Home People

Anthony Tan adalah seorang pengusaha asal Malaysia sekaligus CEO dan pendiri dari perusahaan GrabTaxi Holdings Pte. Ltd. pada bulan Juni 2012 bersama Tan Hooi Ling. Anthony Tan merupakan pria lulusan dari Harvard Business School Amerika Serikat, yang juga teman dari Nadiem Makarim, pendiri Go-Jek. Saat ini keduanya justru menjadi pesaing sebagai penguasa di kawasan Asia Tenggara, rivaitas Gojek Vs Grab pun akhirnya terbangun. Namun perusahaan Grab dengan value perusahaan mencapai lebih dari USD 10 miliar resmi menjadi  "decacorn" pertama di kawasan Asia Tenggara.
Biodata Anthony Tan Si Co Fouder dan CEO Grab Asal Malaysia
Biodata Anthony Tan Si Co Fouder dan CEO Grab Asal Malaysia/ Foto Iustrasi: instagram[dot]com/anthonytanpy/

Menurut situs detik com, Anthony Tan menyatakan bahwa inspirasi membangun startup Grab, berawal dari keluahan seorang teman yang mengalami kesulitan memesan taksi di Malaysia. Hal tersebutlah yang menjadi ide awal dalam membuat layanan pemesanan taksi berbasis aplikasi diberi nama MyTeksi. Kemudian sampai tahun 2012 nama MyTeksi, berganti nama dengan GrabTaxi. Dan ada akhirnya, mulai berubah nama kembali menjadi Grab. Bahkan demi fokus mengembangkan perusahaan tersebut, ia rela meninggalkan posisi Kepala Marketing di perushaan Tan Chong Motor Holdings.

GrabTaxi Holdings Pte. Ltd. adalah sebuah perusahaan teknologi milik pribadi yang berbasisi di Singapura, begerak dibidang angkutan, pengiriman (perdagangan) dan jasa keuangan. Grab sendiri memiliki beberapa produk jasa yang ditawarkan, seperti GrabTaxi, GrabCar, GrabRemorque, GrabBike, GrabHitch, GrabExpress, GrabFresh, GrabPay dan GrabFood. Grab sendiri lebih fokus beroperasi dikawasan Asia Tenggara saja, mulai dari Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Kamboja.

Biodata Anthony Tan Si Co Fouder dan CEO Grab Asal Malaysia
Nama Lengkap: Anthony Tan
Tempat Tanggal Lahir: -
Tempat Tinggal: Singapura
Kewarganegaraan: Malaysia
Agama: -
Pendidikan: Master of Business Administration (MBA) in University of Chicago (2009 – 2011)
Bachelor of Arts (B.A.) with Honors Economics and Public Policy in Harvard Business School Amerika Serikat (2000 – 2004)
Profesi: Pengusaha, CEO (Direktur Utama)
Jabatan: CEO GrabTaxi Holdings Pte. Ltd
Akun Linkedin: https://sg.linkedin.com/in/anthony-tan
Akun Instagram: https://www.instagram.com/anthonytanpy/
Akun Twitter: https://sg.linkedin.com/in/anthony-tan
Nama Pasangan: Chloe Tong
Nama Ayah: Tan Heng Chew
Nama Kakek: Tan Yuet Foh

Baca: Profil Michele Levine Si CEO Roy Morgan Research Limited
           Biografi Alvina Atmadja Si Owner dan Direktur Asco Automotive
           Biodata Scarlett Johansson Si Black Widow di Avengers: Endgame

Seperti yang diketahui bahwa Tan Chong Motor Holdings Bhd., adalah sebuah perusahaan bisnis perakitan mobil dan distributor utama mobil Nissan di Malaysia, yang didirikan oleh sang kakek, Tan Yuet Foh. Dan saat ini perusahan tersebut dimilik oleh ayah, Tan Heng Chew lulusan teknik sipil. Anthony Tan sendiri adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Kakek buyutnya meniti karir dari menjadi supir taksi di Malaysia. Sementara sang ibu yang berprofesi sebagai sebagai pialang saham, berasal dari keluarga Tan yang merupakan keluarga pebisnis di Malaysia.

Menurut situs Techcrunch com pada bulan Oktober 2018 lalu, Grab mendapatkan dana dari investor sebesar USD 200 juta dari Booking Holdings. Kemudian pada bulan Desember 2018, pihak perusahaan mengumumkan bahwa akan ada rencana untuk pendanaan Seri H. Dan perkiraan jumlah total pendanaan yang akan terkumpul mencapai USD 5 miliar. Sebelumnya pada tahun 2014 lalu, Anthony Tan sempat menyatakan bahwa akan Grab akan melakukan Penawaran Umum Perdana (IPO) saat jumlah pemesanan mencapai 2 juta per hari.

Aplikasi Grab sendiri menggunakan sebuah teknologi pemetaan digital dan informasi lokasi yang dibagikan oleh pemesan. Bahkan Grab telah dinobatkan sebagai penyedia layanan transportasi digital terbesar di Asia Tenggara. Sementara aplikasi Grab telah dapat diunduh dan tersedia di Google Play, AppStore dan BlackBerry World. Menurut jajak pendapat online dilakukan oleh Singapore's Straits Times, GrabTaxi mendapatkan suara terbanyak sebagai aplikasi taksi pilihan pengguna. Salah satu kunci kesuksesan Garb menurut Anthony Tan, yakni mampu membantu pemecahan permasalahan orang lain adalah kuncinya.


Editor: Heru Setianto
Source Image: instagram[dot]com/anthonytanpy/
Source: Inet[dot]detik[dot]com/cyberlife/d-3164940/mengenal-anthony-tan-pria-tajir-malaysia-pencipta-grab
         Techcrunch[dot]com/2018/12/28/grab-5-billion/
         Techcrunch[dot]com/2018/10/29/grab-raises-200m-booking/

Baca juga :

to Top