Biodata Rusdi Kirana Si Pemilik Lion Air Group Asli Orang Indonesia

Biodata Rusdi Kirana Si Pemilik Lion Air Group Asli Orang Indonesia

Rusdi Kirana adalah seorang pengusaha asal Indonesia sekaligus pendiri dari maskapai penerbangan Lion Air yang dikenal dengan slogan “We Make People Fly” dan berharga tiket murah. Lion Air Group merupakan sebuah induk perusahaan yang menaungi beberapa perusahaan seperti Lion Air, Malindo Air, Wings Air, Batik Air dan Thai Lion Air. Rusdi Kirana juga dikenal sebagai politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan saat ini tengah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Malaysia di pemerintahan Joko Widodo.


Biodata Rusdi Kirana Si Pemilik Lion Air Group Asli Orang Indonesia
Biografi Biodata Rusdi Kirana Si Pemilik Lion Air Group Asli Orang Indonesia/ Foto Ilustrasi: instagram.com/rusdi.kirana

Sementara dari akun Instagram resmi milik Rusdi Kirana, tampak dalam profil pribadi menyatakan bahwa ia adalah The founder & CEO of @lionairgroup @batikair @malindoair @lionairthai. Sosok Rusdi Kirana sendiri jarang dilipu dipemberitaan media, bahkan pada awal didirikan Lion Air taka da yang siapa Rusdi Kirana. Bahkan ia sempat menyatakan memang pofil dirinya tak setenar Tony Fernandez, pendiri Air Asia dan Richard Branson, pendiri Virgin Atlantic.

Baca Juga: Beredar Foto dan Video Korban Pesawat Lion Air JT 610
                   Profil Maye Musk Si Cover Model Ibu dari Pendiri Paypal Elon Musk

Namun berita negatif sempat menimpa maskapai yang dikenal dengan logo kepala singa tersebut. Dimana pesawat Lion Air JT610 bermesin Boeing 737 MAX 8 dengan registrasi PK-LQP  rute penerbangan dari Jakarta menuju Pangkal Pinang mengalami insiden jatuh pada hari Senin, 29 Oktober 2018 di Tanjung Karawang, Laut Jawa, Jawa Barat. Seperti yang diketahui peswat tersebut adalah milik dari China Minsheng Investment Group (CMIG) Leasing Holdings Ltd. yang disewakan kepada Lion Air Group.

Biodata Rusdi Kirana Si Pemilik Lion Air Group Asli Orang Indonesia
Nama Lengkap: Rusdi Kirana S.E.
Tempat Lahir: Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Tanggal Lahir: 17 Agustus 1963
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama: Islam
Pendidikan: Sarjana Ekonomi  di Universitas Pancasila
Profesi: Pengusaha, Politisi
Partai Politik: PKB (Partai Kebangkitan Bangsa)
Jabatan: Duta Besar Indonesia untuk Malaysia (Sejak 18 Mei 2017)
Akun Instagram: https://www.instagram.com/rusdi.kirana/
Akun Facebook: https://www.facebook.com/rusdikirana

Nama Anak: Dea Fleria Kirana, Dafin Putra Kirana dan Denis Febrian Kirana
Sebelumnya beredar kabar bahwa Lion Air dimiliki oleh pihak asing, namun setelah diklarifikasi oleh pihak terkait. Lion Air adalah sebuah perusahaan penanaman dalam negeri yang status kepemilikannya dimiliki oleh dua orang berkewarganegaraan Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan dokumen akta pendirian PT Lion Mentari Airlines yang diresmikan dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, menyatakan bahwa pemegang saham, pendiri serta direksi Lion Air adalah berkewarganegaraan Indonesia.

Seperti diketahui Lion Air mengawali terbang perdana pada 30 Juni 2000 yang lalu. Dimana sosok pendiri dari Lion Air adalah Rusdi Kirana, sementara yang memegang jabatan sebagai Direktur Utama Lion Air saat ini yaitu Edward Sirait. Sejak saat itu, Rusdi Kirana dikenal sebagai pengusaha yang memperkenalkan penerbangan bertarif murah kepada masyarakat Indonesia.

Sebelumnya Rusdi Kirana memulai bisnis penerbangan bermodalkan uang senilai US$10 juta pada bulan Oktober 1999 lalu. Dimana ia memiliki konsep untuk me-revolusi dunia penerbangan dengan “Low Cost Carrier”.  Terang saja dalam jangka beberapa tahun, Lion Air meraih gelar sebagi peringkat kedua jumlah penumpang terbanyak di tahun 2004. Bahkan hingga tahun 2018 ini, Lion Air menjadi salah satu maskapai penerbangan paling populer di Indonesia.

Meskipun media dalam negeri sering memberitakan hal negatif tentang dirinya, namun media luar negeri sering memandang postifi tentang Rusdi. Mulai dari pembelian 230 pesawat Boeing yang disaksikan langsung oleh Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, pada tahun 2011. Hingga pembelian 234 pesawat Airbus yang juga  disaksikan oleh Presiden Perancis, Francois Hollande pada tahun 2013 lalu.

Sebelumnya Rusdi Kirana sempat membuka rahasia sukses dirinya dalam mendirikan dan memipin Lion Air. Dalam beberapa sesi wawancara, Rusdi menyatakan ada tiga cara menjadi seorang leader. Pertama yaitu harus mempunyai sebuah visi, kemudian yang keduua yaitu “passion”, dan yang ketiga atau terakhir yaitu memiliki jiwa yang nekat, kemudian berpikir “out of the box” serta memiliki kreatifitas.


Editor: Heru Setianto
Source: facebook [dot] com/rusdikirana

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Your feedback is most welcome :)