Home CaraPedia

Ananda Hafidh Rifai Kusnanto adalah seorang pelajar asal Indonesia yang meraih nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan sempurna atau nilai rata-rata mencapai 100. Hafidh Rifai merupakan nama panggilan dari alumnus jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMAN 4 Surakarta, Jawa Tengah, yang telah diterima di Jurusan Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.


Biodata Hafidh Rifai Si Peraih Nilai 100 di UNBK, Nih Tips Belajarnya

Sebelumnya Hafidh Rifai sendiri sukses masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia tersebut, setelah ia lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dengan beasiswa Bidikmisi. Menurut media Hafidh Rifai merupakana anak pertama dari Ahmad Kusnanto (alm) dengan Supadmi. Dimana saat masih duduk di bangkus SMA dirinya sempat mengikuti ajang Lomba Astronomi di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017.

Seperti diketahui bahwa UNBK atau sering disebut Computer Based Test (CBT) merupakan sebuah sistem pelaksanaan ujian nasional (UN) dengan memakai media komputer. Hal tersebrbut berbeda dengan UN tahun-tahun sebelumnya, dimana dalam pelaksanaan selama ini masih menggunakan ujian berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT). Salah satu tujuan dari UNBK adalah untuk memetakan pendidikan di Indonesia.

Biodata Hafidh Rifai Si Peraih Nilai 100 di UNBK, Nih Tips dan Cara Belajarnya!
Nama Lengkap: Ananda Hafidh Rifai Kusnanto
Nama Panggilan: Hafidh Rifai
Tempat Lahir: Sukoharjo
Tanggal Lahir: 11 Oktober 2001
Kewarganegaraan: Indoensia
Tempat Tinggal: Desa Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo
Pendidikan: 
- SMA Negeri 4 Surakarta
- jurusan Teknik Elektronik, Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta
Pekerjaan: Siswa (Calon Mahasiswa)
Nama Ayah: Ahmad Kusnanto (alm)
Nama Ibu: Supadmi
Akun Instagram: -
Akun Facebook: -
Akun Twitter: -

Baca: Profil Budiarto Halim Si CEO PT Erajaya Swasembada Tbk.
          Biografi Leonika Sari Si Founder RedBlood Asal Surabaya
          Biodata Zhavia Ward Si Penyanyi ber-Tatto Duet Zayn Malik 

Saat di temui beberapa media, Hafidh Rifai sempat mengungkapkan terkait tips dan trik belajar selama ini. Bahkan kesuksesan dirinya hingga meraih nilai sempurna, tak lain adalah dari hasil usaha belajar dengan keras.

Dimana belajar dengan rutin serta memperbanyak latihan menjawab soal merupakan salah satu satu kuncinya. Sementara untuk belajar sendiri, Hafidh Rifai menyatakan bahwa dirinya menfaatkan waktu senggah.

Pelajar kelahiran Sukoharjo tahun 2001 tersebut mengaku memang menyukai akan mata pelajaran (Mapel) fisika. Dimana salah satu yang menarik dari Mapel Fisika adalah banyak ilmu hitungan atau matematis di dalam pelajaran tersebut.

Meskipun dirinya sempat meraih nilai sempurna saat UNBK, ternyata Hafidh Rifai tanpa ikut kursus bimbingan belajar sama sekali.

Sebelumnya pada hasil ujian nasional yang telah diumumkan oleh pihak terkait pada Senin, 13 Mei 2019. Dimana kala itu Hafidh Rifai setelah melihat hasil UNBK dirinya, langsung mengungguh surat hasil ujian miliknya di media sosial Instagram.

Tampak pada hasil jepretan postingan yang Hafidh Rifai unggah, masing-masih Mapel wajib Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris, serta Mapel jurusan peminatan Fisika mendapat nilai 100.

Beberapa kebiasan dari Hafidh Rifai yang menarik dari netizen dan  media daring. Ternyata Hafidh Rifai mengaku tidak pernah menonton televisi. Meskipun begitu, ternyata Hafidh Rifai masih mempunyai hobi mencari hiburan menonton anime di situs berbagi Youtube.

Bahkan dirinya mengaku kalau salah satu dari Wibu, para penggemar budaya Jepang. Ia juga meluangkan waktu membatu Ibunya, sebagi penjual mainan anak-anak di lingkungan SD. 


Editor: Heru Setianto
Source Image: Dok. Hafidh Rifai Kusnanto, facebook[dot]com/intisarionline/
Source: Ananda Hafidh Rifai Kusnanto
- unbk[dot]kemdikbud[dot]go[dot]id/tentang
- facebook[dot]com/intisarionline/
- Net

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)

to Top