Home CaraPedia

Biodata adalah sebuah riwayat hidup singkat, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Biodata dapat disebut juga dengan daftar riwayat hidup seseorang, yang bertujuan untuk menerangkan data diri sendiri atau data diri orang lain. Baik bermanfaat untuk kepentingan pribadi seperti mendaftarkan sekolah atau perguruan tinggi, mendaftar menjadi anggota organisasi, persyaratan lamaran pekerjaan atau hanya untuk memperkenalkan diri.

Cara Mudah Membuat Biodata Bahasa Inggris Dalam Hitungan Menit

Seperti diketahui bahwa biodata tak hanya menggunakan bahasa Indonesia saja. Terkadang juga beberapa biodata memang memakai bahasa asing, misalnya biodata bahasa Inggris salah satunya. Dan terkadang ada beberapa orang yang memang dituntuk untuk membuat biodata diri sendiri dalam bahasa Inggris. Namun tak semua paham akan penggunaan dan merangkai kosakata bahasa Inggris tersebut.

Sebenarnya membuat biodata dengan merangkai beberapa kalimat bahasa Inggris menjadi padu cukup mudah. Namun tentu saja memerlukan beberapa pengalaman dan keahlian tentunya. Sebelumnya dalam menulis biodata berbahasa inggris, bisa dimulai dengan mengisi formulir data diri seseorang. Setelah formulir profil identitas terisi penuh, maka tahap selanjutnya menyususun daftar riwayat hidup tersebut dalam bentuk paragraf atau narasi.

Cara Mudah Membuat Biodata Bahasa Inggris Dalam Hitungan Menit

Dalam menulis biodata dalam bahasa Inggris, sebenarnya memang tidak ada aturan baku. Namun dalam penulisan dengan mengikuti beberapa ketentuan, lebih baik dibanding tidak sama sekali. Beberapa ketentuan tersebut seperti, dengan memulai dari melengkapi formulir isian dengan data yang sebenar-benarnya. Kemudian merangkai setiap isian tersebut dalam bentuk sebuah cerita. Dan dalam penulisan sendiri harus mengikuti format penulisan yang baik.

Dimana indikasi format penulisan yang baik, yakni kalimat yang ditulis pada setiap paragraf dapat mudah untuk dibaca. Maka penulisan biodata sendiri memang lebih direkomendasikan agar tetap runtut dan jelas. Tak hanya itu, penggunaan tanda baca juga perlu diperhatikan. Mulai dari tanda komah (,) yang menandakan ada jeda pada sebuah kalimat, serta tanda titik (.) yang berarti akhir dari sebuah kalimat.

Baca: Cara Agar Biodata Diri di Internet Agar Direntas Orang Lain
          Cara Mencari Biodata Orang di Internet Tanpa Aplikasi
          Cara Membuat Biodata yang Benar Sesuai Kaidah Berlaku

Berikut ini Struktur Penulisan Biodata dalam Memakai Bahasa Inggris sesuai Kaidah Berlaku:

Name: [Nama]
Nick Name: [Nama Panggilan]
Place of birth: [Tempat Lahir]
Date of birth: [Tanggal Lahir]
Address: [Alamat Tempat Tinggal]
Nationality: [Kebangsaan]
Gender: [Jenis Kelamin]
Height: [Tinggi Badan]
Weight: [Berat Badan]
Religion: [Agama]
Marital Status: [Status Pernikahan]
Educational Background: [Latar Pendidikan]
Job Experience: [Pengalaman Kerja]
Language Known: [Bahasa yang Dikuasai]
Hobby: [Hobi]
Father’s Name: [Nama Ayah]
Mother’s Name: [Nama Ibu]
Phone number: [Nomor Telepon]
Email: [Alamat Surat Elektronik]
Link LinkedIn: [Tautan Akun Linkedn]
Link Facebook: [Tautan Akun Facebook]
Link Instagram: [Tautan Akun Instagram]
Link Website: [Tautan Situs Website]

Jika dalam membuat biodata untuk orang lain atau sosok aktris ternama. Maka dalam penulisan atau pemaparan biodata, wajib memakai sudut pandang orang ketiga. Dimana penulis sendiri bukan orang yang sedang ditulis, melainkan penulis hanya perwakilan untuk mengisahkan hidup orang lain. Kemudian tidak diperbolehkan memakai sudut pandang orang pertama seperti kata “saya” pada setiap paragraf.

Namun harus memakai orang ketiga, seperti “ia”, “dia”, “mereka”, “belaiu” dan lainnya. Dan terkahir menulis biodata lebih baik memakai bahasa yang sederhana. Hal tersebut akan memberikan kesan baik untuk para pembaca. Dan tidak direkomendasikan dalam menulis biodata, dibuat dengan penulisan yang berputar-putar. Namun menyajikan data yang lebih relevan saja dalam penulisan biodata sudah lebih dari cukup.


Editor: Heru Setianto
Source Image: Pixaby
Source: azbahasainggris[dot]com/cara-menulis-biodata-bahasa-inggris
             sederet[dot]com/tutorial/contoh-biodata-dalam-bahasa-inggris/

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)