Skip to main content

Biodata Arini Subianto Si Wanita Paling Kaya di Indonesia CEO Persada Capital Investama

Arini Sarraswati Subianto adalah seorang pengusaha wanita asal Indonesia yang juga direktur utama di perusahaan Persada Capital Investama. Majalah Forbes bahkan menganugerahkan Arini Subianto dalam daftar “Indonesian Rich List 2018”, dimana ia sendiri dinobatkan menjadi wanita terkaya di Indonesia pada tahun 2018 dengan total kekayaan ditaksir mencapai US$ 665 juta atau Rp 10 triliun. Selain itu Arini Subianto juga masuk ke dalam daftar 50 orang paling kaya di Indonesia, ia bersama Kartini Muljadi ikut masuk.
Biodata Arini Subianto Si Wanita Paling Kaya Indonesia CEO Persada Capital Investama
Biografi Arini Subianto Si Wanita Paling Kaya Indonesia CEO Persada Capital Investama/ Foto Ilustrasi: Screenshot Youtube Kumparan
Dimana Arini Subianto sendiri menempati peringkat ke 44 dari daftar 50 orang terkaya tersebut, sementara Kartini Muljadi harus puas di peringkat ke 49. Seperti yang diketahui kedua wanita tersebut masuk kedalama daftar orang terkaya, yang mayoritas diisi oleh para kaum adam atau lelaki. Arini Subianto adalah putri sulung dari pengusaha besar di Indonesia, bernama Benny Subianto yang telah wafat pada tahun 2017 lalu. Benny Subianto sempat mempinan di PT Astra International Tbk dan pendiri perusahaan Persada Capital Investama.

Baca Juga: Biografi 
 Alice Walton Pewaris Walmart, Wanita Paling Kaya di Dunia
                     Profi Anneth Delliecia Si Cantik Juara Indonesia Idol Junior
                   Cara Mudah Cek Online NIP Dan Pangkat Profil PNS atau ASN di BKN 

Hingga Arini Subianto resmi mengambil alih perusahaan milik keluarganya tersebut. Selain itu Arini Subianto juga sempat menjabat sebagai Presiden Direktur di perusahan Astra Argo dan United Tractors. Meskipun mempunyai nama belakang Subianto, dalam kenyataannya ia tak memiliji hubungan dengan Prabowo Subianto yakni  calon presiden Indonesia pada pemiihan umum (Pemilu) tahun 2019. Sebelumnya Persada Capital Investama merupakan sebuah induk dari berbagai perusahaan yang bergerak di beberapa bidang, mulai dari pengolahan kayu, karet, sawit, batubara, perhotelan dan kesehatan.


Biodata Arini Subianto Si Wanita Paling Kaya di Indonesia CEO Persada Capital Investama
Nama Lengkap: Arini Sarraswati Subianto
Tempat Tanggal Lahir: 20 Desember 1970
Kewarganegaraan: Indoensia
Agama: -
Pendidikan: Master of Business Administration (MBA) di  Graduate School of Business Fordham University, New York, Amerika Serikat, S1 Seni dan Desain di Parsons The New School of Design (1994)
Profesi: Pengusaha
Akun Instagram: -
Akun Twitter: https://twitter.com/arinisubianto (?)
Nama Saudara: Ardiani Subianto, Armeilia Subianto
Nama Suami: Andre Mamuaya (wafat)
Nama Anak: Azarian Rafi Mamuaya, Azel Rasyid Mamuaya

Perusahaan Persada sendiri masih memiliki 11% saham di perusahaan batubara Adaro Energy, dan Arini Subianto juga menjabat sebagai komisaris di Adaro Energy. Sementara dalam mengelola perusahan Persada milik keluarga tersebut, Arini Subianto dibantu oleh sang adik bungsu bernama Ardiani Subianto.

Pengusaha wanita yang dikenal sebagai Wonder Woman, pasalnya ia sebagi single mom dan single parent harus membesarkan seorang diri kedua anaknya. Seperti yang diketahui Andre Mamuaya yang saat itu menjabat direktur PT Adaro Energy meninggal dunia saat insiden kecelakaan lalu lintas (KLL) tahun 2012 pada usia 42 tahun. Dimana motor sport Ducati yang ditunggangi Andre menabrak sebuah mobil Toyota Innova. Atas kejadian tersebut lah yang menjadi titik balik dirinya mau masuk kedunia binsis, dan mulai memeplajari semua hal terkait bisnis kelurganya. Meskipun ia mengaku sempat down atas kejadian pahit yang menimpa suaminya tersebut.

Ditengah kesibukan Arini Subianto  ternyata mempunyai hobi dalam menulis jurnal harian dan membaca buku serta pedulian akan dunia literasi. Hal tersebutlah yang membuat dirinya dan rekannya bernama Winfred Hutabarat mendirikan sebuah toko buku Aksara di Jakarta pada tahun 2012. Toko tersebut juga Toko buku juga menjual berbagai buku ternama dan terlaris, serat menjual CD musik dan perlengkapan lainnya. Selain itu Arini Subianto juga mempunyai perusahaan yang bergerak di bidang investasi dan pinjaman yakni bernama PT. Tri Nur Cakrawala. Kemudian perusahaan lain yang bergerak di bidang pertambangan, ia juga mempunyai perusahaan bernama PT. Pandu Alam Persada (Pandupersada) yang.

Menurut Arini Subianto yang dibutuhkan seorang bisa sukses dan meraih posisi puncak yaitu hanya memerlukan tiga karaketeristik saja, yaitu kerja keras, integritas dan kegigihan. Selain itu perempuan sebenarnya memiliki kelebiha, salah satu mempunyai kemampuan empati yang cukup besar. Dimana berkat kemampuan tersebut, “it enable them to connect with para kolega” tambah Arini Subianto kepada media.

Sementara untuk menjaga hidup dirinya tetap terus seimbang, maka Arini Subianto semapta mengungkakan kepada media bahwa ia harus pinta membagi waktu. Mulai dari waktu untuk bekerja, waktu untuk keluraga dan anak-anak, serta waktu untuk diri sendiri atau “Me Time”. Takhanya dikenal sebagai pencinta dunia seni dan desain, ia juga dikenal memiliki kecintaan dengan dunia olahraga khususnya bola basket. Seperti yang diketahui, sang suami yakni Andre Mamuaya Owner dan mantan Director Corporate Affair  dari klub NBL, Garuda Bandung.


Editor: Heru Setianto
Source: Forbes
Source Image: Screenshot Youtube Kumparan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan. Terima Kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar