Iklan Jumbo

Biodata Andi Taru Si Pencipta Game Marbel Founder Educa Studio

Andi Taru adalah seorang programmer dan penulis asal Salatiga, sekaligus CEO dan Founder dari startup  Educa Studio. Andi Taru Nugroho Nur Wismono S.Kom.,M.Cs. merupakan nama lengkap dari founder website JavaClopedia.com. Salah satu game Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) dan CERI (Cerita Anak Interaktif) menjadi game gratis paling populer di Playstore.
Biodata Andi Taru Si Pencipta Game Marbel Founder Educa Studio
Biografi Andi Taru Si Pencipta Game Marbel Founder Educa Studio/ Foto Ilustrasi: anditaru.com
Andi Taru yang mengaku mempunyai hobi bermain gitar tersebut merupakan founder dari website GameMarbel.Com. Bahkan sejak tahun 2005 silam, ia sudah menjadi programmer yang maniak akan bahasa pemrograman Java. Hingga akhirnya ia mulai fokus dalam memimpin riset pengembangan game edukasi dan manajemen tim di Educa Studio, sebagai CEO di startup yang bermarkas di Salatiga.

Baca juga: Foto Tato Keren Artis Cantik Indonesia Termasuk Nia Ramadhani

Andi Taru sendiri merupakan seorang penulis sejak tahun 2005 silam, yang fokus pada pemrograman Java. Baik pemrograman game, desktop, mobile maupun enterprise. Bahkan beberapa buku hasil karyanya telah resmi diterbitkan penerbit, seperti buku berjudul “Cara Mudah Membuat Game di Android”, “Pemrograman Game dengan Java dan GTGE” dan “Pemrograman Game Berbasis Web JavaScript+HTML5”.

Profil  Andi Taru Si Pencipta Game Marbel Founder Educa Studio
Nama Lengkap: Andi Taru Nugroho Nur Wismono S.Kom.,M.Cs.
Nama Panggilan: Andi Taru
Tempat Lahir:Tuntang, Salatiga, Jawa Tengah
Tanggal Lahir: 1 April 1987
Kewarganegaraan: Indonesia
Agama: -
Tempat Tinggal: Perum Citra Montana B1 RT 08/07 Sidorejo Lor Salatiga 50714
Pendidikan: S 2 Sistem Informasi di Universitas Kristen Satya Wacana (2011)
Profesi: Penulis, Game Desaigner, Pengusaha
Akun Instagram: https://www.instagram.com/anditaru/
Akun Facebook: https://www.facebook.com/anditaru
Akun Twitter: https://twitter.com/anditaru
Akun Linkedin: https://id.linkedin.com/in/andi-taru-nugroho-nur-wismono-1297075b
Akun Google Plus: https://plus.google.com/u/0/100159035291557021952
Akun Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCwkYT_7FS8U3ubBRXpkj5SA/
Situs Website: http://anditaru.com/ dan https://anditaru.wordpress.com/about/
Akun ID Yahoo: javaclopedia
Kontak Email: andi.taru@gmail.com
Kontak Hanphone: 0856 414 313 77
Nama Istri: Idawati

Titik balik perubahan hidup Andi dimulai saat di bangku kuliah, dimana ia mengambil jurusan IT atas permintaan orang tuanya. Namun siapa sanggka pada awalnya IPK nya keci, berkat semangat belajarnya, Andi mampu meraih gelar sarjana dengan IPK lebih dari 3,5. Hingga ia melanjutkan pendidikan S2 di kampus yang sama.

Startup Educa Studio sendiri dibangun oleh Andi tanpa ada investor, tanpa modal (Rp0) dan tanpa pengalaman. Andi juga mengaku hanya berbekal satu komputer milik istri, satu laptop sendri serta koneksi internet. Sekitar tahun 2008, Andi rilis perdana game Marbel di situs www.educastudio,com. Tercatat dalam kurun waktu satu minggu, telah diunduh sebanyak 4500 kali.

Pada tahun 2011 Andi bersama istri mengambil keputusan berani menggadaikan rumah mereka ke bank. Uang senilai Rp 600 juta sebagai modal awal memengmbangkan bisnisnya, mulai membeli alat-alat produksi,  membangun lantai atas rumah menjadi kantor, serta merekrut empat teman programer aplikasi game android untuk membangun Educa Studio bersama. 

Sebenarnya ada beberapa investor yang berminta memberikan investasi, namun visi dan misi investor berbeda dari tujuan awal pendirian Educa Studio. Bisanya para investor hanya ingin memperbanyak produksi game setiap tahun, mulai dari meningkatkan jumlah tim. Sementara menurut Andi, Educa Studio sehausnya menyediakan produk yang bermanfaat dan mampu menyediakan lingkungan kerja yang berkualitas bagi tim.

Pada akhirnya pada tahun 2012 lalu, Andi bersama timnya sukses memproduksi sekitar 200 aplikasi game Android yang tersedia diunduh di Play Store.  Dimana ide awalnya adalah membuat game edukasi selain bermanfaat untuk masyarakat juga mamapu memberikan materi buat timnya. Tepat pada tanggal 21 Oktober 2012, hasil jerih payah Andi dan timnya terbaya saat masuk transfer pertama sebanyak USD100 di rekening bank mereka.

Namun akun Ad Mob mereka sempat diblokir oleh pihak Google, dengan alasan kecurngan. Seteah berusaha keras mengontak pihak Google, akhirnya mereka mampu mayakinkan secara detail tentang aplikasi game buatannya. Dan beberapa saat kemudian,  akun Ad Mob mereka kembali aktif.

Andi sendri lebih fokus mengelola pengembangan usaha dan pemasaran game Educa Studio, sedangkan istrinya fokus dengan urusan produksi. Menurut Andi dalam membuat satu aplikasi Marbel, memputuhkan butuh emapt personel, mulai dari desainer, pekerja artwork, pemrogram dan terkahir musisi.

Bahkan pada tahun 2013 lalu, studio yang dibangun Andi dan tim meraih juara pada kategori game edukasi dalam ajang kompetisi INAICTA dan Rock Star Dev 2013. Tak hanya itu, pada satu tahun kemudian pada 2014, akhirnya pihak studio mampu melunasi hutang ke pihak bank. Dan gendung berlantai dua sebagi kantor Educa Studio selesai dibangun, berkat hasil menabung bersama dari tim.

Kesuksesan Andi sering diliput dan menghiasai banyak media. baik media cetak, elektroik dan online. Terkahir ia sempat di undang menjadi narasumber inspirasi diacara Kick Andy di Metro TV pada bulan September 2018. Sebelumnya Andi sering diundang untuk mengikuti event yang digelar oleh perusaha teknologi ternama, mulai dari Google, Intel, Nokia dan masih banyak lagi. 

Satu pesan Andi Tura untuk para pelaku startup baru, ia berpesan agar membangun bisnis harus berangkat dari passion mereka. Setelah mengikuti passion, baru fokus dan terus berada di dalamnya.  Dan yang terkahir Andi mengingatkan, agara bisnis tersebut memang bermanfaat bagi orang lain.


Editor: Heru Setianto
Source: anditaru.com

0 Response to "Biodata Andi Taru Si Pencipta Game Marbel Founder Educa Studio"

Post a Comment

Your feedback is most welcome :)

Iklan Atas Artikel/ Tutan Bawah Judul

Iklan Tengah Artikel 1 (In Artikel)

Iklan Tengah Artikel 2 (Tautan 1)

Iklan Bawah Artikel (Match)