Biodata Jusuf Nurkic Si Pebasket Sukses Beragama Muslim di NBA

Biodata Jusuf Nurkic Si Pebasket Sukses Beragama Muslim di NBA

Jusuf Nurkic adalah seorang pemain bola basket profesional asal Bosnia yang tengah membela klub Portland Trail Blazers di Liga National Basketball Association (NBA).  Bosnia dan Herzegovina secara internasional. Nurkić merupakan nama panggilan dari pria telah memperkuat klub yunior Slovenia Zlatorog Laško, saat ia baru menginjak usia 14 tahun. Bakat alami dalam bermain basket tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang agen olahraga dari Bosnia bernama Enes Trnovčević kala itu. Selama kualifikasi Eurobasket tahun 2017, nama Nurkić yang diketahui pemeluk agama Islam masuk kedalam skuad tim bola basket nasional senior Bosnia dan Herzegovina.
Biodata Jusuf Nurkic Si Pebasket Sukses Beragama Muslim di NBA
Biografi Jusuf Nurkic Si Pebasket Sukses Beragama Muslim di NBA/ Foto Ilustrasi: twitter[dot]com/bosnianbeast27

Pemain yang memulai  karir profesional dengan membela klub Cedevita Zagreb, mulai tahun 2012 sampai 2014 tersebut sempat dinominasikan sebagai “Penghargaan Pemain Muda FIBA Eropa Tahun 2014”. Baru pada tanggal 31 Juli 2014,  Jusuf Nurkic  resmi menandatangani kontrak skala rookie bersama Klub Denver Nuggets. Namun ia baru resmi melakukan debut di Liga NBA pada tanggal 29 Oktober 2014. Pemain yang menolak ikust serta dalam ”Rising Stars Challenge 2015”,  sempat absen selama dua bulan pertama musim disebabkan cidera tendon patela sebelah kiri. Seperti yang diketahui pada tanggal 6 Juli 2018 lalu, Nurkic resmi menandatangani kontrak kembali dengan klub Portland Trail Blazers.

NBA adalah sebuah liga bola basket pria di Amerika Serikat (AS) yang didaulat sebagai yang terbesar dan paling bergengsi di dunia. Dimana NBA sendiri bisa dikatakan sebagai rumah bagi pebasket terbaik dari berbagai latar belakang berbeda, dan tak mengenal akan perbedaan suku, ras dan agama. Maka tak heran jika banya bintangk NBA justru berasal dari berbagai macam latar belakang, tak terkecuali para pebasket Muslim yang sukses bermain di NBA. Mulai dari Kareem Abdul Jabbar, Hakeem Olajuwon, Shaquille O'Neal , Shareef Abdur-Rahim hingga Rasheed Wallace.

Biodata Jusuf Nurkic Si Pebasket Sukses Beragama Muslim di NBA
Nama Lengkap: Jusuf Nurkic
Tempat Lahir: Tuzla, Bosnia dan Herzegovina
Tanggal Lahir: 23 Agustus, 1994
Kewarganegaraan: Bosnia dan Herzegovina
Agama: Islam
Pendidikan: -
Profesi: Pebasket Profesional
Posisi: Pemain tengah
Liga: NBA
Tinggi Badan: 213 cm
Berat Badan: 125 kg)
Nama Klub: Portland Trail Blazer (2017 – sekarang)
Klub Sebelumnya:
- Cedevita Zagreb (2012–2014)
- Denver Nuggets (2014–2017)
Liga: NBA
Akun Twitter: https://twitter.com/bosnianbeast27
Akun Instagram: -

Sebelumnya presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump sempat membuat kebijakan imigrasi yang melarang masuknya warga dari tujuh negara Muslim.  Dimana ketujuh negara tersebut yaitu Yaman, Iran, Irak, Libya, Sudan, Somalia dan Suriah,. Terang saja atas kebijakan kontroversial tersebut langsung mendapatkan protes dari banyak pihak. Mulai selebriti Hollywood, perusahaan teknologi, penyanyi, atlet, tak terkecuali para pebasket Muslim di liga NBA.

Baca: Biografi Bripda Puput Nastiti Devi, Pindah Agama Demi Ahok?
          Profil Kizuna AI Si Youtuber Virtual Pertama dan Terpopuler di Dunia
          Biodata Zainuddin Nafarin Si CEO dan Founder Antivirus SmadAV

Tercatat dalam beberapa tahun terkahir, deretan nama pemain basket NBA penganut Muslim menjadi anadalan para klub besar di NBA. Seperti nama Dion Waiters yang menjadi pemain ujung tombak dari klub Miami Heat, bahkan ia menjadi mesin pengumpul angka klub tersebut. Heat. Pekan lalu Waiters tampil gemilang membantu Heat mengalahkan Golden State Warriors. Kemudian pemain dari klub Oklahoma City Thunder yakni  Enes Kanter, sempat memposting sebuah kicauan memprotes kebijakan Trump di media sosial Twitter. Pemain asal Turki tersebut bersama Russell Westbrook menjadi starter utama.

Selain itu terdapat pemain point guard terbaik di klub Atlanta Hawks, yakni Dennis Schroder juga diketahui sebagai pemain asal Jerman pengaut agam Islam. Dimana pria yang memiliki sebuah tatto bertulis "Incha’Allah" tersebut, meski sering bermain di liga NBA namun ia pernah meinggalkan kewajiban seorang Muslim. Dan terkahir Al-Farouq Aminu yang merupakan pebasket Muslim asal Nigeria seklaigus skuad dari tim nasional Nigeria. Pemain yang satu ini sempat membela klub Portland Trail Blazers, Los Angeles Cliipers, New Orleans Pelicans, dan Dallas Mavericks juga dikenal sebagai pemeluk Muslim yang taat,


Editor: Heru Setianto
Source: nba[dot]com/players/jusuf/nurkic/203994
Source Image: twitter[dot]com/bosnianbeast27

Baca: