan, REG KPOP1 ke 97555. CS: 08510640234”
Atau “Terima Kasih. Kamu sudah berhenti dari layanan Video LOL MIC. Untuk kembali berlangganan, ketik REG LOLMIC sms ke 99979. CS: 0218291980 ”
Atau “Anda telah berhenti dari layanan GAME KEREN dari Cipta Mobile dengan tarif berlangganan Rp. 2200/sms 3 sms/minggu. CS: 085693185869”.

g. Selesai
*Kesimpulannya, cara di atas paling efektif dari sekian banyak cara yang akan di sebutkan di bawah. 

Baca: Daftar 38 Dompet Elektroni Resmi dan Berizin Edar di Indoensia
           Profil Aldi Haryopratomo Si CEO GO PAY Ketua Arisam Mak Mak
           Biodata Danu Wicaksana Si CEO LinkAja Muda dan Berkharisma

2. Solusi Ke-2 dengan Cara Lewat Panggilan Telepon di *123#
Untuk memakai dial *123# yang memang biasa dipakai untuk cek saldo pulsa dan cek paketan internet. Sementara pilihan berhenti berlangganan layanan berbayar pada dial *123#, tetap akan diarahkan ke ke nomor *185# juga. Silahkan ikuti tahapan pada cara pertama di atas, dari point pertama sampai keenam.

3. Solusi Ke-3 dengan Cara Lewat Panggilan Telepon di *726#
a. Pertama Buka aplikasi Telepon / Dialer
b. Kedua Ketik *726# lalu panggil
c. Ketiga Pilih 1. STATUS
*Maka akan keluar “Ada berlangganan layanan” berati nomor telepon memang terdaftar layanan premium berbayar pada daftar tersebut. Untuk berhenti, maka lajuk ke tahap selanjutnya.

d. Keempat Pilih O. Kembali
e. Kelima Pilih 2. STOP
* Dan secara otomatis, maka semua langganan berbayar akan dinonaktifkan oleh pihak Indosat Ooredoo.
f. Selesai

Catatan: Cara di atas sering terjadi gangguan “Error”, bahkan dari sekian kali mencoba cara tersebut sering gagal. Dimana gagal disini tepat pada point ketiga, jadi penggun tidak mengetahui “Apakah berlangganan layanan berbayar atau tidak” Kesimpulannya, cara di atas kurang efektif.

4. Solusi Ke-4 dengan Cara Lewat SMS ke 726
a. Pertama Buka aplikasi SMS / Pesan Singkat
b. Kedua Ketik UNREG
c. Ketiga Pilih Kirim ke 726
* Dan secara otomatis, maka semua langganan berbayar dihenatikan saat itu juga.
d. Selesai

Catatan: Cara di atas sering disarankan oleh operator Indosat Ooredoo dan para penulis di situs webiste mereka. Kemudian saat mencoba cara tersebut memang langsung ada balasan dan 726 berupa “Maaf, Anda belum berlangganan layanan apapun”.

Namun setelah memakai cara pertama di atas dengan memakai panggilan *185#, ternyata memang terdaftar sebagai layanan berlangganan premium. Kesimpulannya, cara di atas kurang efektif. Dimana SMS ke nomor 726 memberikan balasan pesan yang tidak akuran, dan terkesan membohongi pengguna.

5. Solusi Ke-5 dan Terakhir dengan Cara Lewat Kontak Resmi Customer Service Indosat Ooredoo
a. Hubungi Akun Twitter @IndosatCare atau @indosatooredoo
b. Hubungi Nomor Telepon Contact Center Indosat di 021-5438 8888
c. Hubungi Langsung di galeri Indosat Ooredoo terdekat

* Silahkan melakukan aduan komplain kepada CS resmi di atas, sebagai pengguna memang telah menjadi hak atas medapat pelayanan terbaik. Jelaskan secara singkat dan jelas perihal masalah pemotongan atau kehilan pulsa yang dialami. Termasuk apakah bisa untuk melakukan pengembalina pulsa yang hilang tersebut ke saldo pengguna.

Tambahan: Ternyata melakukan pemasangan (instalasi) aplikasi ilegal seperti, aplikasi mood (modifikasi) ataupun berbayar tetapi dibagikan gratis di internet. Terutama jika mengunduh di luar toko resmi Play Store misalnya untuk ponsel Android. Terbukti sering membawa malware untuk terdaftar di iklan layanan berbayar, bahkan tanpa perlu izin pengguna IM3 Ooredoo.


Editor: Heru Setianto
Source Image: Pixabay
Source: indosatooredoo[dot]com, Net

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)

to Top