Biodata Zainuddin Nafarin Si CEO dan Founder Antivirus SmadAV

Biodata Zainuddin Nafarin Si CEO dan Founder Antivirus SmadAV

Zainuddin Nafarin adalah seorang software programmer asal Indonesia, yang juga CEO dan Founder dari Smadsoft. Zai merupakan nama panggilan dari lulusan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta yang dikenal sebagai pencipta anti virus lokal bernama Smadav. Smadav adalah sebuah aplikasi antivirus karya anak bangsa pada komputer yang dikembangkan oleh Smadsoft, dan telah dipakai oleh ribuan pengguna di seluruh dunia. Dimana Zainuddin sendiri menciptakan Smadav pada pertenaghan tahun 2006 silam, saat ia masih duduk dibangku kelas 2 di SMAN 2 Palangkaraya.
Biodata Zainuddin Nafarin Si CEO dan Founder Antivirus SmadAV
Biografi Zainuddin Nafarin Si CEO dan Founder Antivirus SmadAV/ Foto Ilustrasi: Net

Terang saja antivirus didaulat sebagai antivirus nomor 1 di Indonesia versi para netizen tersebut, terlahir dari Smadav v1.0 versi pertama. Smadav juga dapat mendeteksi virus untuk melindungi lubang USB seperti flasdisk atau media penyimpanan lainnya. Bahkan pada Smadav versi terbaru tersedia fitur anti Ransomware. Namun sayangnya smadav dibagi menjadi 2, yakni dan Smadav Pro. Menurut media pada tahun 2015 lalu, penghasilan Zainudin Nafarin berkat megembangkan produk Samadav mencapai sekitar Rp. 30 juta rupiah perbulan. Meskipun di dunia terdapat antivirus terbaik dan ringan, seperti Avast, AVG, Panda, Bitdefender, Avira, Kaspersky, Norton, Mcafee dan ESET NOD32.

Seperti yang diketahui bahwa Smadav sendiri tersedia dalam dua fitur, yakni Smadav Free dan Smadav Pro atau berbayar. Dimana bagi pembelian key serial number yang dibeli oleh pengguna mulai tanggal 31 Januari 2018, hanya berlaku 1 tahun. Bahkan pihak pengembang yakni Smadsoft menjanjikan pembaharuan (update) Smadav ke versi terbaru selambatnya 3 bulan sekali. Namun jika tidak ada pembaharuan Smadav setelah 3 bulan dari versi sebelumnya, maka pengguna berhak meminta pengembalian uang atas biaya pembelian lisensi 1 tahun tersebut.

Biodata Zainuddin Nafarin Si CEO dan Founder Antivirus SmadAV
Nama Lengkap: Zainuddin Nafarin
Tempat Lahir: Amuntai, Kalimantan Selatan
Tanggal Lahir: - September 1990
Tempat Tinggal: Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Kewarganegaraan: Indoensia
Agama: Islam
Pendidikan: Sarjana Ilmu Komputer di Gadjah Mada University (2009 – 2013)
Profesi: Programmer
Jabtan: CEO dan Founder Smadsoft
Akun Facebook: https://facebook.com/zainuddin
Akun Twitter: https://twitter.com/nafarin
Akun Linkedin: https://id.linkedin.com/in/zainuddin-nafarin-598b4ab
Akun Instagram: https://www.instagram.com/zainuddin.nafarin/
Situs Website: http://www.nafarin.com/

Baca: Manga God of Martial Arts Light Novel Karya Jing Wu Hen Sub Indo
           Profil Yua Mikami Si Member SKE48 Peraih Best Actress Award
           50 Top Kematian Tragis Anime Portgas D. Ace One Piece No.4

Sebelumnya Zainuddin Nafarin pertama kali mengembangkan Smadav v1.0, saat ia mulai mengenal Visual Basic di laboratorium komputer SMAN 2 Palangkaraya. Dimana motivasi awal membuat anti virus tersebut dikarenakan ia sering diminta beberapa teman untuk membersihkan komputer dari virus-virus lokal secara manual. Sementara nama SmadAV diberikan oleh Zainuddin Nafarin, berasal dari dua kata yakni “Smada” yang berarti SMAN 2 Palangkaraya tempat ia bersekolah dan “AV” yang diartikan dengan Anti virus. 

Dimana sejak Smadav pertama kali diciptakan di kota Palangkaraya, baru sempat Zainuddin Nafarin kembangkan kemlai ketika duduk di bangku kuliah di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada Kota Yogyakarta. Sejak diluncurkan versi Smdav berbaya, banyak pengguna yang mencari cara merubah Smadav Free menjadi Smadav Pro tanpa bayar alias gratis. Bahkan beberapa situs dowload aplikasi berbayar yang disediakan secara gratis, juga selalu update memposting Smadav pro secara gratis dengan crack ataupun serial number ilegal.

Zainudin Nafarin sendiri sempat menyatakan bahwa terciptanya aplikasi antivirus Smadav, berawal dari salah satu hobinya dalam mengotak-atik komputer. Berkat antivirus yang ia kembangkan bersama tim Smadsoft, saat ini hidupnya mulai lebih teratur dan berpenghasilan lebih. Sementara saat menjadi pembicara di suatu event, Zainudin Nafarin berharap agar para anak muda yang sudah terbiasa dengan teknologi agar dapat memanfaatkan untuk sesuatu yang produktif.


Editor: Heru Setianto
Source: forum[dot]chip[dot]co[dot]id/, beritaku[dot]co[dot]id
Source Image: Screenshot Youtube

Baca: