Biodata Atlet Lari Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia, Dan Fakta Sepatu 400 Ribu

Biodata Atlet Lari Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia, Dan Fakta Sepatu 400 Ribu

Lalu Muhammad Zohri adalah seorang atlet pelari berprestasi asal Indonesia, namanya mulai dikenal publik saat  Muhammad Zohri sukses meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior U-20 2018 di Tampere, Finlandia. Bahkan nama Muhammad Zohri mencatatkan waktu tercepat dengan 10,18 detik, setelah mengalahkan pelari langganan jura Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat. 
Biodata Atlet Lari Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia Atletik, Dan Sepatu 400 Ribu
Biodata Atlet Lari Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia Atletik, Dan Fakta Sepatu 400 Ribu/ Foto Ilustrasi: instagram.com/lingkargaruda/

Menurut Asosiasi International Federasi Atletik (IAAF) raihan juara dengan menjadi tercepat posisi nomor 1 yang tercipta oleh Muhammad Zohri di Kejuaraan tesebut, adalah pencapaian terbaik Indonesia sampai saat ini di ajang paing bergengsi di dunia. Lalu Muhammad Zohri yang putra berbakat asal dari NTB, diproyeksikan akan tampil pada nomor estafet 4x100 meter putra gelaran oahraga di  Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang.

Baca Juga: Nadia Zerlinda Rilis Single Lagu Sak Karepmu Bergenre Dangdut

Biodata Atlet Lari Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia Atletik U-20

Nama Lengkap: Lalu Muhammad Zohri
Nama Panggilan: Zohri
Kebangsaan: Indonesia
Tanggal Lahir: 1 Juli 2000
Tempat Lahir: Lombok, Nusa Tenggara Barat
Tempat Tinggal: Dusun Karang Pansor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, NTB
Agama: -
Profesi: Atletik Lari (Sprinter)
Prestasi: Emas Kejuaraan Asia Atletik Junior 2018 Lari 100 m
Akun Instagram: -
Nama Ayah: Lalu Ahmad Yani
Nama Ibu: Saeriah.

Berkat prestasinya tersebut Muhammad Zohri sempat viral di berbagai media sosail seperti Instagram, Facebook, hingga situs berbagi Youtube. Maka tak heran jika banyak netizen yang memberikan dukungan dan pujian kepadanya yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia. Tak hanya itu, kediamannya di NTB dibanjiri oleh tamu dari berbagai instasi pemerintah maupun swasta.

Salah satu apresiasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Muhammad Zohri akan mendapat hadian bonus kepadanya sebesar Rp250 juta serta beasiswa pendidikan. Selain itu pihak pemerintah memberikan tawaran untuk menjadi pegawai negeri di Kementerian Dalam Negeri melalui jalur Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Sementara Korem 162/Wira Bhakti telah memberikan tawaran kepada Muhammad Zohri menjadi salah satu personel TNI AD melalui jalur khusus. Sama halnya dengan Polda NTB menyiapkan kepada Muhammad Zohri, menawarkan untuk menjadi anggota Polri dengan jalur khusus. 

Terlepas dari banyaknya tawaran atas prestasi Muhammad Zohri, ternyata ia adalah seorang pemuda yang Yatim Piatu. Dimana Ibunya telah meninggal sejak tahun 2015 silam, sementara ayahnya meninggal pada 2017 lalu.

Zohri yang merupakan putra bungsu dari empat bersaudara berasal dari keluarga yang kurang mampu. Menurut media, Muhammad Zohri tinggal di sebuah rumah yang sangat sederhana, dengan dinding terbuat dari anyaman bambu dan kayu.

Pada tahun 2017 silam,  sebelum Muhammad Zohri berangkat ke kejuaraan dunia di Finlandia. Ia sempat meminta kepada kakak Muhammad Zohri, Fazilla untuk dibelikan sebuah sepatu yang seharga 400 ribu. Sementara untuk uang saku ke Kejuaran Dunia tersebut,  kakak Muhammad Zohri pun hanya memberikan uang saku seadanya. 

Sementara Eni Nuraeni, selaku pelatih Pelatnas atletik di nomor jarak pendek, memiliki peran cukup besar atas raihan mendai emas yang ditorehkan oleh Muhammad Zohri. Dimana Perempuan berhijab itu setia mendampingi Muhammad Zohri dalam melatih anak asuhnya itu.

Muhammad Zohri sendiri  baru sekitar Januari bergabung dalam pelatnas, dan selama dipeatihan tak menemui kesulitan meatihnya. Bahkan otot yang dimiliki Muhammad Zohri adalah kriteria yang sudah terpenuhi dan sesuai menjadi  seorang atlet lari jarak pendek. 


Editor: Heru Setianto
Source: Net

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Your feedback is most welcome :)