-->

Biodata Defia Rosmaniar Si Atlet Taekwondo Peraih Emas di Asian Games 2018

Defia Rosmaniar adalah seorang atlet wanita Taekwondo Indonesia yang berasal dari Kabupaten Bogor. Nama Defia Rosmaniar mulai dikenal publik saat ia sukses meraih medali emas di cabang Taekwondo nomor tunggal putri poomsae pada  event Asian Games 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta. 
Biodata Defia Rosmaniar Si Atlet Taekwondo Peraih Emas di Asian Games 2018
Biografi Defia Rosmaniar Si Atlet Taekwondo Peraih Emas di Asian Games 2018/ Foto Ilustrasi: instagram.com/defiarosmaniar/

Defia sendiri harus berhadapan dengan atlet perwakilan dari Iran, yakni Marjan Salahshouri. Dimana hingga laga berakhir Defia mampu mengoeksi 8.690 poin, sedangkan Salahshouri hanya mampu meraih nilai 8.470 poin. Bahkan saat pertandingan tengah berlangsung, sang Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyaksikan secara langsung.

Baca Juga: Profil Cak Percil Alias Deni Afriandi Pelawak Asal Banyuwangi di Ndoro Bei JTV

Sebelumnya  Defia harus puas meraih meraih medali perunggu di nomor tunggal putri poomsae, saat berlaga pada event SEA Games 2017 di Malaysia. Sementara di tahun ini tepatnya pada Kejuaraan Asia Taekwondo 2018 di Ho Chi Minh,Vietnam,  wanita cantik berhijab tersebut mampu membawa pulang medali emas di nomor individu poomsae putri. 

Biodata Defia Rosmaniar Si Atlet Taekwondo Peraih Emas di Asian Games 2018

Nama Lengkap: Defia Rosmaniar
Tempat Lahir: Bogor, Jawa Barat
Tanggal Lahir: 25 Mei 1995
Tempat Tinggal:  Sadeng Kolot, Leuwisadeng, Bogor, Jawa Barat.
Kebangsaan: Indonesia
Agama : Islam
Tinggi Badan: 163 cm
Pendidikan: Jurusan Pendidikan Olahraga di Universitas Negeri Jakarta 
Profesi: Atlet Taekwondo
Akun Instagram: https://www.instagram.com/defiarosmaniar/
Kontak Email: defniar25@gmail.com
Nama Pelatih: Sabeumnim Syamsudin dan Sabeumnim Soleh Basuni

Menurut laman resmi dari Asian Games 2018, Defia mengaku mulai terjun ke dunia Taekwondo sejak masih duduk di bangku sekolah di Bogor sekitar tahun 2007. Saat ini Defia tengah menempuh pendidikan di slah satu kampus ternama, yaitu Universitas Negeri Jakarta denga mengambil jurusan pendidikan Olahraga.

Seperti diketahui Defia merupakan atlet peraih medai emas pertama untuk kontingen Indonesia di Asian Games tahun 2018 ini. Bahkan Defia merupakan peraih emas pertama pada cabang olahraga Taekwondo Indonesia sepanjang sejarah dihelatnya pergelaran Asian Games.

Sebelum Asian Games 2018 digelar, Defia bersama denga tim Taekwondo Indonesia telah berlatihan di Korea Selatan. TC di Korea adalah periode terberat, menurut Defia. Namun hasil dari kerja keras selama ini mampu membuahkan hasil yang sangat memuaskan.

Sementara saat diwawancari oleh media, Defia mengaku bangga dan sang bersyukur kepada Allah SWT.  Kemudian Medali emas yang sukses diraihnya, adalah hadiah untuk orang-orang tercinta. Mulai dari kedua orang tuanya, keluraga, para pelatih serta teman teman Defia Rormaniar.

Saat ditanya apa kunci kemenangan hingga meraih juara pertama, Defia menyatakan bahwa ia tak merasa gentar walaupun harus menghadapi lawan yang cukup tangguh, terutama dengan Yun Ji-hye atlet perwakilan  dari Korea di semifinal Asian Games 2018. Dan setelah sukses menglahkan wakil dari negeri gingsen tersebut, rasa percaya diri Defia meningkat untuk  mengalahkan atlet lain.

Defia sendiri berharap setelah ia meraih medali emas di Asian Games 2018,  Taekwondo Indonesia dapat lebih maju dan berprestasi di dunia internasional. Serta satu momen yang membuatnya bangga yakni kehadiran Presiden Jokowi menyaksikan pertandinga dirinya secara langsung.


Editor: Heru Setianto
Source: pbti.info