Home People

Winston Utomo adalah seorang pengusaha asal Indonesia sekaligus Founder dan Chief Executive Officer (CEO) IDN Media. IDN Media adalah sebuah multiplatform untuk generasi Millennials dan generasi Z, dan mempunyai beberapa digital media company seperti IDN Times, Popbela, Popmama, Yummy dan lainnya. Ia bersama sang adik, William Putra Utomo lah sosok dibalik berdirinya sebuah platfom media untuk generasi muda Indonesia. Hanya dioperaikan oleh 15 orang termasuk Winston dan William,  sebuah portal berita bernama Indonesia Times resmi berdiri pada Juni 2014 silam. 
Biodata Winston Utomo Si Founder and CEO dari IDN Media
Biodata Winston Utomo Si Founder and CEO dari IDN Media/ Foto Ilustrasi: instagram[dot]com/winstonutomo/

Menurut situs IDN Time menyatakan bahwa Winston Utomo mendapat inspirasi membuatan sebuah media dari sebuah kamar apartemen berukuran 2x3 meter di Singapura. Saat itu ia masih bekerja sebagai karyawan di perusahaan Google, dan berkeinginan pulang ke Indonesia membuat media untuk generasi muda Indonesia bernama IDN Media.Tepat pada bulan Oktober 2015 ia resmi keluar dari Google, dan menantang dirinya membangun IDN Media dari nol.

Bahkan Winston Utomo mengaku banyak menghadapi banyak rintangan, termasuk hampir mengalami kebangkrutan berkali-kali dalam membangun IDN Media. Winston Utomo di acara TEDx sempat menyatakan bahwa tujuan utama IDN Media adalah ingin menjadi sebuah media yang memberikan dampak positif bagi generasi muda Indonesia, bukan media yang menjadi alat "perusak" moral penerus bangsa. Dan untuk itu IDN Media berusaha menghasilkan sebuah konten yang menginspirasi, akurat, positif, dan entertaining.

Biodata Winston Utomo Si Founder and CEO dari IDN Media
Nama Lengkap: Winston Utomo
Tempat Lahir: Surabaya, Jawa Timur
Tanggal Lahir: 23 November 1990
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama: -
Pendidikan:
- Bachelor of Science (B.S.) di University of Southern California, , Los Angeles (2012)
- Master of Science (M.Sc.) di Columbia University, New York (2014)
Profesi: Direktur Utama, Pengusaha
Jabatan:
- Founder and CEO di IDN Media ( - Sekarang)
- Sr. Account Strategist di Google (Februari 2014 – Oktober 2015) 
- Project Manager di St John Capital Group Inc (2012 – 2012)
Akun Facebook: https://web.facebook.com/win23ston
Akun Instagram: https://www.instagram.com/winstonutomo/
Akun Linkedin: https://id.linkedin.com/in/winstonutomo
Nama Saudara: William Putra Utomo
Nama Pasangan: Alvina Bernice (?)

Seperti yang diketahui IDN Media memiliki di dua temapt kantor, yakni  di Jakarta dan Surabaya. Hanya butuh dua tahun saja untuk Winston Utomo, membuat IDN Media telah mendapat hati para anak muda Indonesia. Hal yang wajar tersebut berkat konten yang disajikan, kaya akan inspiratif, kreatif dan variatif. Serta didukung dengan penggunaan media sosial sebagai penyalurkan konten yang sanagt efektif, dan teknologi machine learning technology untuk menyarankan konten relevan kepada pembaca.

Baca: Biografi Dahlan Dahi Si Editor in Chief dan Dirut Tribunnews.com
           Profil Jessie Amalia Si The Jak Angel atau Model Persija Jakarta?
           Biodata Ole Gunnar Solskjaer Si Legend SuperSub Jadi Pelatih MU

Dalam sebuah acara Winston Utomo mengaku bahwa saat masih bekerja di Google, ia sering merasa bosan setelah pulang bekerja di rumah. Dan banyak waktu laung yang dihabiskan dengan berselancar di dunia maya yang tak penting. Pada bulan Maret 2014 silam, ia menyalurkan hobi menulisnya ke dalam sebuah blog pribadi. Saat itu telah berjumlah sekitar 10 artikel, siapa sangka ternyata mendapat respon positif dari pembaca. Winston mulai mengajak sang adik dan para pekerja paruh waktu untuk mengisi blog milinya.

Indonesia Times sendiri akhrnya pertama kali mendapatkan tahap awal yang dipimpin oleh East Ventures, setelah para investor melihat kinerja dan masa depan dari perusahaan miik Winston Utomo tersebut. Seiring berjalanan waktu perusahaan tersebu akhirnya menambah jumlah personel tim, dan menganti nama menjadi portal beritanya telah berubah nama menjadi IDN Times. Dimana IDN Times berdiri menjadi sebuah berita yang mengedepankan penyajian berita dalam bentuk daftar, dan tidak memakai 100 jumah kata per-artikel.

Winston juga mulai membangun beberapa saluran portal berita di bawah IDN Times, seperti Popbela com, Popmama com, IDN Creator Network; IDN Soundscape; IDN CreativeFest, FYI dan Yummy Indonesia. Selain itu Winston juga berinovasi dengan menghadirkan IDN Times Community , yaitu sebuah Community Writer atau komunitas penulis yang dapat membuat berita, artikel ataupun opini yang dipublikasikan di IDN Times.

Hal tersebut berdasarkan latar beakang melihat adanya potensi besar minat generasi Y dan Z dalam menulis yang kurang diserap. Dan sebagai timbal balik dari hasil jerih payah menulis, makan penulis akan menerima poin yang dapat ditukar dengan uang tunai. Terang saja tercatat banyak jumlah penulis yang ingin mendaftar dan berabung dengan IDN Times Community.

Menurut Uni Lubis, selaku Editor in Chief IDN Times dalam sebuah acara di Ciputra Artpreneur, Jakarta pada Maret 2018 silam menyatakan bahwa IDN Times masuk ke peringkat ketiga media digital nasional. Dimana posisi pertama dipegang oleh Tribunnews, dan situs Detik yang menmpati posisi kedua.
.

Editor: Heru Setianto
Source Image: .instagram[dot]com/winstonutomo/
Source: idntimes[dot]com/life/inspiration/agustin/winston-utomo-founder-ceo-idntimes-idnmedia-di-tedx-tugu-pahlawan-berbagi-inspirasi/f
               https://berempat.com/profil-pilihan/1006/keisengan-winston-utomo-lahirkan-media-daring-terhits-untuk-generasi-y-dan-z/

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)

to Top