Cara Merawat Kulit Secara Alami dan Aman dengan Susu Kambing Velvy

Cara Merawat Kulit Secara Alami dan Aman dengan Susu Kambing Velvy

Susu adalah salah satu bahan alami kecantikan yang dipercaya sejak dahulu untuk perawatan kulit wajah dan tubuh. Dimana penggunaan susu sebagai bahan utama dalam produk kecantikan mulai mudah ditemui di pasaran secara legal. Mulai poduk berbahan dasar susu sapi hingga susu kambing. Meskipun penggunaan susu kambing masing belum populer, namun para ahli malah lebih merekomendasikan susu tersebut. Kabarnya susu kambing sendiri kaya akan vitamin dan nutrisi yang merupakan salah satu rahasia cara mendapatkan kulit putih, lembut dan sehat.
Cara Merawat Kulit Secara Alami dan Aman dengan Susu Kambing
Cara Merawat Kulit Secara Alami dan Aman dengan Susu Kambing Velvy/ Foto Iustrasi: Pixabay

Menurut Journal of Nutrition and Health Sciences di situs Annex Publishers mengungkapkan bahwa kambing mampu menghasilkan susu dengan kualitas dan nilai gizi yang tinggi dibandingkan hewan lainnya. Penelitian tersebut dilakukan oleh Getaneh G.  dari Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Gondar, Ethiopia mengungkapkan bahwa susu kambing adalah salah nutrisi yang penting bagi manusia dan direkomendasikan bagi yang mengalami alergi, maupun senstif terhadap susu sapi ataupun susu dari hewan lain.

Sebelumnya dr. Fadila Zitria selaku dokter kecantikan dari NMW Skin Care sempat mengungkapkan kepada media bahwa kandungan Asam laktat yang ada di dalam susu kambing mampu meregenerasi kulit serta menghilangkan kulit mati. Faktanya produk kencantikan dari ekstrak susu kambing seperti body scrub, body lotion, body wash, sabun mandi dan lulur semakin dimintai konsumen. Hal tersebutlah membuat pabrikan Vevy asal Malaysia memproduksi produk kecantikan dari bahan susu kambing terbaik dari Belanda seperti Lotion susu kambing dan Sabun susu kambing.


Cara Merawat Kulit Secara Alami dan Aman dengan Produk Kosemtik Vevy dari Susu Kambing


Dalam situs webs resmi Vevy di velvybeauty com menyatakan bahwa produk mereka memiliki pH seimbang yang membuat nutrisi mudah diserap oleh kulit, kemudian seritifikat Halal dari pihak terkait di Malaysia telah didapat. Selain menjamin produk mereka aman dipakai serta terbebas dari bahan gluten (penyebab alergi) dan paraben (pencetus kanker).  Perusahaan tersebut juga menjamin produk mereka bebas dari SLS atau Sodium Lauryl Sulfate (penyebab iritasi dan kemerahan pada kulit). 

Hasil dari penelitian dari Getaneh G. juga membuktikan bahwa susu kambing ternyata kaya akan nutrisi yang penting untuk manusia. Dimana dalam susu kambing mengandung lemak, protein, laktosa, vitamin, enzim dan garam mineral. Bahkan nilai gizi dan nutrisi dari susu kambing lebih besar dibandingkan dari hewan penghasil susu lainnya. Misalnya di dalam susu kambing mengandung 25% lebih banyak vitamin B6, 47% lebih banyak vitamin A dan 13% lebih banyak kalsium dibandingkan dengan susu sapi.

Menurut penelitian lebih lanjut menyatakan bahwa susu kambing lebih mudah dicerna daripada susu sapi. Hal tersebutlah yang membuat susu kambing  menjadi alternatif utama selain susu sapi. Susu kambing terbukti memiliki banyak manfaat lain, seperti sebagai terapi untuk gangguan pencernaan, muntah, kolik, diare, sembelit dan masalah pernapasan pada manusia. Sementara untuk kecantikan, susu kambing menurut situs Velvy, bermanfaat untuk pelembab bagi kulit, pencerah kulit dan antioksidan yang baik untuk kulit. 

Namun dr. Fadila Zitria sempat mengingatkan bahwa penggunaan susu kambing untuk perawatan kuliit, sebaiknya tak dipakai ke kulit secara langsung. Pasalnya pemanfaatan susu kambing untuk perawatan kecantikan sendiri harus melewati proses ekstraksi yang panjang dan lama. Mulai dari proses pemanasan suhu harus sekitar 65 derajat, hingga teknik lain agar menjaga nutrisi susu kambing tidak hilang. Hal inilah yang membuat pengguna yang ingin mencoba perawatan kulit dengan susu kambing, harus jeli memilih dan membeli produk kencantikan yang terpercaya dan aman.

Selain itu pengguna juga tak disarankan untuk langsung mengoleskan produk kecantikan ke kulit wajah ataupun tubuh. Dimana para ahli lebih menyarankan untuk melakukan tes kecocokan atau tes alergi terlebih dahulu kepada kulit pengguna. Sebelumnya cara melakukan tes kecocokan tersebut, yakni dengan mengoleskan produk ke bagian tertentu saja. Dan para ahli merekomendasikna untuk mengolesakan ke bagian lengan dalam, dan ada pula yang merekomendasikan di belakang telinga sudah cukup.

Kemudian tunggu dan lihat adakah reaksi ketidak cocokan pada kulit, seperti kemerahan, gatal atau terasa panas. Jika tidak ada tanda-tanda tersebut, maka produk kecantikan tersebut aman untuk dipakai. Seperti yang diketahui bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Dan pengetesan tersebut seharusnya di lakukan bagi penguna yang memang baru pertama kali mencoba produk kecantikan. Baik produk kecantikan tersebut berbahan dasar alami seperti susu sapi atau susu kambing, maupun produk yang berbahan dasar kimia.


Editor: Heru Setianto
Source Image Ilst.: cdn.pixabay.com/photo/2017/09/21/07/47/girl-2771001__340.jpg, velvybeauty com
Source: annexpublishers.co/articles/JNH/3401-Review-on-Goat-Milk-Composition-and-its-Nutritive-Value.pdf
       velvybeauty.com/category-body/goats-milk-body-lotion/
        instagram.com/nmwskincare/

Baca: