Biodata Steven A Cohen Si Investor dan Trader Terkaya di Dunia

Biodata Steven A Cohen Si Investor dan Trader Terkaya di Dunia

Steven A. Cohen adalah seorang investor sekaligus manajer hedge fund terbaik asal Amerika Serikat. Cohen nama panggilan dari trader terbaik yang dikenal publik internasional pendiri dan pengelola dari perusahaan Point72 Asset Management dan S.A.C. Menurut media Forbres pada Maret 2018, tercatat Cohen mempunyai kekayaan bersih mencapai US $ 14 miliar. Dimana pada tahun 2016 lalu, Cohen masuk deretan orang terkaya ke-30 di Amerika Serikat. 

Biodata Steven A. Cohen Si Investor dan Trader Terkaya di Dunia
Biografi Steven A. Cohen Si Investor dan Trader Terkaya di Dunia/ Foto Ilustrasi: instagram.com/bittimes

Menjadi seorang trader dunia, atau dalam memiliki jabatan sebagai Jabatan hedge fund manager merupakan tingkatan yang lebih profesional dari seorang trader, dan Cohen adalah salah satunya yang memegang jabatan itu. Bahkan majalah Forbres memasukan nama  Steven A. Cohen dalam daftra trader terkaya dan tersukses di dunia. Tak hanya Cohen, terdapat nama trader ternama seperti George Soros, Ray Dalio, William Ackman, Ken Griffin, James Simons, Larry Robbins, David Shaw dan David Tepper.

Baca Juga: Profil Lauren Cohan Si Pemeran Maggie Greene Resmi Keluar di The Walking Dead

Pada tahun 2008 lalu, Cohen sendiri resmi dilantik sebagai Hedge Fund Manager Hall of Fame milik Institutional Investors Alpha. Dimana dalam penghargaan tersebut, Steven A. Cohen bersama dengan para investor lainnya seperti David Swensen, Michael Steinhardt, Jack Nash, James Simons, Alfred Jones, Louis Bacon, Seth Klarman , Leon Levy, Julian Roberston, Kenneth Griffin, Paul Tudor Jones, George Soros dan Bruce Kovner juga dilantik.

Biodata Steven A. Cohen Si Investor dan Trader Terkaya di Dunia
Nama Lengkap: Steven A. Cohen
Tempat Lahir: Great Neck, New York
Tanggal Lahir: 11 Juni 1956
Tempat Tinggal: Residence Greenwich, Connecticut, Amerika Serikat
Kewarganegaraan: Amerika Serikat
Agama: Yahudi *
Pendidikan: Bidang Ekonomi di Wharton School of Business University of Pennsylvania 
Profesi: Investor, Manajer Hedge Fund dan Filantropis
Akun Instagram: -
Nama Istri: Alexandra Garcia 

Steven A. Cohen merupakan pendiri dari perusahaan SAC Capital Advisers yang resmi ditutup tahun 2016 atas tuduhan perdagangan informasi non-publik. Hal tersebut atas investigasi yang dilakukan oleh Securities and Exchange Commission (SEC), atas kejadian tersebut perusahaan SAC mengaku bersalah. Karyawan senior SAC dan orang kepercayaan Cohen, Mathew Martoma dan Michael Steinberg resmi ditahan.

Sementara sang pendiri atas kegagalannya untuk mengawasi Martoma, Cohen hanya mendapat hukuman dengan pelarangan selama dua tahun untuk mengelola uang investor lain. Hingga akhirnya tepat pada bulan Januari 2018, Cohen sudah diperbolehkan untuk kembai mengelola uang investor.

Sebelumnya pada tahun 1992 lalu, Cohen baru saja memulai SAC.sebagai penasihat modal dengan $ 20 juta. Namun pada tahun 2009, perusahaan SAC yang didirikan Cohen, tercatat bernilai sekitar $ 14 miliar. Bahkan dari tahun 1992 hingga 2013, perusahaan SAC mengembaliakan rata-rata pertahun sebesar 30% untuk para investor. Cohen sendiri pada tahun 2014 mengubah operasi investasi dari SAC Capital menjadi Point72 Asset Management.

Steven A. Cohen dilahirakan dari dalam keluarga penganut agama Yahudi di Great Neck, New York, terlahir dari ayahnya adalah pembuat pakaian dan ibu yang berprofesi sebagai guru piano paruh waktu. Cohen sendiri mulai menyukai poker sejak masih duduk dibangku SMA, hingga menggunakan uang milikny sebagai bahan taruhan di beberapa turnamen. Setelah Cohen lulus dari Wharton School akhirnya ia bekerja di Wall Street sebagai pedagang yunior di Gruntal & Co., sekitar tahun 1978 silam.

Tak hanya dikenal sebagai seorang trader yang sukses, Cohen dikenal sebagai seorang yang dermawan atau filatropis. Cohen bersama dengan istrinya Alexandra mendirikan The Steven & Alexandra Cohen, yaitu sebuah lembaga yang menyediakan sumbang untuk proyek yang terlibat dalam bebrapa hal seperti kesehatan, pendidikan, seni dan budaya, dan masyarakat New York. 

Menurut media, Cohen juga dikenal sebagai sosok kolektor ternama, dimana ia sejak tajun 2000 telah mulai mengumpulkan berbagai karya seni. Bahkan pada tahun 2005, ia masuk daam daftar  "Kolektor Seni Miliarder Top Forbes" versi majalah Forbres. Tercatat di dalam museum pribadi miliknya di Greenwich, tersimpan koleksi karya seni dari seniman ternama seperti karya dari Pablo Picasso, dan Andy Warhol, Lucio Fontana, Jeff Koons, Edvard Munch Alberto Giacometti, Willem de Kooning dan lainnya.


Editor: Heru Setianto
Source: investopedia [dot] com/terms/s/steve-cohen

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Your feedback is most welcome :)