Home Sport

Rebecca Alexandria H adalah seorang ballerina asal Indonesia, namanya mulai dikenal publik internasional setelah menjuarai beberapa ajang kompetensi bertaraf dunia. Rebecca Alexandria Hadibroto merupakan nama lengkap dari gadis keturunan Tionghoa, yang mampu mengahrumkan nama bangsa berkat hobi menekuni dunia balet. Pebalet yang saat ini berusia 12 tahun suskses meraih gelar mendali emas di ajang bergengsi Youth America Grand Prix (YAGP) 2019 di Lincoln Center, New York, USA.
Biodata Rebecca Alexandria H. Si Ballerina Terbaik Dunia Asal Indonesia

Sebelumnya Rebecca Alexandria H juga sukses meraih juara pertama di ajang yang sama yakni YAGP tahun 2018 di kategori termuda atau kategori pre-competitive untuk usia 9-11 tahun. Sementara di tahun ini Rebecca Alexandria H sudah masuk di kategori women junior untuk usia 12-14. Tercatat hanya dirinya adalah orang Indonesia pertama yang meraih juara di ajang kompetisi internasional tersebut.

YAGP sendiri adalah sebuah ajang kompetisi balet paling bergengsi dan terbesar di seluruh dunia, dimana acara tersebut biasanya dihelat di negara Amerika Serikat.  Seperti diketahui tak hanya Rebecca Alexandria H saja yang terpilih sebagai perwakilan Indonesia di YAGP 2019, terdapat dua balerina lain yaitu Ilona Tjahja dari Jakarta dan Freya Zaviera dari Surabaya. Rebecca Alexandria H merupakan didikan dari Marlupi Dance Academy di Tebet, Jakarta Selatan. 

Biodata Rebecca Alexandria H. Si Ballerina Terbaik Dunia Asal Indonesia
Nama Lengkap: Rebecca Alexandria Hadibroto
Tempat Tanggal Lahir: -
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama: -
Pendidikan: Marlupi Dance Academy
Profesi: Siswa, Atlet Balet
Prestasi: 
- GOLD Medalist YAGP NY FINALS 2019
- GOLD Medalist YAGP NY FINALS 2018
- Youth Grand Prix HOPE award 
- Gold Medalist Asian Grand Prix 
- GRISHKO FUTURE STAR 2019
Akun Instagram: https://www.instagram.com/rebeccaalexandriah/
Akun Twitter: -
Akun Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCgYOl4cpl9JxZBbgti_MwkQ
Nama Ayah: Irman Yanuar Hadibroto
Nama Ibu: Joe Shia

Baca: Pengertian Biodata Menurut Ahli dan Manfaat Membaca Kisahnya
           Biodata Sri Wahyumi Manalip Si Bupati Tercantik di Indonesia
           Muhammadiyah dan Astronom Arab: Awal Puasa  6 Mei 2019, NU?

Prestasi yang ia raih tak lepas dari sang guru, Claresta Alim. Nama Claresta Alim sendiri adalah cucu dari Marlupi Sijangga, pendiri Marlupi Dance Academy. Seperti diketahui bahwa YAGP adalah ajang kompetisi balet paling bergengsi di seluruh dunia. Dimana bagi peserta yang sukses menjuarai kompetisi tersebut, sebuah beasiswa untuk masuk di sekolah balet profesional akan ia dapat.

Seblumnya Rebecca Alexandria H saat membawakan sebuah tarian Harlequinade di beberapa event kompetisi balet. Dirinya suskses menyabet gelar jura, seperti di ajang Taiwan Grand Prix dan The Australian Teachers of Dancing dan. Hingga akhirnya ia menjadi peserta dan keluar sebagai pememang di semifinal YAGP 2019 di Taman Ismail Marzuki, jakarta.

Atas prestasi tersebut ia pun menjadi salah satu perwakilan peserta ballerina dari Indonesi di ajang YAGP 2019 di New York. Tak hanya berkat jasa dari sang guru, Claresta Alim saja yang membuat Rebecca Alexandria H harum di kancah dunia.  Terdapat guru lain seperti Putri Fifi Sijangga, artistic director dari Marlupi Dance Academy salah satunya.

Dimana berkat dari motivasi dan pengajaran dari belaiulah, Rebecca Alexandria H mampu tampil memukau pada semifinal YAGP 2019 di New York. Bahkan pada ajang tersebut Rebecca Alexandria H sukses masuk final dari 158 penari yang berasal dari 41 negara. Namun di ajang grand final, Rebecca Alexandria H harus bersaing dengan ketat melawan penari terbaik dari 37 penari lain.

Dan siapa sangka, nama wakil dari Indonesia yakni Rebecca Alexandria H keluar kembali sebagai peraih mendali emasi. Namun di kategori women junior, pada event YAGP tahun 2019. Saat ini Rebecca Alexandria H tengah fokus untuk mengikuti ajang Prix de Lausanne di Swiss. Namun sayang ia harus sambil terus berlatih, sampai dirinya berusia 15 tahun untuk dapat mengikuti ajang  balet untuk penari non-profesional tersebut.

Dalam sebuah wawancara didepan media, Rebecca Alexandria H menyebutkan bahwa Pebalet Svetlana Zakharova merupakan sosok pebalet yang menginspirasi dirinya menggeluti hobi tersebut. Salah satu fotografer senior dari media ternama luar neger bernama, Jordan Matter berhasil memwawacari  Claresta Alim dan Rebecca Alexandria H. 

Dan hasil dari wawancari tersebut berhasil didokumentasikan dalam sebuah video yang telah diunggah di Youtube berjudul "Indonesian Ballerina Overcomes Poverty to Win Huge International Competition (Emotional)".Dimana dalam video tersebut diceritakan bahwa Rebecca Alexandria H terlahir dari keluarga cukup sederhana. Namun berkat rasa cinta dengan tari, membuat Rebecca Alexandria H yang masih belum genap 3 tahun telah belajar menari.


Editor: Heru Setianto
Source Image: instagram[dot]com/rebeccaalexandriah/
Source: Youtube.com/Jordan Matter
             Coconuts[dot]co/jakarta/lifestyle/watch-story-unstoppable-indonesian-ballerina-overcame-poverty-win-usa-championship/

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)