Home CaraPedia

People search adalah sebuah istilah yang biasa dipakai dalam melakukan  pelacakan atau pencarian biodata seseorang di internet. Dan di internet sendiri telah tersedia People search engine yaitu sebuah situs website mesin pencarian dirancang khusus untuk mencari profil seseorang yang ada di internet. Beberapa datar situs berbasis pada informasi di Invisible Web tersebut, seperti PeekYou, Pipl, Social Mention, Wink People Search dan Zabasearch .
Cara Mudah Mencari Biodata Orang di Internet Tanpa Aplikasi

Meskipun situs seperti Pipl memang memiliki kelebihan dibandingkan dengan mesih pencari biasa seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex dan lainnya. Dimana People search engine mampu memfokuskan pada pencarian di situs media sosial, database profil samapi perayapan di mesin pencari umum. Namun dari kelebihan yang diberikan situs tersebut, terkadang hasil pencarian yang ditampilkan terkadang kurang akurat.

Menurut pendapat lain memakaian situs Invisible Web lebih mudah dibandingkan dengan situs pencarian umum. Namun paada dasarnya mendapatkan informasi data di internet, tergantung dari masing-masing pencari. Tak hanya itu profil  orang yang akif di media sosial, bahkan identitas dirinya lebih mudah di temukan dan diakses oleh siapa saja. Dan bagi sosok yang memang jarang atau tidak aktif di media sosial, masih dapat ditemukan. 

Cara Mudah Mencari Biodata Orang di Internet Tanpa Aplikasi

Pertama menurut penulis yang perlu di persiapakan adalah koneksi Internet untuk mendapat refrensi terkait sosok profil tersebut. Dan diawali dengan mengetikan nama profil tersebut di pencarian situs mesin pencarian nomor satu di dunia yakni Google com. Baik nama lengkap atau nama terkenal yang telanjur melekat pada dirinya. Dan jika orang tersebut termasuk sosok aktris atau tokoh terkemukan.

Baca: Cara Mudah Membuat Biodata yang Benar Sesuai Kaidah Berlaku
          Profil Hwang Wo-Joong Si Youtuber Ujung Oppa Jadi Mualaf
          Biodata Suthida Vajiralongkorn Si Ratu Permaisuri Baru Thailand

Maka dapat dipastikan pada hasil pencarian akan menampilkan biodata orang tersebut di situs besar seperti Wikipedia, Imdb, serta situs profil lain. Nah biasanya data yang disajikan akan di pubilkasikan secara lengkap, mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, pendidikan, pekerjaan, jabatan, kepercayaan, prestasi, orang tua, koneksi, hingga riwayat hidup.

Beda halnya dengan orang di cari memang bukanlah publik figur, seperti aktris, model, penyanyi, atlet, politisi, ataupun pemuka agama. Saat memasukan nama di situs pencarian seperti Google, pasti tak akan menemukan identitas secara lengkap. Dan tips memasukan kata kunci di mesin pencarian kali ini, dapat diterapakan pada kasus orang biasa atau masyarakat biasa.

Hal yang cukup penting yaitu mencari nama asli atau nama lahir dari orang tersebut. Jika sudah didapat tinggal lakukan pencarian di mesin pencari Google. Maka hasil pencarian tak akan menampilkan situs besar seperti Wikipedia, namun nama akun media sosial. Baik akun media sosial Facebook, Twitter, Instagram, Pinterset, Ask Me, Tumblr, Linkedin, dan lainnya.

Dan mulai menelusuri dalah satu dari akun media sosial yang masuk di phasil pencarian Google teratas. Maka lakukan pengecekan, apakah foto profil serta keterangan identitas sesuai dengan yang dicari. Jika ia, maka kita bisa melakukan pengambilan data. Mulai dari nama, tempat tanggal lahir,tempat tinggal serta kebiasaan orang tersebut. Baik mengambil dari biodata di akun media sosial, ataupun melihat satu perastu dari komentar di setiap postingan yang diunggah.

Dan masih belum bisa menemukan identitas asli dari orang tersebut lewat media sosial, maka dapat dipastikan bahwa orang tersebut memang tak aktif di jejaring sosial. Maka masih ada tips lainnya, yakni dengan masih dengan cara yang sama. Dengan memasukan nama asli di mesin pencarian Google, dan lihat pada hasil pencarian.

Biasanya pada baris berikutnya setelah akun media sosial, terdaftar beberap situs ataupun blog yang menampilakn nama orang tersebut. Dan biasanya nama mereka akan masuk dalam artikel yang memuat daftar nama siswa, datar nama mahasiswa, daftar nama karyawan, daftar nama pegawai, ataupun datar nama peserta.

Tinggal lakukan riset satu persatu situs daring tersebut, makan cari lah artikel yang memasng sesuai dengan sosok tersebut. Namun media daring pemberitaan adalah pemberi informasi identitas yang cukup akurat, Dibandingkan dengan situs blog yang memang ditulis berdasarkan keinginan penulis, bukan dari kode etik penulisan jurnalistik.

Dan setelah mengikuti beberapa langkah-langkah di atas masih belum didapatkan. Maka dalam memasukan kata kunci di mesin pencarian Google, bisa diganti dengan kontak email, nomor handphone, nomor telephone, alamat rumah, atau kartu identitas orang tersebut. 

Mulai dari Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan kartu anggota identias lain. Meskipun orang tersebut berusaha menutupi siapa identitas mereka, namun di jaman yang serba online di segala pelayanan publik saat sulit untuk menutup diri.


Editor: Heru Setianto
Source Iamge: Pixbay
Source: Heru Setianto

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)

to Top