Biodata Aruga Perbawa Pendiri Komunitas Komik Instagram Komikin Ajah

Views:
Aruga Perbawa adalah seorang kreator komik asal Indonesia, sekaligus pendiri komunitas komik Indonesia di Instagram yaitu @komikin_ajah. Aruga Perbawa bersama dengan komunitas Komikin Ajah telah merilis sebuah buku komik yang berjudul “Komikin Ajah Kompilasi: Asal-Asalan“.

Biodata Aruga Perbawa Pendiri Komunitas Komik Instagram Komikin Ajah
Biodata Aruga Perbawa Pendiri Komunitas Komik Instagram Komikin Ajah/ Foto: https://instagram.com/arugarts
Komikin Ajah merupakan sebuah tempat nongkrong kartun dan komikstrip Indonesia, hingga saat ini telah diikuti oleh 2 juta lebih follower pengguna Instagram. Komunitas yang telah berdiri sejak tahun 2014 tersebut, tak hanya mewadahi kreator yang telah mahir menggambar komik saja. Tapi juga mewadahi sebuah gerakan yang aktif di media sosial, dalam rangka mempopulerkan komik buatan kreator lokal di Indonesia.

Biodata Mas Aruga Perbawa Presiden dan Pendiri Komunitas Komik Instagram @komikin_ajah:

Nama Populer: Mas Aruga Perbawa
Nama Lengkap: Aruga Perbawa
Tanggal Lahir: 21 Februari 1990
Tempat Tinggal: Jatibening, Bekasi
Profesi: Comic Artist di Balada Bang Boris, Comic Artist, Illustrator di Kampoong Monster dan Public relation di JAKK. Inc
Akun Instagram: https://www.instagram.com/arugarts/
Akun Facebook: https://www.facebook.com/aruga.rizqi
Akun Twitter: https://twitter.com/ArugaPR
Akun Deviant Art: http://arugart.deviantart.com/
Akun Youtube: https://www.youtube.com/user/moviestrip#p/f
Blog Pribadi: http://rehatsekejap.wordpress.com/
Kreator Komik: https://www.facebook.com/BaladaBangBoris/
Akun Email: Aruga.p@gmail.com

Berikut Akun Sosial Media Resmi Komunitas Komikin Ajah:

Akun Instagram Komikin Ajah: https://www.instagram.com/komikin_ajah/
Akun Twitter: https://twitter.com/komikin_ajah
Akun Facebook: -
Akun Email Komikin Ajah: komikinajahmail@gmail.com

Aruga Perbawa sendiri menyatakan bahwa komunitas komik tersebut pada awalnya dibuat, agar dapat menemukan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Diluar dugaan ternyata komunitas yang dibuatnya, langsung mendapat respon positif dari generasi muda yang memiliki hobi menggambar komik.

Hingga kini jumlah kreator yang sudah bergabung sekitar seratusan dan berasal dari berbagai kota di Indonesia. Kegiatan Komikin Ajah selain kumpul kopi darat, juga menggelar kegiatan gambar bersama.

Saat ini para anggota komunitas mulai ikut menggunakan media sosial sebagai media tempat mempublikasikan karyanya. Tempat media tersebut seperti platform komik digital Line Webtoon, Ciayo dan media online lain. Sehingga para kreator tak perlu menunggu penerbit mencetak karya komik , namun dapat menerbitkan secara indie.

Kehadiran komik dalam bentuk digital memang mempermudah pembaca dan kreator komik untuk saling bertemu. Namun hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagi setiap kreator, dimana para komikus dituntut agar lebih kreatif lagi.

Misalnya para kreator komik tak hanya wajib bisa menggambar dan menciptakan cerita. Tetapi mereka dituntut harus mampu selera kesukaan dan kebutuhan pembaca yang tengah viral di media sosial. Selain sebagai penyalur hobi, nyatanya para kreator komik juga mendapat imbalan alias penghasilan yang tak sedikit dari hobi tersebut.


Editor: Heru Setianto
Source: daily [dot] oktagon.co.id

0 Response to "Biodata Aruga Perbawa Pendiri Komunitas Komik Instagram Komikin Ajah"

Post a Comment

Your feedback is most welcome :)