Skip to main content

Cara Mudah Cek NIP Dan Pangkat Profil PNS atau ASN di BKN Secara Online

Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang sekarang disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah sebuah profesi yang disematkan kepada seseorang yang bekerja di suatu lembaga resmi pemerintahan yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan (SK) pengkatan yang sah berdasarkan hukum yang berlaku. Profil PNS sendiri menjadi primadoona bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, dimana selain memberikan gaji bulanan yang pasti juga mendapatakan berbagai tunjangan khusus untuk kesejahteraan diri dan keluarga.
Cara Mudah Cek NIP Dan Pangkat Profil PNS atau ASN di Portal Resmi BKN
Cara Mudah Cek NIP Dan Pangkat Profil PNS atau ASN di Portal Resmi BKN/ Foto Ilustrasi: Pixbay.com
Semakin perkemabngan jaman, pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri telah berinovasi dengan memberikan kemudahan para PNS melakukan pengecakan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan pangkat secara online. Seperti yang diketahui semua identitas PNS telah masuk dan terdaftar di dalam database laman BKN. Maka untuk mengakses data tersebut, para PNS dapat melakukan pengcekan dimana saja dan kapan pun. Tak perlu melakukan pengecakan secara manual di BKN masing-masing daerah di Indonesia, dan dapat di akses selama 24 jam baik lewat PC/ komputer dan Handphone Android melalui link website resmi BKN di apps.bkn.go.id/ProfilPns.

Baca Juga: Biodata Anneth Delliecia Si Cantik Juara Indonesia Idol Junior
                   Biografi Bebi Silvana Si Mantan Aktris, Pasangan Penyayi Religi Opick?

Sebenarnya pengecekan NIP dan pangkat PNS sangat penting, sebab hal tersebut sebagai cara memastikan ke-valid an identias diri data dan pangkat yang berada database BKN sudah sesuai. Namun jika terjadi kesalahan atau perbedaan pada profil PNS, maka dapat dipastikan gaji dan tunjangan tak akan sesuai. Maka para PNS tersebut dapat dengan segera melakukan pelaporan untuk melakukan pembaruan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat. Meskipun begitu pentinganya pengeceka tersebut, masih saja ditemui PNS dimana belum paham cara pengecekan tersebut. Terutama para pegawai yang baru saja diangkat menjadi PNS ataupun tenagh mengajukan kenaikan pangkat.

Cara Mudah Cek NIP Dan Pangkat Profil PNS atau ASN di Portal Resmi BKN
1. Buka link website resmi BKN di https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/
(catatan untuk penulisan huruf besar dan kecil ikut berpengaruh)
2. Masukan masukan NIP diri, kemudianl tekan tombol Next.
(catatan untuk memasukan NIP tanpa ada spasi),
3. Lalu masukan kode captcha yang keluar dengan tepat.
4. Maka akan keluar profil pegawai diri pada halaman tersebut.
5. Selesai

Setelah identitas keluar dari lama tersebut, maka beberapa identitas pegawai mulai dari: Nama, NIP Baru, NIP Lama, Tangal Lahir, Pangkat PNS dan Golongan serta Unit Kerja dan lain sebagainya akan tampil. Dengan begitu maka para PNS bisa melakukan pengcekan kesesuaian seuai data identitas dan pangkat diri. Namun jika terjadi perbedaan ataupun kesalahan dengan data, maka pegawai tersebut dapat melakkan pembaruan untuk identitas diri dengan benar. Kemudian segeralah melakukan pembaharuan dengan mengunjungi Kantor BKD setempat.

Seperti yang diketahui, BKN sendiri sejak tahun 2011 telah meluncurkan layan website portal online resmi BKN tersebut untuk kemudahan para PNS di seluruh Indonesia. Terutama untuk meakukan pengecakan NIP dan pengecekan SK Pangkat saja. Sementara untuk pengecakan Hasil Penetapan PAK, hingga saat ini belum tersedia di situs tersebut. Dan biasanaya pangkat dan golongan akan menyesuaikan dengan SK Kenaikan Pangkat terbaru yang sudah diterbitkan,  meskipun SK tersebut belum diterima langsung oleh pegawai tersebut.

Setelah berbagai kemudahan layana yang diberikan BKN kepada para PNS di seluruh Indonesia, seyogyanya diimbangi dengan hasil kerja untuk melayani masyarakat. Dan para PNS juga harus menggunakan layan tersebut untuk melakukan pengecekan dan pembaharuan jika ada perubah. Hal tersebut demi kebaikan para PNS sendiri sebagai imbalan atas kerja kerasnya dalam pengbadian memberikan pelayanan kepada masyarakat luas demi kemajuan bangsa.


Editor: Heru Setianto
Source: bkn[dot]go.id
Source Image: Pixbay[dot]com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan. Terima Kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar