Daftar 10 Broker Lokal Syariah di Indonesia Bersertifikat Menurut DSN-MUI

Daftar 10 Broker Lokal Syariah di Indonesia Bersertifikat Menurut DSN-MUI

Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) adalah sebuah lembaga yang dibentuk dalam rangka penerapan ajaran Islam (syariat Islam) dalam bidang perekonomian/keuangan di Indonesia. Selain itu DSN-MUI menjadi tempat koordinasi para ulama dalam menanggapi berbagai isu terkait masalah/kasus ekonomi yang memerlukan fatwa, terutama dari para Dewan Pengawas Syariah (DPS) di lembaga syariah.
Daftar 10 Broker Lokal Syariah di Indonesia Bersertifikat Menurut DSN-MUI
Daftar 10 Broker Lokal Syariah di Indonesia Bersertifikat Menurut DSN-MUI/ Foto Ilustrasi: Pixabay

Dewan Pengawas Syariah (DPS) adalah suatu dewan yang didirikan untuk mengawasi kegiatan operasi bank Islam agar sesuai dengan prinsip syariah serta prinsip muamalah dalam Islam. Tanggung jawab dari DPS sendiri mulai dari mengawasi produk dan jasa yang ditawarkan bank kepada nasabah, kemudian investasi ataupun proyek dengan siapa bank bekerjasama diizinkan oleh syariah, dan terakhir adalah manajemen bank itu sendiri yang harus didasari prinsip-prinsip syariah.

Seperti yang diketahui bahwa bank konvesional memiliki perbedaan dengan bank syariah, dimana salah satunya yaitu bank syariah terdapat DSN dan DPS. Bahkan setiap perusahaan perbankan syariah wajib mempunyai DPS, terutama DPS yang memang kompeten dibidang perbankan syariah. Dan salah satu tugas utama DPS yaitu sebagai pengawas di masing-masing Lembaga Keuangan Syari'ah (LKS) yang bersangkutan, dimana penempatan atas persetujuan DSN menurut Surat Keputusan DSN No. 3 tahun 2000. 

Daftar 10 Broker Lokal Syariah di Indonesia Bersertifikat Menurut DSN-MUI, beserta Nama Produk dan Masa Belaku:
1. PT MNC Securities (MNC Trade Syariah) - 11 Mei 2019
2. PT Panin Sekuritas (Tbk POST Syariah) - 26 Mei 2019
3. PT BNI Securities (eSmart Syariah) - 01 Juni 2019
4. PT Henan Putihrai (HPX Syariah) - 20 Juni 2019
5. PT Mandiri Sekuritas (MOST Syariah) - 13 Oktober 2019
6. PT Phillip Securities Indonesia (POEMS Syariah) - 13 Oktober 2019
7. PT Phintraco Sekuritas (Profits Syariah) - 05 Januari 2020
8. PT Indo Premier Sekuritas (IPOT Syariah) - 24 Januari 2021
9. PT RHB Sekuritas Indonesia (RHB Tradesmart ID Syariah) - 19 Maret 2021
10. PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia (HOTS Syariah) - 12 Maret 2022

Baca: Daftar 17 Saham Blue Chips dari 45 Saham Indeks LQ45 Pada BEI
           Daftar 10 Broker Lokal Resmi TERktif di Indonesia Menurut PT KBI
           Daftar 60 Broker Terdaftar dan Legal di Indonesia Menurut Bappebti

Seperti yang diketahui dari situs resmi DSN-MUI di dsnmui or id disebutkan hanya ada sepuluh perusahaan Online Trading Syariah (OTS) yang resmi mendapatkan sertifikat kesesuaian syariah dari DSN-MUI. Dan dari sekian banyak perbankan di Indonesia, jumlah tersebut terhitung masih sedikit. HOTS Syariah merupakan salah satu produk dari PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang mendapat sertifikat tersebut, sesuai dengan nomor sertifikat: 003.80.02/DSN-MUI/III/2019 yang berlaku hingga 12 Maret 2022 mendatang.

Sebelumnya DSN-MUI memiliki banyak kewenangan di perbankan syariah, salah satunya seperti memberikan peringatan samapai membekukan dan/atau membatalkan sertifikat Syariah bagi LKS, LBS, dan LPS lainnya yang melakukan pelanggaran. Selain itu DSN-MUI juga berwenang untuk menyetujui atau menolak permohonan LKS, LBS, dan LPS lainnya dalam pengusulan penggantian dan/atau pemberhentian DPS pada lembaga yang bersangkutan.

Dimana fungsi utama DSN sendiri sebagai dewan yang mengawasi produk-produk LKS agar sesuai dengan syariah islam, tak hanya mengawasi bank syariah saja tetapi juga lembaga-lembaga lain. Mulai dari produk perbankan seperti asuransi, reksadana, modal ventura dan produk lainnya. Apabila ada sebuah LKS tidak mematuhi atau tak sesuai dengan aturan syariah, makan pihak DSN dapat mengusulkan kepada Bank Indonesia (BI) dan Departemen Keuangan untuk memberikan sanksi kepada perusahaan tersebut.


Editor: Heru Setianto
Source Image: pixabay[do]com
Source: dsnmui[dot]or[dot]id/kami/sekilas/
             dsnmui[dot]or[do]id/sertifikasi/senarai-perusahaan-ots/
             kompasiana[dot]com/navirtaayu/5a58a6abf133440bf06e23a3/dunia-perbankan-syari-ah-mengapa-adanya-dsn-dan-dps?page=al

Baca: