Home People

Brewster Kahle adalah seorang insinyur komputer asal Amerika Serikat, sekaligus pengusaha internet, aktivis internet dan pustakawan digital. Kahle merupakan  founder dari Internet Archive dan salah satu pendiri dari Alexa Internet. Almamater dari Massachusetts Institute of Technology tahun 1982 tersebut, ikut membantu mendirikan perusahaan Thinking Machines.  Tepat pada tahun 1989, dirinya besama Bruce Gilliat menciptakan sistem Wide Area Information Server (WAIS). 
Biodata Brewster Kahle Si Founder Database Online The Internet Archive
Profil Brewster Kahle Si Founder Database Online The Internet Archive Search/ Foto Iustrasi: twitter[dot]com/brewster_kahle

WAIS sendiri adalah pendahulu dari sistem World Wide Web (WWW).  Dimana WAIS, Inc. sendiri akhirnya dijual ke perusahaan AOL seharga $ 15 juta tahun 1995. Kemudian pada tahun 1996, Kahle mendirikan Internet Archive dan Alexa Internet. Dimana Alexa Internet adalah salah satu situs yang membantu katalog Web, juga sebagai situs  menjualnya ke Amazon com pada tahun 1999. Sementara Internet Archive sebagai tempat perpustakaan digital yang telah menyimpan berbagai data masih tetap diketuai oleh Brewster Kahle.

Bahkan pada tahun 2001 silam, Brewster Kahle mengaplikasin Mesin Wayback di Internet Archive. Dimana Internet Archive dapat diakses publik ke arsip World Wide Web di Internet Archive. Hal tersebut berkat kebijakan dari Kahle, dimana pada sebuah wawancara ia menyatakan bahwa mendapatkan inspirasi menciptakan Mesin Wayback setelah mengunjungi kantor Alta Vista. Brewster Kahle dikenal sebagai pendiri sekaligus pustakawan digital dari salah satu perpustakaan terbesar di dunia yakni Internet Archive. Dimana pada tahun 2012 lalu, dirinya dianugerahi dan dilantik ke Internet Hall of Fame.

Biodata Brewster Kahle Si Founder Database Online The Internet Archive
Nama Lengkap: Brewster Kahle
Tempat Lahir: Kota New York, New York, A.S.
Tanggal Lahir: 22 Oktober 1960
Tempat Tinggal: Residence San Francisco, California, A.S.
Kewarganegaraan: Amerika Serikat
Agama: -
Pendidikan: Bachelor of Science Ilmu Komputer dan Teknik di Institut Teknologi Massachusetts (1982)
Profesi: Pengusaha Internet, Pustakawan digital, Insinyur komputer, Aktivis internet
Jabatan: Pemilik Internet Archive
Nama Istri: Mary Austin
Nama Anak: Caslon dan Logan
Akun Twitter: https://twitter.com/brewster_kahle
Situs Blog: http://brewster.kahle.org/

Brewster Kahle dalam situs blog miliknya mengaku bahwa dirinya adalah seorang aktivis internet yang menghabiskan karirnya untuk fokus menyediakan akses Internet publik ke semua pengetahuan. Situs web archive org adalah salah satu proyek dari Kahle yang populer akan database online, dimana database online di-host di situs web tersebut, tersedia sebagai perangkat lunak sebagai produk layanan yang dapat diakses melalui browser web oleh para pengguna.

Baca: Biografi Hans Braxmeier Si CEO dan Founder Situs Pixabay.com
           Profil Jimmy Wales Si Founder Wikipedia dan Presiden Wikia Inc.
           Biodata Faldo Maldini Si Aktivis UI dan Co-Founder Jakerja.com

Sebelumnya Brewster Kahle mendapat penghormatan dengan masuk kedalam "50 Visionaries Changing Your World" 2009 dari Utne Reader. Kahle bersama dengan istrinya, Mary Austin mendirikan Kahle / Austin Foundation yakni sebuah Yayasan ini mendukung “Free Software Foundation” untuk proyek GNU pada 2011. Kemudian pada tahun 2012, Kahle bersama dengan Jordan Modell sempat mendirikan Internet Archive Federal Credit Union, salah satu programnya yaitu bertujuan untuk mengurangi kemiskinan di daerah di New Jersey.

Menurut situ cabinetmagazine org biaya operasional untuk menjalankan perushaan yang berkantor pusat di San Francisco, California mencapai sekitar $ 10 juta per tahun. Dimana semua dana tersebut berasal dari berbagai sumber, mulai dari pendapatan dari layanan web crawler,  kemitraan, hibah, sumbangan, dan dari Yayasan Kahle-Austin sendiri. Terlepad dari manfaat Internet Archive sebagi perpustakaan terbesar di dunia.

Dalam kenyataannya Internet Archive  sering membuat kontroversi dan perselisihan hukum terkait hak cipta dan ilegalitas. Seperti penolakan Internet Archive atas surat keamanan nasional dari FBI yang meminta log pada pengguna yang dirahasiakan, dah hal tersebut terjadi dua kali yakni pada tanggal 8 Mei 2008 dan 28 November 2016. Bahkan  Pemerintah India pada bulan Agustus 2017, sempat memblokir Internet Archive beberapa waktu. Ha tersebut berkaitan atas dugaan pembajakan file salinan dua film Bollywood. Sementara Pemerintah Turki pada 9 Oktober 2016, sempat memblokir sementara Internet Archive.


Editor: Heru Setianto
Source Image: twitter[dot]com/brewster_kahle
Source: archive[dot]org/about/bios.php#brewster
              cabinetmagazine[dot]org/issues/10/womack.php
              bbc[dot]com/news/technology-40875528

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)

to Top