Skip to main content

Mobil Toyota Avanza Nomor 1 Terlaris di 2018, Siap Rilis Model Baru di 2019?

Toyota Avanzaadalah salah satu kendaran mobil buatan pabrikan asal Jepang yang dipasarkan oleh distributor resmi PTToyota Astra Motor (TAM) di Indonesia. Dimana mobil Toyota Avanza tersebut masih menjadi salah satu mobil favorit dan terlaris sebagi pilihan keluarga di tanah air. Bahkan demand akan Toyota Avanza sepanjang tahun ini, tak kalah pesaing di segmen Low MPV. Mulai dari Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga hingga Wuling Confero masih bisa dibilang unggul.
Mobil Toyota Avanza Nomor 1 Terlaris di 2018, Siap Rilis Model Baru di 2019?
Mobil Toyota Avanza Nomor 1 Terlaris di 2018, Siap Rilis Model Baru di 2019?/ Foto Ilustrasi: toyota[dot]astra[dot]co.id

Sebelumnya pihak PT Toyota Astra Motor sendiri mengungkapkan kepada media pada awal Desember bahwa akan segera merilis sekitar enam mobil dengan model baru di tahun 2019. Kemudian mobil model baru tersebut, akan mengisi beebrapa segmen. Mulai dari segemen Sedan, Sport Utility Vehicle (SUV), Multi Purpose Vehicle (MPV) hingga hatchback. Sementara model baru khusus Toyota Avanza di tahun 2019 seperti apa, pihaknya menyatakan bahwa konsumen harus masih menunggu saat peluncuran nanti.


Meskipun mobil Toyota Avanza masih mendominasi penjualan di tahun ini, namun beberapa mobil Toyota di segmen MPV juga ikut berkontributor. Dimana beberapa masnyarakat Indonesia mula melirik MPV lain dari Pabrikan asal Jepang tersebut. Seperti mobil Toyota Kijang Innova, Toyota Calya, Toyota Sienta, Toyota Foxy serta Toyota Alphard. Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dimana Toyota menjadi posisi pertama mobil terlaris selama tahun ini dengan penjualan 300 ribu lebih terjual.

Berikut ini Daftar 10 Mobil Paling Laris di Indonesia Tahun 2018, Toyota Avanza No 1:
  1. Mobil Toyota Avanza
  2. Mobil Mitsubishi Xpander
  3. Mobil Toyota Kijang Innova
  4. Mobil Toyota Calya
  5. Mobil Suzuki Carry
  6. Mobil Toyota Rush
  7. Mobil Daihatsu Terios
  8. Mobil Daihatsu Grandmax
  9. Mobil Honda HR-V
  10. Mobil Daihatsu Sigra
Kemudian persaingan lainnya Toyota Avanza di kelas kendaraan keluarga kecil (Low MPV), Mitsubihsi Xpander masih menemapti posos kedua sebagai yang terlaris sepanjang tahun ini. Dimana sekitar 70 unit mobil Mitsubihsi Xpander telah mengaspali di jalanan Indonesia. Setelah itu posisi ketiga dan keempat masih ditemapati oleh keluaraga pabrikan Toyota, dimana masing-masing diisi oleh Toyota Kijang Innova dan Toyota Calya. Baru mobil pabriak Suzuki yang ditempati oleh Suzuki Carry dengan penjualana sekitar 5 ribu lebih unit menjadikannya terlaris ke lima sepanjang tahun ini.

Terlepas dari mobil Toyota Avanza yang menjadi mobil terlaris, dalam kenyataanya mobil keluaran Toyota juga masih menduduki posis pertama mobil paling laris di Indonesia. Meskipun angka penjualan mobil mengalamipenuruan dari tahun sebelumnya, dengan angka penjulan mencapai 300 ribu lebih unit. Sementara Daihatsu mengalami kenaikan penjulanan dari tahun 2017 lalu, dimana tahun ini sukses menjual sekitar 186 unit.

Kemudian pabrikan Honda juga mengalamai penurunan, sepanjang tahu 2018 ini hanya mampu menjual sekitar yang tahun lalu 147 ribu saja. Lain halnya dengan pabrikan Mitsubishi yang mengalami mencetak rekor kenaikan tertinggi, sekitar 97 persen dari tahun sebelumya. Dan terakhir dari pabrikan Suzuki juga mencatat adanya kenaikan penjualan sedikit di tahun ini.

Sementara dari pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan bahwa demand untuk mobil Daihatsu Xenia masih stabil, meskipun harus diakui masih kalah dengan segemen MPV sebelah yakni dari pabrikan Toyota, Mitsubishi dan Suzuki. Selain itu meskipun tak masuk sebagai model mobil yang laris, namun tetap optimis akan penjualan yang meningkat. Dan terkait akan ada tidaknya peluncuran model terbaru dari mobil Daihatsu Xenia di tahun depan, pihaknya belum bisa berkomentar


Editor: Heru Setianto
Source: toyota[dot]astra[dot]co.id
Source Image: toyota[dot]astra[dot]co.id
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan. Terima Kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar