Beredar Foto dan Video Korban Pesawat Lion Air JT 610 di Karawang Jawa Barat

Beredar Foto dan Video Korban Pesawat Lion Air JT 610 di Karawang Jawa Barat

Pesawat Lion Air JT 610 adalah salah satu pesawat milik maskapai penerbangan di Indonesia yang mengalami tragedi jatuh tepat pada Senin, tanggal 29 Oktober 2018. Pesawat terbang Lion Air JT 610 yang merupakan Boeing 737 Max 8 dengan nomor registrasi PK-LQP tengah menerima rute penerbangan dari Jakarta ke Pangkal Pinang jatuh, diperkirakan jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat.

Beredar Foto dan Video Korban Pesawat Lion Air JT 610 di Karawang Jawa Barat
Beredar Foto dan Video Korban Pesawat Lion Air JT 610 di Karawang Jawa Barat/ Foto Ilustrasi: Screen Shot di Instagram

Pesawat yang jatuh tersebut membawa sebanyak 189 orang penumpang, dimana terdiri atas 8 awak pesawat, 178 orang dewasa, 1 orang anak dan 2 bayi. Pasca terjadinya tragedi jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610, media sosial baik Facebook, Instagram, Twitter hingga WhatsApp dihebohkan beredarnya sebuah foto dan video terkait detik-detik sebelum pesawat jatuh. Video yang berdurasi sekitar 48 detik tersebut menampilkan kabin pesawat yang gelap, terdengar suara penumpang tengah berdoa kepada Tuhan. 

Namun setelah diklarifikasi oleh pihak Kemenkominfo ternyata foto tesebut berasal dari seorang penumpang dari penerbangan Sriwijaya Air yang tengah mengalami turbulance. Sementara video lainnya yang menampakan sedang mengalami turbulence dan mesin mati, merupakan pesawat dari Lion Air JT353 rute Padang-Jakarta. 

Baca Juga: Biodata DJ Marshmello Pelantun Alone Tanpa Topeng, Chris Comstock?

Pesawat Lion Air JT 610 sendiri merupakan pesawat buatan tahun 2018, dan baru mulai beroperasi pada 15 Agustus 2018. Tercatat Pesawat Lion Air JT 610 ini baru memiliki sekitar 800 jam terbang. Pesawat yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Banten tepat pada jam 06.20 WIB tersebut, dijadwalkan kedatangannya di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Bangka Belitung jam 07.20 WIB.

Menurut pihak dari Badan SAR Nasional (Basarnas) menyatakan kepada media bahwa mereka mengalami kesulit dalam pencarian lokasi badan pesawat. Pihak Basarnas menduga pesawat Lion Air JT 610 jatuh dalam kecepatan tinggi akibat dorongan kecepatan mesin. Sebelumnya tim SAR gabungan  telah menemukan dan mengumpulkan beberapa potongan tubuh korban, serpihan pesawat, barang penumpang di Perairan Karawang.

Berikut ini Kronologi detik-detik Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610 pada Senin, 29 Oktober 2018
1. Jam 06.20 WIB: Pesawat Lion Air JT 610 melakukan take off
2. Jam 06.22 WIB: Pilot meminta ijin kepada Jakarta Control untuk menaikan ketinggian 5.000 feet, dikarenakan adanya masalah flight control di ketinggian 1.700 feet. Pilot Jakarta Control memberikan izin.
3. Jam 06.33 WIB: Pesawat mengalami  lost of contact dari radar, setelah di ketinggian 2.500 feet.
4. Jam 06.50 WIB: Basarnas mendapat laporan air traffic control bahwa Pesawat Lion Air JT 610 lost contact.
5. Jam 07.20 WIB: KN 224 bertolak menuju koordinat Lokasi Kejadian Perkara .
6. Jam 13.02 WIB: Capt. KN 224 baru menemukan serpihan dan potongan tubuh di sekitar Lokasi Kejadian Perkara.
7. Jam 15.22 WIB: Kembali ditemukan satu potongan tangan, serpihan jok pesawat, potongan kepala, dan potongan tubuh lain.

Sebelumnya Conchita Caroline, presenter dan aaktris tanah air tururt berbagi lewat akun media social Instagram miliknya terkait cerita naik pesawat Lion Air yang jatuh di Karawang. Dimana pada hari yang sama dengan terjadinya insiden jatuhnya tersebut, Conchita mengaku bahwa baru saja menjadi penumpang pesawat Lion Air dari Denpasar. Namun bukan peswat Lion Air JT610 yang mengalami musibah. Pesawat ia tumpangi juga mengalami beberapa kali delay, hingga kondisi pesawat yang akan take off  gagal terbang akibat masalah teknis.


Editor: Heru Setianto
Source: Net

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Your feedback is most welcome :)