Home People

Nguyen Thi Phuong Thao adalah seorang pengusaha wanita asal Vietnam, yang juga sebagai pemilik sekaligus Presiden dari maskapai penerbangan bernama VietJet Air. Nama Nguyen Thi Phuong Thao tercatat menempatai peringkat ke-55 dalam daftar “The World’s 100 Most Powerful Women” yang dirilis oleh majalah Forbes pada tahun 2018 lalu. Wanita yang merupakan lulusan dari Plekhanov Universitas Ekonomi Rusia, pada awalnya keuangan memulai terjun ke dunia bisnis sebagai distribusitor barang untuk Uni Soviet.
Biodata Nguyen Thi Phuong Thao Si Pemilik dan CEO VietJet Air
Profil Nguyen Thi Phuong Thao Si Pemilik dan CEO VietJet Air/ Foto Ilustrasi: nguoilambao[dot]vn

Dimana barang-barang tersebut diimpor dari berrbagai negara, mulai dari Jepang, Hong Kong sampai Korea Selatan. Hingga akhirnya ia mulai membuat portofolio VietJet serta Sovico Holdings. Kemudian maskapai bertarif rendah pertama di Vietnam bernama VietJet Air resmi dirilis dan beroperasi pada bulan 25 Desember 2011 lalu. Bahakan hanya dalam waktu lima tahun saja, perusahan VietJet Air sukses mengoperasikan sekitar 40 persen dari seluruhan penerbangan di negara Vietnam tersebut.
Media pun mencatat Nguyen Thi Phuong Thao sebagai miliuner wanita self-made pertama 

Vietnam, setelah resmi menjadi pemilik VietJet Air pada Februari 2017 lalu. Saat ini media daring nasional tengah heboh memberitakan terkait maskapi pesawat miliknya yakni VietJet Air. Dimana pesawat yang pramugari-nya memakai pakainan bikini tersebut, akan membuka rute penerbangan di Indonesia mulai bulan Maret 2019. Terang saja terkait kontroversi pramugari berbikini tersebut menarik perhatian netizen, dimana budaya tanah air yang memang menganut ke budaya timuran.

Biografi Nguyen Thi Phuong Thao Si Pemilik dan CEO VietJet Air
Nama Lengkap: Nguyen Thi Phuong Thao
Nama Vietnam: Nguyễn Thị Phương Thảo
Tempat Lahir: Hanoi, Vietnam
Tanggal Lahir: 7 Juni 1970 (usia 48)
Tempat Tinggal: Hai Ba Trung, Hanoi [1]
Kewarganegaraan: Vietnam
Pendidikan:
- Sarjana Manajemen Kredit Keuangan dan Ekonomi Tenaga Kerja di Plekhanov Universitas Ekonomi Rusia,
- Doktor Manajemen Ekonomi di D. Mendeleev University Teknologi Kimia Rusia
Profesi: Pengusaha
Jabatan: Presiden & CEO, VietJet Air
Kekayaan bersih: $ 3,5 miliar (Maret 2018)
Akun Instagram: -
Akun Facebook: -
Nama Suami: Nguyen Thanh Hung
Nama Anak: Nguyen Phuoc Hung Anh Victor

Dimana terkait kontroversial pramugari berbikini bahkan telah terjadi di negara asalnya yakni Vietnam. Dimana kontrversi terkait pemberitaan tersebut justru membuat maskapai VietJet Air tumbuh dan berkemang sangat cepat mulai tahun 2012 sampai 2016. Tercatat pada 28 Februari 2018 lalu, perusahaan maskapai VietJet Air resmi  melepas sahamnya untuk “go public”. Bahkan saham perusahaan VietJet Air mengalami kenaikan cukup signifikan, yaitu  sekitar 47 persen.

Baca: Cara Membatalan Asuransi Perjalanan Untuk Berbagai Alasan
           Cara Klaim Ansuransi Perjalanan Kehilangan Uang, Paspor dan Barang
           Review Penyedia Asuransi Perjalanan Terbaik dan Terpercaya Indonesia

Seperti yang dikeathui bahwa maskapai VietJetAir yang mempunyai kode panggil VIETJETAIR tersebut sebenarnya telah didirikan pada 2007 lalu. Dimana pesawat asal Vietnam yang berkantor pusat di kota Ho Chi Minh (SGN) Vietnam memiliki sebuah slogan terkenal, yakni berbunyi “Giá rẻ hơn, bay nhiều thêm” (Save More, Fly More). Nguyen Thi Phuong Thao bersama sang suami sendiri Nguyen Thanh Hung sebagai pemilik saham terbesar di VietJetAir, lewat perusahaan milik mereka,  Sovico Holdings.

Tak hanya itu ia juga dikenal sebagai pengusaha yang mengelola proyek real estate di Kota Ho Chi Minh dan beberapa resor ternama di kota Vietnam. Selain disibukan sebagai pengusaha wanita yang pekerja keras, ia juga menyempatkan diri menjadi pembicara di beberapa forum internasional seperti di event APEC CEO Summit tahun 2017 di Vietnam.

Nguyen Thi Phuong Thao sendiri pada awalnya mempunyai prediksi bahwa di negaranya, akan mengalami peningkatan jumlah angka penerbangan. Dan maskapai penerbangan bertarif rendah-lah yang akan menjadi maskapai pilihan oleh para masyarakat Vietnam.

Setelah itu Nguyen-pun mulai mempelajari dan melalkukan beberapa riset terkitat model penerbangan bertaraf murah seperti AirAsia dan Ryan Air dan AirAsia. Dan untuk menangap peluang tersebut, Nguyen Thi Phuong Thao akhirnya berusaha mewujudkan idenya dengan mendirikan maskapai penerbangan bertarif rendah pertama di negaranya. Tepat pada tahun 2007, akhirnya ia resmi mendapatkan lisensi ijin terbang untuk VietJet Air. 


Editor: Heru Setianto
Source: vietjetair[dot]com
Source Image: nguoilambao[dot]vn

Baca juga :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Your feedback is most welcome :)