Home CaraPedia

BAN-PT adalah kepanjangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, yaitu sebuah lembaga akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI). Salah satu utama dari BAN-PT adalah sebagai badan akreditasi yang mempunyai kewewenangan untuk melaksanakan sistem akreditasi nasional pada seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia, terutama bagi yang tidak mempunyai Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).
Cara Mudah Cek Status Akreditasi Program Studi dan Kampus di Situs BAN-PT

Baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Agama (PTA), Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) serta institusi lain yang diakui oleh pemerintah. Sementara status akreditasi perguruan tinggi tersebut, dapat diketahui secara langsung (online) dengan mengakses laman resmi milik BAN-PT. Dimana pemberian akreditasi untuk setiap kampus terbagi menjadi dua, pertama untuk institusi perguruan tinggi itu sendiri dan kedua untuk program studinya.

Seperti yang diketahui di Indonesia telah berdiri berbagai jensi perguruan tinggi, mulai dari berstatus Universitas, Insitut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi. Dan dari sekian perguruan tinggi tersebut mendapat peringkat dari A, B dan C, sesuai dengan penilaian akhir dari BAN-PT. Dimana peringkat akreditasi yang diraih oleh perguruan tinggi tersebut menjadi gambaran akan kualitas perguruan tinggi itu.

Cara Mudah Cek Status Hasil Akreditasi Perguruan Tinggi di Indonesia Menurut BAN-PT:
1. Masuk ke situs website resmi BAN-PT di https://banpt.or.id/
2. Pada bagian kanan situs pilih panel “Direktori”, kemudian pilih menu “Institusi” atau bisa langsung kiln link berikut https://banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi.php
3. Pada bagian tabel pojok kiri atas “Perguruan Tinggi”, masukan nama institusi yang ingin di lakukan pengecekan, misalnya ketik nama kampus “Universitas Ngudi Waluyo”
Cara Mudah Cek Status Hasil Akreditasi Perguruan Tinggi di Indonesia Menurut BAN-PT


4. Maka dalam hitungan kurang dari sedetik akan tampil status akreditasi Institusi tersebut, mulai dari  “Perguruan Tinggi”, “Peringkat” “Nomor Surat Keputusan”, “Tahun Surat Keputusan”, “Wilayah”, “Tanggal Daluarsa” dan “dan “Status Daluarsa”.
5. Selsai, mudah bukan.

Baca: Biodata Didit Hediprasetyo Si Putra Tunggal Prabowo Subianto
           Daftar 14 Bank Syariah dan 20 Unit Usaha Syariah Terdaftar OJK

           Daftar 7 MLM Syariah di Indonesia Bersertifikat DSN-MUI

Sementara Cara Cek Status Hasil Akreditasi Program Studi di Indonesia Menurut BAN-PT:
1. Masuk ke situs website resmi BAN-PT di https://banpt.or.id/
2. Pada bagian kanan situs pilih panel “Direktori”, kemudian pilih menu “Program Studi” atau bisa langsung kiln link berikut https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php
3. Pada bagian tabel pojok kiri atas “Perguruan Tinggi” dan “Program Studi”, masukan nama institusi dan program studi yang ingin di lakukan pengecekan, misalnya ketik nama kampus “Universitas Diponegoro” dan prodi “Keperawatan”.
Cara Cek Status Hasil Akreditasi Program Studi di Indonesia Menurut BAN-PT


4. Maka dalam hitungan kurang dari sedetik akan tampil status akreditasi program studi di Institusi tersebut, mulai dari  “Perguruan Tinggi”, “Program Studi”, “Strata”, “Wilayah”, “No. SK”, “Tahun SK”, “Peringkat”, “Tanggal Daluarsa” dan “Status Daluarsa”.
5. Selsai.

Sebagai tambahan untuk mempermudah dan mendapatkan hasil pencarian perguruan tinggi lebih spesifik, maka dapat langsung memilih nomor pada bagian tabel “Wilayah”. Dimana nomor tersebut mulai dari angka satu (1) sampai dengan angka empat belas (14). Seperti yang diketahui wilayah perguruan tinggi di Indonesia dibagi menjadi 14 wilayah dari 34 Provinsi.

Berikut ini Pambagian Perguruan Tinggi kedalam 14 Wilayah di Indonesia:
1. Wilayah I di Medan (Sumatera Utara)
2. Wilayah II di Palembang (Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung)
3. Wilayah III di Jakarta (DKI Jakarta)
4. Wilayah IV di Bandung (Jawa Barat, Banten)
5. Wilayah V di Yogyakarta (DI Yogyakarta)
6. Wilayah VI di Semarang (Jawa Tengah)
7. Wilayah VII di Surabaya (Jawa Timur)
8. Wilayah VIII di Denpasar (Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur)
9. Wilayah IX di Makassar (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo)
10. Wilayah X di Padang (Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kepulauan Riau)
11. Wilayah XI di Banjarmasin (Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara)
12. Wilayah XII di Ambon (Maluku, Maluku Utara)
13. Wilayah XIII di Aceh (Aceh)
14. Wilayah XIV di Papua, (Papua, Papua Barat)

Setelah melakukan langkah-langkat di atas, maka dapat mengetahui status akreditasi perguruan tinggi dan program studi di kampus tersebut. Dan pihak kampus tidak bisa menyembunyikan terkait akreditasi yang telah diberikan oleh pihak BAB-PT kepada mereka. Biasanya tutorial tersebut dapat dipakai oleh para calon mahasiswa, agar dapat lebih bijak dalam memilih program studi di perguruan tinggi yang terbaik.

Kemudian terkait cara mendapatkan Surat Keterangan Akreditasi BAN PT di program studi di institusi masing-masing. Biasanya pihak kampus atau Bidang Administrasi Akademik Kamus  (BAAK) yang bertugas menyiapkan sertifikat tersebut. Dan pihak yang berkepentingan dapat langsung menemui ke kantor BAAK. Jika tidak maka pihak kampus biasanya telah mempublikasikan surat tersebut dalam file dokumen pdf di website resmi kampus mereka untuk diunduh.


Editor: Heru Setianto
Source Image: Heru Setianto
Source: banpt[dot]or[dot]id/direktori/institusi/pencarian_institusi.php
             banpt[dot]or[dot]id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)